Kisah Inspiratif Ni Kadek Karyadewi, Atlet Paracycling Asal Bali

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Kamis, 04 Oktober 2018
Kisah Inspiratif Ni Kadek Karyadewi, Atlet Paracycling Asal Bali
Ni Kadek Karyadewi, Atlet Paracycling di Asian Para Games 2018 (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

KONTINGEN paracycling Indonesia akan berlaga di perhelatan olahraga akbar Asian Para Games 2018 di Jakarta, 6-13 Oktober 2018 mendatang.

Salah seorang atlet paracycling yang akan berjuang mengharumkan nama bangsa di Asian Para Games 2018 ialah Ni Kadek Karyadewi. Atlet difabel asal Bali ini sukses meraih medali emas dengan menjadi yang tercepat pada Road Asian Cycling & Paracycling Championsip di Nay Pyi Taw, Myanmar, 6-12 Februari 2018.

Prestasi yang diraih Ni Kadek Karyadewi itu tentu sangat membanggakan, apalagi jika pada Asian Para Games 2018 nanti atlet perempuan ini bisa meraih medali emas untuk Indonesia.

Di tengah keterbatasan tentu bukan hal yang mudah dapat mengukir sebuah prestasi, dibutuhkan tekad dan semangat pantang menyerah. Begitupula yang dilakukan Ni Kadek Karyadewi.

Ni Kadek Karyadewi. (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

Kendati menderita polio sejak usia 6 tahun, ia tak lantas patah semangat untuk mengukir prestasi. Tekad dan semangat pantang menyerah yang kuat membuatnya kian bergelora untuk mengharumkan nama bangsa. "Mengapa memilih untuk menjadi atlet? Karena ini semangat saya untuk mengubah pandangan orang tentang disabilitas," tutur Kadek saat ditemui Merahputih.com di GBK Arena, Jakarta, Rabu (3/10).

Semangat itu juga tak lepas dari pemikiran Kadek yang berpandangan bahwa jika bukan karena diri kita sendiri, siapa lagi. "Karena kita tak bisa seumur hidup mengandalkan orang lain," ujarnya.

Meski punya semangat yang berapi-api, Kadek tak menampik bahwa pernah menemui suatu momen yang membuatnya patah semangat. Namun, hal tersebut bisa diatasinya dengan terus menjalani pelatihan sesuai instruksi dari pelatih.

Untuk persiapan Asian Para Games 2018, Kadek memiliki persiapan khusus. Baginya mengalahkan musuh itu penting, tapi yang pertama ialah mengalahkan ego sendiri. Atlet paracycling wanita ini pun berjanji akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengharumkan nama bangsa.

Selamat berjuang, Kadek!(ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Ratna Sarumpaet Dikeroyok Diduga 'Hoax', Tompi: OOO Kamu Ketauan

#Asian Para Games
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan