Merawat Ingat

Kisah Kepanjangan Sinetron ‘Tersanjung’

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 10 April 2022
Kisah Kepanjangan Sinetron ‘Tersanjung’
Sinetron 'Tersanjung' tayang perdana 10 April 1998. (foto: dailyasia.com)

DI era 90-an, drama seri karya dalam negeri menguasai layar kaca. Sinema elektronik atau yang lebih populer dikenal dengan sinetron tak pernah absen dari jadwal harian tayangan TV. Program drama bersambung produksi Indonesia tersebut disiarkan jaringan televisi di Tanah Air, bahkan ada yang dihadirkan di jam tayang utama. Jadi tidak mengherankan jika sejumlah judul sinetron kemudian jadi fenomena di masanya.

Salah satu sinetron yang banyak menyita perhatian penonton ialah Tersanjung. Saking banyaknya yang menggemari sinetron yang tayang mingguan ini, kisah yang tadinya direncanakan 20 episode untuk satu musim malah molor jadi tujuh musim dengan total 365 episode secara keseluruhan.

Baca Juga:

'Tersanjung The Series' akan Tayang di WeTV

Sinetron Tersanjung diproduksi Multivision Plus. Tersanjung tayang perdana di stasiun televisi Indosiar pada 10 April 1998. Di musim awal, sinetron ini dibintangi Lulu Tobing, Ari Wibowo, dan Reynold Surbakti. Selain ketiga aktor tersebut, banyak aktor kawakan yang juga ikut berperan di sinetron ini. Salah satu pemeran yang mendapat banyak sorotan dari sinetron ini ialah Leily Sagita. Model dan aktris 70 tahun itu memerankan karekter ibu mertua nan jahat bernama Yuna. Aktingnya yang sungguh meyakinkan di sinetron ini bahkan membuatnya dijuluki ‘Ratu Antagonis’.

leily sagita
Aktris Leily Sagita sukses menjadi perhatian penonton sinetron 'Tersanjung'. (foto: Instagram@leilysagitareal)

Kisah sinteron Tersanjung berputar pada kehidupan seorang perempuan bernama Indah (Lulu Tobing). Sejak awal, hidup Indah dikisahkan amat menyedihkan. Ia yatim piatu dan dibesarkan keluarga pamannya, Kadir (Anwar Fuadi).Indah bekerja di usaha percetakan membantu pamannya. Suatu hari, Indah berkenalan dengan Bobby (Reynold Surbakti) yang merupakan seorang pelanggan. Lambat laun, dari perkenalan itu tumbuh ketertarikan antara Indah dan Bobby. Indah yang masih lugu terbuai oleh rayuan Bobby hingga akhirnya dia hamil. Retno (Yati Octavia), istri Kadir, kehamilan Indah. Ia kemudian mengusir sang keponakan.

Setelah keluar dari rumah Kadir, Indah bertemu Rama (Ari Wibowo). Dengan tulus, Rama menolong Indah. Ia bahkan mau menikah dengan Indah dan bertanggung jawab atas kehamilan Indah.

Dari kejadian awal tersebut, kisah Tersanjung berkembang menjadi intrik yang tampaknya tiada berkesudahan. Kisah yang awalnya terlihat seperti cerita romansa antara Indah dan Rama berkembang menjadi kisah perebutan harta dan balas dendam.

Kisah panjang Tersanjung membentang dari 1998 hingga berakhir pada 3 Juni 2005. Pada musim terakhir, yakni musim ketujuh, judul sinetron ini bahkan berubah menjadi Adilkah. Tak hanya judulnya yang berganti, sepanjang musim penayangan sinetron ini, sejumlah pemeran awal karakter juga berganti. Lulu Tobing yang memerankan Indah Sari digantikan Jihan Fahira pada musim keempat. Hanya Leily Sagita dan Reynold Surbakti yang bermain sejak musim pertama hingga ketujuh.

Meski berakhir di musim ketujuh, kepopuleran sinetron Tersanjung belum berakhir. Pada 3 Agustus 2020, stasiun TV ANTV menayangkan ulang sinetron ini. Di tahun berikutnya, pada 2021, sinetron ini diadaptasi ke layar lebar dengan judul Tersanjung The Movie. Disutradarai Hanung Bramantyo dan Pandhu Adjisurya, film itu diproduksi MVP Pictures. Clara Bernadeth, Giorgino Abraham, dan Kevin Ardilova bermain dalam film yang tayang perdana pada 1 April 2021 di Netflix.

Di tahun yang sama, sutradara Anggy Umbara yang dulu menggarap sinteron Tersanjung mengadaptasi sinetron ini ke dalam serial web drama dengan judul yang sama. Tersanjung The Series produksi MVP Entertainment bersama Umbara Brothers Film ditayangkan perdana pada 8 Desember 2021 melalui layanan video sesuai permintaan WeTV dan iflix. Serial itu diperankan Jessica Mila, Rezky Adhitya, Rayn Wijaya, dan Clairine Clay. Tersanjung The Series seperti nostalgia penonton dengan sinetron 90-an, tapi dalam versi modern.(dwi)

Baca Juga:

Viral Pada Masanya, Yuk Nostalgia Acara Musik 'dahSyat'

#Sinetron #Merawat Ingat #Film #Selebritas
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan