Kisah Paling Kelam Dalam Industri Kpop Industri hiburan Korea menyimpan banyak duka (Foto: Pexels/Mark Angelo)

ADA sejumlah tragedi dan skandal yang mengguncang industri K-Pop selama bertahun-tahun. Beberapa di antaranya begitu kelam dan memilukan hingga berdampak besar pada industri.

Berikut adalah beberapa momen paling menyedihkan dalam sejarah K-Pop yang mungkin tidak diketahui oleh beberapa Kpopers:

Baca juga:

Deretan Artis K-Pop yang Menjadi Orangtua di 2020

1. Cedera Kim Jong Kook

Dibalik cedera Kim Jong-kook (Sumber: Koreaboo)

Kebanyakan orang tahu Kim Jong Kook menderita skoliosis sejak masih muda. Dirinya berjuang sangat keras untuk menghilangkan sebagian dari rasa sakit itu dengan olahraga mati-matian. Tetapi beberapa orang meyakini ada alasan lain mengapa ia olahraga gila-gilaan hingga memiliki tubuh super kekar.

Ketika ia bergabung dalam sebuah grup bernama Turbo, grup tersebut menderita pelecehan mental dan fisik di tangan mantan CEO perusahaannya. Alasan sebenarnya Jong-kook banyak berolahraga agar ia bisa membela diri.

Penggemar mengumpulkan bukti kunjungan ke rumah sakit dan beberapa wawancara memilukan. Apalagi saat bergabung dengan Turbo ia masih sangat belia yakni baru berusia 19 tahun.

Meskipun dia tidak pernah secara langsung mengungkapkannya dan tidak ada dakwaan yang diajukan terhadap mantan CEO tersebut, bukti dari penggemar ini benar-benar menjadi poin yang menarik.

2. Persekusi yang dialami Tablo karena lulus dari Stanford University

Tablo di persekusi karena lulus dari Stamford (Sumber: Pribadi)


Sepanjang 2010, banyak ditemukan tokoh terkemuka dengan gelar universitas dan ijazah palsu. Tiba-tiba semua mata tertuju pada Tablo. Hal tersebut tidak lain karena Tablo mengatakan dia telah lulus dari salah satu universitas paling bergengsi di dunia, Stanford.

Banyak orang tidak percaya akan kebenaran itu dan mulai menuntut dia mengatakan yang sebenarnya. Mereka membentuk sebuah forum bernama Tajinyo yang merupakan kependekan dari "kami menuntut kebenaran dari Tablo" dan mulai mengganggunya.

Persekusi parah yang diterimanya pada saat itu membuat hidupnya luluh lantak. Kariernya berantakan dan dia harus berpisah dengan label rekamannya. Lalu ibu dan saudara laki-lakinya kehilangan pekerjaan, seluruh keluarganya bahkan menerima ancaman pembunuhan oleh para pelaku itu.

Melihat persekusi yang dialami alumninya, Stanford pun segera mengambil tindakan. Kampus tersebut memberi tahu dunia bahwa dia pada kenyataannya adalah seorang alumni.

Hal tersebut akhirnya membuat orang percaya padanya, meskipun masih ada beberapa orang yang menolak untuk percaya. Syukurlah Tablo dapat membangun kembali kariernya dan kita semua diberkati dengan musik Epik High yang indah.

3. Meninggalnya Kakek-nenek Leeteuk Super Junior

Leeteuk berduka atas meninggalnya kakek dan nenek (Sumber: OSEN)

Masa wajib militer Leeteuk di tahun 2014 mungkin menjadi masa terkelam dalam hidupnya. Bagaimana tidak? Di saat ia sedang menjalani pelatihan di kamp militer ia menerima kabar bahwa ayah, kakek dan neneknya telah meninggal dunia.

Yang membuatnya lebih buruk adalah laporan media dan polisi segera mengonfirmasi kejadian itu merupakan tindakan pembunuhan dan bunuh diri. Dilaporkan bahwa kakek-nenek Leeteuk mati lemas oleh putra mereka sendiri, atau ayah Leeteuk. Alasannya adalah karena sang ayah tidak mampu merawat mereka.

Ayah Leeteuk juga meninggalkannya dengan hutang 5 miliar won dan pesan menyakitkan untuk putranya yang berbunyi, "Apakah kamu benar-benar percaya kamu mencapai kesuksesan sendirian?"

Sebelum berita tersiar, Leeteuk sudah menderita depresi tetapi tragedi itu membuat segalanya menjadi lebih buruk baginya. Militer bahkan menyarankan pembebasan lebih awal. Namun akhirnya Leeteuk memutuskan untuk menyelesaikan dinasnya. Meskipun depresinya telah membaik dia mengandalkan member lain untuk membantunya bangkit dan bisa beraktivitas.

Baca juga:

Idola Kpop yang Jadi Korban Hoax

4. Kecelakaan Ladies Code

Meninggalnya member Ladies Code (Sumber: SBS)


Di tahun sama dengan tragedi yang menimpa Leeteuk, industri Kpop diguncang oleh kecelakaan tragis. Dalam perjalanan kembali dari manggung di Daegu, van yang membawa anggota Ladies 'Code tergelincir karena kondisi jalan yang licin dan kecepatan yang berlebihan. Mobil tersebut dikabarkan berguling beberapa kali sebelum menabrak pembatas jalan.

Beberapa jam setelah berita kecelakaan itu disiarkan, EunB dikabarkan meninggal dunia. Empat hari kemudian, RiSe juga meninggal karena luka yang dideritanya. Tiga anggota lainnya dirawat di rumah sakit selama sebulan sebelum mereka dipulangkan.

Berita tersebut benar-benar mengguncang dunia dan banyak penggemar serta idola lainnya membantu mempromosikan lagu terakhir grup tersebut I am Fine, Thank You.

5. TVXQ Yunho Diracuni

Yunho TVXQ nyaris diracun (Sumber: Naver x Dispatch)

Anti-fans bisa melakukan hal yang menakutkan dan mengancam. Tetapi apa yang terjadi pada Yunho pada 2006 menunjukkan bahwa mereka bisa bertindak ekstrim untuk menunjukkan kebencian mereka pada idola tertentu. Suatu hari penggemar mendatangi Yunho dan memberinya minuman. Karena kebiasaan, dia meminum botol itu dalam sekali tegukan dan pingsan tidak lama kemudian.

Setelah diselidiki, minuman itu mengandung lem super. Isi perutnya pun harus dipompa. Insiden tersebut membuatnya mengalami gangguan kecemasan, yang kemudian dirawat, dan bahkan membuatnya mempertimbangkan untuk meninggalkan industri hiburan. Beruntungnya dia tetap bertahan di industri musik!

6. Tragedi Son Ho Young g.o.d

Meninggalnya kekasih dari Son Ho Young g.o.d (Sumber: Sport


Pada 2013, pacar Son Ho Young bunuh diri di mobilnya. Berita itu menjadi pukulan telak baginya. Keadaan pun berubah menjadi lebih buruk. Saat grup sedang dalam masa jeda, Son Ho Young tidak memiliki jalan keluar apa pun dan merasa sangat tidak berdaya.

Saat perasaan putus asa menggelayuti dirinya, dia mencoba untuk mengakhiri hidupnya. Ketika ditemukan, dia dilarikan ke rumah sakit. Syukurlah dia selamat. Ia pun kemudian mengungkapkan kelegaannya. (avia)

Baca juga:

Penata Rias Ini Ungkap Fakta Jadi Staf Agensi Kpop Idol

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH