Kisah Pria Non Muslim Tinggal 8 Bulan di Masjid

Ana AmaliaAna Amalia - Senin, 05 Oktober 2015
Kisah Pria Non Muslim Tinggal 8 Bulan di Masjid
The Independent

MerahPutih Film - Islamophobia memang masih terus terjadi khususnya di negara-negara Islam minoritas seperti di Eropa dan Amerika. Meski begitu, tak sedikit dari warga non Muslim yang tinggal di negara Islam minoritas mencoba untuk menghilangkan stigma tersebut.

Sutradara asal Inggris, Robb Leech salah satunya. Untuk membuat sebuah film yang mengangkat tentang kehidupan masyarakat Muslim di Inggris, Robb menghabiskan waktu hingga 8 bulan tinggal di Masjid terbesar di Inggris, Masjid London Timur, Whitechapel.

Seperti yang dilansir independent.co.uk, Robb sengaja membuat film dokumenter ini untuk menggambarkan kehidupan Muslim pada umumnya di luar dari gambaran Islam adalah teroris dan kekerasan yang banyak digambarkan di negara-negara Barat.

Delapan bulan lamanya Robb menghabiskan waktu untuk berbaur bersama kaum Muslimin di Masjid tersebut, ia menyaksikan bagaimana kaum Muslim berwudu, salat, dan bermusyawarah di dalam Masjid.

"Saya terkejut saat mengetahui ada lebih dari 7.000 orang yang melaksanakan salat Jumat setiap pekan, terdapat lebih dari dua juta orang yang menggunakan Masjid ini setiap tahunnya," ungkap Robb.

Sebelumnya Robb pernah membuat film dokumenter tentang sang kaka yang memilih untuk masuk Islam, film itu berjudul 'My Brother the Islamist'.

Saat itu Robb sangat terkejut dengan keputusan kakanya Richard yang saat ini berganti nama menjadi Salahuddin untuk memeluk Islam dan terlibat dalam kelompok radikal. Bahkan sang kakak mengikuti pelatihan teroris di Pakistan dan saat ini mendekap di penjara karena terlibat kelompok militan.

"Karena saat ini, kata ekstremis telah menempel pada nama mereka sebagai Muslim dan orang-orang mengecap mereka sebagai kaum radikal," jelas Robb.

Film kali ini Robb mencoba untuk bersikap netral, ia hanya akan menceritakan tentang kehidupan orang Muislim di Masjid tersebut. Film terbarunya ini berjudul 'Welcome to the Mosque'.

BACA JUGA:

  1. 2 Film Bertema Islam Gagal, Raam Punjabi Ketar-ketir
  2. Tokoh Islam Kompak Tolak Visualisasi Nabi Muhammad
  3. Hillary Clinton: Orang Islam Bisa Jadi Presiden AS
#Film Dokumenter #Islamophobia
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan