Kisah 'Last Meal', Hidangan Terakhir Tahanan sebelum Dihukum Mati Sebelum dieksekusi, para tahanan dibolehkan meminta makanan terakhir mereka. (foto: st.luciatimes)

BAYANGKAN jika kamu boleh memilih makanan terakhir sebelum menghadapi kematian. Apa yang akan jadi pilihanmu?

Bagi para tahanan yang dijatuhi hukuman mati permintaan makanan terakhir amat penting untuk dipenuhi. Mereka memang diberi hak untuk meminta santapan apa yang akan mereka nikmati jelang eksekusi. Meskipun demikian, ada syarat-syarat agar permintaan itu dipenuhi. Alkohol dan tembakau ialah dua hal yang dilarang untuk diminta.

Sealin itu, seperti di wilayah Florida, para tahanan diberi hak istimewa untuk bisa meminta hidangan terakhir mereka sebelum dieksekusi asalkan harga makanannya tidak melebihi US$40 dan harus bisa dibeli secara lokal.

Tradisi memenuhi permintaan hidangan terakhir memang sudah terjadi sejak 1879 di Eropa. Pada masa itu, Charles Peace, seorang pembunuh berantai, meminta hidangan terakhir berupa telur dan bacon yang sangat banyak.

Memnuhi permintaan pesakitan yang akan dihukum memang tak bisa dikatakan sebuah hak istimewa, tapi menuruti permintaan hidangan terakhir tahanan hukuman mati bisa jadi sesuatu yang sangat penting bagi meerka. Beberapa orang juga berpikir bahwa pengabulan permintaan makanan terakhir juga bisa menjadi penawaran terakhir yang menunjukkan sisi kemanusiaan dan kebaikan.

Menurut Erika Camplin, peneliti dan penulis buku Prison Food in America, menu hidangan terakhir para tahanan hukuman mati ini bisanya merupakan makanan yang mengingatkan mereka tentang kenangan masa kecil mereka, tentang memori ketika mereka tumbuh dewasa. Berikut beberapa permintaan makanan terakhir para tahanan hukuman mati.

1. Satu buah zaitun

zaitun
Sebuah zaitun jadi permintaan Victor Feguer. (foto: henryhargreaves.com)

Pilihan menu tentunya bisa memberikan gambaran tentang sifat dan kepribadian seseorang. pilihan hidangan terakhir ini pun dapat memperkuat hal tersebut. Hal itulah yang terjadi pada Victor Feguer, seorang kriminal berumur 28 tahun yang menculik dan membunuh seorang dokter demi mendapatkan resep untuk obat penenang.

Pada 1963, Feguer menjadi orang terakhir yang dijatuhi hukuman mati di Iowa. Ia meminta makan sebuah zaitun sebelum dijatuhi hukuman mati.

2. Ekor Lobster, steak, pie apel, dan es krim vanilla sambil menyaksikan trilogi The Lord of the Rings

lobster
Ronnie Lee Gardner meminta ekor lobster yang dimakan sambil menonton trilogi Lord of the Rings. (foto: cbsnews)

Setelah berpuasa selama 36 jam sebelum dieksekusi dengan cara ditembak, Ronnie Lee Gardner yang merupakan tersangka perampokan dan pembunuhan dua korban meminta ekor lobster, steak, pie apel, dan es krim vanilla sambil menyaksikan trilogi The Lord of the Rings.

3. Hidangan tradisional untuk terakhir kali

last meal, ted bundy
Makanan tradisional disajikan untuk Ted Bundy setelah ia menolak menggunakan hak memilih makanan terakhir. (foto: cdbsnews)

Ted Bundy, pembunuh berantai terkenal yang menculik, membunuh, dan memerkosa 35 mayat, menolak menggunakan hak meminta hidangan terakhir. Akhirnya, ia diberikan menu hidangan tradisional, yaitu medium-rare steak, telur mata sapi, hasha brown, dan telur dengan roti selai kacang, susu, dan jus jeruk.

Namun, hidangan itu tetap tidak dimakan Bundy.


4. Pizza vegetarian untuk didonasikan kepada gelandangan

last meal
Philip Workman meminta banyak pizza untuk didonasikan. (foto: clarkcountyprosecutingattorney.com)


Philip Workman rupanya ingin melakukan perbuatan baik terakhir setelah merampok restoran Wendy's dan membunuh seorang polisi di sana.

Sayangnya, permintaan itu ditolak karena mereka tidak melakukan donasi amal. Meskipun demikian, beberapa orang akhirnya mengumpulkan uang untuk menuruti permintaan terakhir Workman. Sebanyak 150 kotak pizza, ditambah puluhan boks pizza lagi setelah berita ini diumumkan di radio, didonasikan untuk para gelandangan.(shn)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH