Masa Lalu Kelam dan Menyedihkan Di Balik Sikap Jahat Karakter 'Villain' Arthur Fleek memiliki kisah hidup menyedihkan (Sumber: Forbes)

"ORANG jahat lahir dari orang baik yang tersakiti", justifikasi semacam itu lahir usai film Joker rilis. Faktanya, luka yang terus menerus menggores jiwa seseorang dapat melahirkan sisi buruk. Hal tersebut menginspirasi sejumlah sutradara untuk mengangkat karakter villain dengan masa lalu kelam nan menyedihkan.

Kisah kelam yang dialami oleh sejumlah karakter villain menimbulkan rasa iba pada penonton. Tak pelak penonton pun mendukung eksistensi mereka. Publik meyakini bahwa orang-orang buruk berikut menjadi jahat karena dunia memperlakukan mereka dengan kejam. Siapa sajakah karakter villain dengan masa lalu kelam?

1. Arthur Fleek - Joker

Joker
Arthur Fleek selalu tersenyum meski hatinya pedih (Sumber: USA Today)

Sebelum menjelma sebagai Joker yang menebar keresahan di Kota Gotham, Fleek memiliki kisah kelam. Sejak awal lahir ke dunia, ia sudah merasakan kejamnya kehidupan. Kejamnya kehidupan pertama kali ia alami usai mendapat siksaan dari mantan pacar ibunya. Siksaan tersebut mencederai otaknya dan menimbulkan trauma mendalam di alam bawah sadar Fleek.

Seolah tragedi tersebut tak cukup untuk si kecil Fleek, ia harus berhadapan dengan ibunya yang memiliki gangguan mental delusional dan narsistik. Delusional yang dialami ibunya itu membuat Fleek dewasa percaya bahwa ia adalah anak dari hubungan gelap sang ibu dengan pejabat negara, Dr. Thomas Wayne.

Di masa dewasa, Fleek dengan schizofrenia-nya harus berhadapan dengan orang-orang yang memperlakukannya dengan buruk. Mulai dari teman yang 'menusuknya' dari belakang, anak-anak nakal yang selalu menjahilinya, hingga publik figur yang mempermalukannya di acara televisi. Padahal Fleek memiliki tujuan mulia, ia ingin menghibur orang-orang dan membuat mereka tersenyum.

2. Jason Voorhees - Friday the 13th

Jason Voorhees
Jason Voorhees si pembunuh berhati dingin namun mencintai ibunya (Sumber: Medium)

Film seri Friday the 13th telah memiliki alur cerita paling konyol dalam sejarah sinematik Amerika. Tokoh utama serial ini, Jason Voorhees mengembara demi melanjutkan serangkaian pembunuhan. Di balik karakter pembunuh berdarah dingin, Voorhees hanyalah seorang anak yang pernah tenggelam di Danau Camp Crystal.

Peristiwa tersebut membuat ibunya menjadi gila. Ia pun membalas dendam pada orang-orang di balik tragedi tersebut dengan cara sadis. Dalam film kedua, digambarkan bahwa Voorhees masih hidup. Ia kembali balas dendam pada orang-orang yang membunuh ibunya dengan cara membunuh mereka. Jason adalah potret pembunuh kejam dan berhati dingin namun begitu mencintai ibunya.

3. Oh Dae-su - Oldboy

Oh Dae-su Oldboy
Oh Dae-su menyimpan dendam usai dipisahkan dari keluarganya (Sumber: Taste of Cinema)

Oh Dae-su adalah pria penyayang yang begitu mencintai keluarganya. Di hari ulang tahun putri kecilnya, ia diculik oleh sosok misterius. Dirinya pun harus menghabiskan waktu 15 tahun di tempat penyekapan. Seolah tak cukup dengan fakta menyedihkan tersebut, ia dituduh sebagai tersangka pembunuh istrinya.

Hal tersebut tentu saja mustahil mengetahui kenyataan bahwa Oh Dae-su selama ini di tempat penyekapan. Usai bebas, ia mulai aksi balas dendamnya pada orang-orang yang terlibat pada penyekapanya.

4. King Kong

King Kong
King Kong selalu melindungi pujaan hatinya (Sumber: Celluloid Heaven)

Di balik teror yang muncul karena seekor King Kong, para penonton kasihan pada kera ini. Ia terusir dari rumahnya dan ditembak karena melindungi perempuan yang dicintainya. Film ini mengisahkan sekelompok pembuat film yang bertualang ke Pulau Tengkorak.

Di sana mereka bertemu penduduk lokal yang meminta menyerahkan sang aktris, Ann Darrow untuk diserahkan pada binatang buas yang dikenal sebagai Kong. Para kru film menolak. Penduduk pun menculik dan mengikat Darrow untuk diserahkan pada Kong.

Kera raksasa itu membawa Darrow dan bertarung dengan makhluk besar lainnya, termasuk dinosaurus dan ular raksasa untuk melindungi gadis yang dicintainya. Kelompok pembuat film itu pun berupaya menyelamatkan Darrow dengan mengikuti Kong. Tak cukup, mereka pun menghancurkan desa itu dengan bom gas.

5. Carrie - Carrie

Carrie
Carrie usai disiram darah babi oleh teman-temannya yang kejam (Sumber: Heaven Media)

Selain Joker, Carrie merupakan karakter villain korban persekusi lainnya. Film tersebut menceritakan kehidupan SMA perempuan bernama Carrie yang layaknya neraka. Hal tersebut diperburuk dengan fakta sikapnya yang agak aneh dan parasnya yang tidak menarik.

Sikap aneh tersebut membuat teman-temannya senang menjahilinya di tingkat yang begitu parah seperti menyiram darah babi ketika prom night. Sejak awal, Carrie selalu berusaha untuk terlihat normal agar tidak menjadi target penindasan. Sayangnya, teman-temannya tak pernah puas untuk menjahilinya. Perlakuan buruk mereka saat pesta dansa itulah menjadi titik balik lahirnya sisi buruk Carrie.

Itulah beberapa karakter penjahat yang memiliki kisah kelam di baliknya. Sosok manakah yang paling membuatmu merasa iba dan "memaklumi" sikap jahat mereka? Masihkan kamu membenci mereka? (avia)

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH