Kisah Kenangan Warnet, Pernah 'Ngalamin' yang Mana? Dulu, warnet dulunya begitu menjamur dan digemari. (foto: yahoo)

SIAPA yang tidak kenal warnet? Warung internet jadi salah satu tempat kamu bisa menghabiskan waktu untuk bermain gim atau media sosial. Tempat itu menjadi ‘bersejarah’ kala layanan makin mudah didapat saat ini.

Pada awalnya, warnet diciptakan karena teknologi dan saluran internet yang masih terbatas. Hanya ada beberapa orang yang memiliki komputer pribadi dan tersambung ke internet. Ponsel pintar pun belum dikenal.

BACA JUGA: Kangen Masa Kecil? 6 Cara Sederhana Ini Bisa Mengingatkanmu Kembali

Jadi deh warnet terdekat dimanfaatkan untuk kegiatan browsing dan hiburan lainnya. Biarpun warnet kini sudah tidak menjamur, kenangan tentang tempat itu mungkin masih nempel di ingatanmu.

1. Billing lumba-lumba

warnet
Billing khas dengan gambar lumba-lumba. (foto: steam community)


Siapa yang tidak kenal dengan lumba-lumba ‘legendaris’ ini? Setiap kamu ingin bermain, inilah hal pertama yang akan kamu jumpai. Billing dengan gambar lumba-lumba ini tentu membekas di pikiranmu. Hampir semua warnet menggunakan sistem billing seperti ini. Lewat sistem ini, kamu akan memasukkan billing sesuai dengan berapa lama waktu yang kamu habiskan menggunakan layanan internet.

2. Menunggu giliran bermain

warnet
Saat penuh, kamu harus rela nunggu giliran kebagian komputer. (foto: Instagram @royalgamingbekasi)


Karena amat populer saat itu, warnet gaming selalu penuh di akhir pekan. Akibatnya, kamu harus menunggu untuk mendapatkan giliran bermain. Tidak menjadi masalah ketika harus menunggu sebentar 5 sampai 10 menit. Namun, kamu juga bisa rela menunggu sampai berjam-jam demi mendapatkan giliran.

Selama menunggu, aktivitas yang kamu lakukan tak lain ialah melihat orang lain bermain game online dan bahkan mengomentari pemrainan mereka. Ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, orang yang dikomentari akan menjadi teman bermainmu. Kedua, mereka akan merasa kesal dan akhirnya berujung perkelahian.

3. Flashdisk yang terkena virus

warnet
Virus rawan menyerang dari komputer warnet. (foto: pixabay/kropekk_pl)

Salah satu permasalahan yang dialami warnet ialah komputer yang terkena virus. Walaupun sudah menggunakan software antivirus, tetap saja komputer warnet rawan terkena virus. Hal itu disebabkan orang-orang yang membuka situs atau mengunduh sesuatu secara sembarang.

Nah, ketika kamu datang ke warnet untuk keperluan tugas yang menggunakan flashdisk, pastikan komputer yang kamu pilih aman dari virus. Biasanya jika sudah sering bermain di tempat yang sama, orang-orang akan mengetahui komputer mana saja yang virusnya banyak. Untuk itu, tanyakan kepada operator komputer mana yang aman untuk mengerjakan tugas.

4. Chatting

warnet
Chatting jadi kegiatan asyik di warnet. (foto: dribbble)


Warnet juga sering digunakan sebagai tempat untuk chatting dengan orang lain. Chatting menjadi populer sama halnya dengan bermain gim di warnet. Bahkan, ada warnet yang memang menyediakan tempat hanya untuk browsing, chatting, dan print. Jadi, gimana? Ingat enggak kapan pertama kali chat dengan si dia saat kamu di warnet?

5. Tidur di lantai

warnet
Ada yang ketiduran segala. (foto: chopstick new york)


Hari Sabtu dan hari libur menjadi hari yang paling disukai anak warnet. Mereka bisa bermain sepuasnya di warnet 24 jam hingga begadang sampai pagi. Tak hanya hari libur, pada hari-hari biasa, banyak juga yang saat sedang bermain, malah merasa mengantuk dan akhirnya ketiduran. Mereka tidur di tempat mereka bermain, yakni lantai yang beralaskan karpet. Uniknya, tetap saja trasa nyaman walaupun tempatnya sempit.(And)

BACA JUGA: Nostalgia Lewat Video Game Era 90an


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH