Kisah Pasangan Atlet Indonesia Kawinkan Medali Emas di Hajatan Olahraga Bergengsi Alan Budikusuma dan Susy Susanti jadi pasangan atlet paling fenomenal. (FOTO: Instagram @susysusantiofficial))

PENGGEMAR Drama Korea tentu tidak asing dengan serial berjudul Going to You at Speed 493km nan mengisahkan perjalanan cinta dua atlet bulu tangkis ganda campuran Korea, Park Tae-joon dan Park Tae-yang.

Kisah romantis keduanya membuat penonton mengira jalinan asmara kedua atlet tersebut hanya ada di layar kaca. Namun, nyatanya, di Indonesia kisah kasih atlet bukan hal baru. Jika direlusuri maka akan ditemukan sejumlah pasangan atlet dengan nama besar bahkan berhasil mencetak prestasi membanggakan.

Pertemuan dan latihan intensif di Pelatnas membuat benih-benih cinta muncul di antara mereka. Hubungan asmara sesama atlet tersebut justru tak malah membuat prestasinya merosot. Sebaliknya, mereka bahkan saling memberi dukungan satu sama lain.

Bahkan, beberapa nama atlet nan menjalin kasih tersebut berhasil 'mengawinkan' medali emas di pertandingan tingkat dunia, seperti Sea Games, Asian Games, dan Olimpiade. Beberapa bahkan tak hanya pacaran, tetapi sampai mengikat cinta sehidup-semati. Siapa sajakah pasangan atlet romantis sama-sama mempersembahkan medali untuk Indonesia?

Baca Juga:

SEA Games 2021: Mengintip Hotel Tempat Timnas U-23 Menginap

1. Susy Susanti dan Alan Budikusuma

susi
Alan Budikusuma dan Susy Susanti jadi teladan banyak pasangan muda. (FOTO: Instagram @susysusantiofficial)

Pasangan atlet paling fenomenal Indonesia di cabang Bulutangkis, tak lain Susy Susanti dan Alan Budikusuma. Mereka bahkan dijuluki Pengantin Emas Olimpiade.

Julukan tersebut mereka dapatkan ketika berhasil mempersembahkan medali emas di Olimpiade tahun 1992. Perjalanan dilalui mereka sebelum meraih medali emas amat berliku.

Sebelum pertandingan Alan sempat didera stres berat karena kritik tajam dari media massa Indonesia karena kala itu performanya menurun. Namun, saat Olimpiade, emosinya lebih stabil sehingga kritikan tersebut mampu dijawab dengan performa gemilang.

Sementara, Susy juga menyandang beban tak kalah berat. Ia jadi ujung tombak bangsa Indonesia untuk olahraga bulu tangkis dan digadang-gadang meraih emas.

Nama Susy Susanti sempat ramai diperbincangkan warganet saat peluncuran film Susi Susanti Love All. Warganet banyak bertanya sejatinya mana nama asli pebulutangkis tersebut, menggunakan huruf i atau y.

Produser Eksekutif film Susi Susanti Love All Daniel Mananta sengaja menggunakan nama Susi dengan huruf i di judul film karena sesuai dengan nama nan tercatat di Olimpiade. Namun, nama aslinya tetap Lucia Francisca Susy Susanti.

Selama persiapan menuju Barcelona, ia merasa terbebani namun beruntung keduanya bisa mengalahkan rasa takut. Mereka sama-sama berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia. Lima tahun setelah hajatan akbar Olimpiade Barcelona 1992, keduanya resmi menikah.

Baca Juga:

SEA Games 2021 Tak Hanya Hadirkan Pesta Olahraga

2. Lindswell Kwok dan Ahmad Hulaefi

PASANGAN
Lindswell Kwok dan Ahmad Hulaefi sumbang medali di Asian Games 2018 (FOTO: INASGOC)

Selanjutnya, ada pasangan dari olahraga wushu, Lindswell Kwok dan Ahmad Hulaefi. Nama Lindswell Kwok mulai mencuri perhatian publik setelah meraih medali emas di ajang Asian Games 2018.

Hebohnya lagi, pada saat itu terungkap Lindswell Kwok berpacaran dengan sesama atlet wushu, Ahmad Hulaefi selama satu tahun.

Hal tersebut diketahui publik ketika keduanya memenuhi undangan Menteri Olahraga kala itu, Imam Nahrowi. Sama seperti pacarnya, Ahmad Hulaefi juga turut menyumbangkan medali perunggu nomor Daoshu dan Gunshu di Asian Games 2018.

Sama seperti Susy dan Alan, hubungan keduanya juga banyak menghadapi rintangan. Pertama status mereka sebagai atlet membuat hubungan keduanya sulit saat di Pelatnas.

Selain itu, sebelum menikah keduanya juga dihadapkan pada perbedaan agama. Namun, keduanya berhasil melewati rintangan dan akhirnya menikah.

3. Dewi Laila dan Fathur Gustafian

Fathur Gustafian
Fathur Gustafian dan Dewi Laila kawinkan medali emas (FOTO: Instagram/@dewilaila_m)

Sejarah Alan dan Susy kembali 'diulang' pasangan atlet muda cabang olahraga Senapan Angin di Sea Games Vietnam 2021.

Fathur Gustafian dan Dewi Laila berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia. Fathur berhasil meraih medali emas pada nomor 10 meter air rifle (senapan angin) putra di Sea Games Vietnam.

Sementara sang kekasih, Dewi juga meraih medali emas untuk nomor serupa. Sebagai wujud selebrasi dan kebahagiannya, Fathur mencium kekasihnya setelah menerima medalinya. Couple goals banget!

Berikut tiga the real couple goals Indonesia nan begitu menginspirasi. Mereka bisa membuktikan cinta bisa menaklukkan rintangan dan memacu semangat untuk berprestasi. Siapakah pasangan atlet favoritmu? (Avia)

Baca Juga:

SEA Games 2021: Fin Swimming Panen Medali, Janis Rosalita Raih Emas

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Siap Digelar, Ini Lokasi Street Race di Bekasi
Hiburan & Gaya Hidup
Siap Digelar, Ini Lokasi Street Race di Bekasi

Street Bace akan digelar untuk ketiga kalinya. Kali ini, Street Race bakal digelar di Bekasi, tepatnya di Bantargebang.

Apple Kembali Hadirkan Varian Warna Ungu untuk iPhone 14
Fun
Apple Kembali Hadirkan Varian Warna Ungu untuk iPhone 14

Bocoran info tentang spesifikasi dan warna untuk iPhone 14.

Libur Lebaran Jadi Kesempatan Film Indonesia untuk Terus Bangkit
ShowBiz
Libur Lebaran Jadi Kesempatan Film Indonesia untuk Terus Bangkit

Libur lebaran berpotensi memberi dampak positif bagi film Indonesia.

Pemerintah Siapkan Strategi Cegah Diabetes pada Anak
Fun
Pemerintah Siapkan Strategi Cegah Diabetes pada Anak

Akan dilakukan lintas sektor kementerian.

DVBBS, Galantis, dan Cody Simpson Berkolaborasi di 'When The Lights Go Down'
ShowBiz
DVBBS, Galantis, dan Cody Simpson Berkolaborasi di 'When The Lights Go Down'

When The Lights Go Down mewujudkan rencana lama ketiga artis.

Apa Guna Teknologi Semen Watershield Bagi Struktur Bangunan?
Hiburan & Gaya Hidup
Apa Guna Teknologi Semen Watershield Bagi Struktur Bangunan?

Teknologi watershield memiliki multi fungsi super premium.

Prilly Latuconsina dan Jourdy Pranata Sajikan Kisah Cinta Unik di 'Happy Go Jenny'
ShowBiz
Kurangi Gula Bila Sering Migrain
Fun
Kurangi Gula Bila Sering Migrain

Banyak orang merasa migrain setelah mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat.

Padukan Horor dan Fantasi, Trailer Film 'Jagat Arwah' Resmi Dirilis
ShowBiz
Padukan Horor dan Fantasi, Trailer Film 'Jagat Arwah' Resmi Dirilis

Jagat Arwah adalah sebuah film besutan rumah produksi Visinema Pictures dan disutradai oleh Ruben Adrian.