hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Kisah Sang Legenda BMW E30, Catatan Si Boy dan Andre Taulany Andre Taulany saat berpose bersama BMW yang digunakan dalam film Catatan Si Boy. (Ist for KabarOto)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

BMW E30 begitu meledak di zamannya. Bagi pecinta otomotif generasi 90an, pasti tahu bahwa mobil keluaran Jerman ini merupakan mobil keren yang dipakai dalam film Catatan Si Boy pada 1987 silam. Munculnya mobil tersebut dalam film yang diperankan Onky Alexander seolah semakin mengukuhjan bahwa BMW E30 adalah mobil kompak dengan kemampuan sport yang mumpuni. Keren abis!

E30 diciptakan dengan konsep the ultimate driving machine, yang berarti mesin yang hebat untuk dikendarai. Itulah kenapa mobil yang didesain oleh Claus Luthe pada tahun 1978 ini, sangat menyenangkan untuk dikendarai.

Sebenarnya tak hanya di film Catatan Si Boy, E30 juga nongol di beberapa film. Di antaranya Acid Factory (2009), Death Hunter (2010), dan Cradle of Fear (2001). Karena kemampuan dan penampilannya yang kece, hingga saat ini E30 masih memiliki penggemar. Bahkan, sampai sekarang, mobil tersebut masih sering dijumpai di jalanan.

BMW

Salah satu artis yang sangat cinta di BMW E30 adalah host sekaligus komedian Andre Taulany. Bahkan Andre pernah mempunyai mobil yang dipakai film Catatan Si Boy. “Saat itu euforianya hampir bersamaan dengan E30 M10 pertama kali masuk ke Indonesia,” ujar Andre Taulany kepada Kabaroto.com beberapa waktu lalu.

Mengutip dari lirik soundtrack yang dinyanyikan Ikang Fawzi, Boy di film tersebut merupakan sosok anak orang kaya, punya teman segudang karena pergaulannya, baik budi dan tidak sombong, jagoan lagi pula pintar, serta sholeh. E30 tersebut dipakai Boy sehari-hari. Bahkan salah aksi heroik yang pasti diingat para pecinta Catatan Si Boy adalah saat sedan tersebut ‘ngepot’ di salah satu ruas jalan di bilangan Jakarta Selatan, sebelum akhirnya si Boy berkelahi.

Setelah digunakan di film Catatan Si Boy, E30 tersebut beberapa kali berganti pemilik, hingga akhirnya ‘lenyap’. Andre lantas mencari tahu keberadaan mobil tersebut. “Akhirnya dapat di sebuah bengkel di kawasan BSD, dengan kondisi memprihatinkan,” kata dia.

Pria ramah tersebut menambahkan, proses resotrasinya memakan waktu hampir setahun, dan dibuat dengan detail. Sampai-sampai ia harus membeli sebuah E30 lagi yang lebih komplet, untuk dijadikan sebagai donor spare parts.

Yang menarik, E30 di film itu ini datang ke Indonesia dengan body kit asli M Tech 1, pelek Compomotive ring 15, dan aslinya menggunakan mesin Hartge 325i. “Namun mesinnya sudah saya ganti dengan 323 M20,” jelas Andre.

BMW
Mesin 323 M20

Ada cerita seru tentang pelek Compomotive ring 15 tersebut. Kata host yang biasanya berpasangan dengan Sule itu, pelek tersebut susah banget dicari. "Kalau yang ring 14 banyak,”.

Sampai suatu saat ketika melintas di daerah permata hijau, Andre melihat ada pelek ini di tukang tambal ban pinggir jalan. “Langsung gw puter balik, sambil berdoa mudah-mudahan itu ring 15.” Benar saja, itu pelek yang diincarnya selama ini. “Gue girang banget, sudah kayak ketemu jodoh,” kenangnya saat itu.

Pelat Nomor Incaran

Selain penampilan bodi, bagian iconik yang paling melekat di benak pecinta film Catatan Si Boy adalah pelat nomornya, B 318 P. “Dapatin pelat nomor ini juga seru,” jelas Andre.

bmw

Karena saat ditemukan, pelat nomornya sudah berubah, namun dari jejak di BPKB, nomor tersebut memang pernah melekat di E30 itu

“Pas dicari, ternyata pelat nomor mobilnya sudah dipakai di Kijang Grand Extra." Setelah melalui proses yang cukup unik dengan cara barter, akhirnya Andre berhasil mendapatkan kembali pelat nomor tersebut.

Saat mobil sudah selesai direstorasi, Andre lantas kembali menonton film Catatan Si Boy 1, untuk mereview bagian mana yang belum komplet. Tape Blaupunkt dengan stick cobra, sampai tasbih semua dipasang mirip aslinya.

Namun ada satu yang masih belum ketemu, yakni telepon mobil merek Mobitel. Di dalam film tersebut ada adegan saat Boy menghubungi Nuke (Ayu Azhari) dengan menggunakan telpon mobil berwarna oranye.

catatan si boy

Sayangnya, mobil tersebut kini sudah tidak di tangan Andre Taulany lagi, karena sudah berpindah tangan ke seseorang yang juga penggemar dari film Catatan Si Boy. (*/kabaroto)

bmw E30


hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3
Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5