Kisah Humas Menhub Berharap Tidak Ada Percaloan Sejumlah calon penumpang melintas tak jauh dari pesawat yang ada di apron Bandara Husein Sastranegara Bandung, Kamis (19/2). (Foto: Antara/Eric Ireng)

MerahPutih Nasional - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan telah menetapkan larangan penjualan tiket di bandar udara (bandara). Sejak tanggal 1 Maret 2015 tidak ada lagi loket penjualan tiket di Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Kuala Namu untuk penerbangan domestik ataupun internasional.

Peraturan tersebut membuat praktik percaloan tidak ada lagi. Pasalnya, para pengguna jasa transportasi udara harus membeli tiket secara daring (dalam jaringan). (Baca Juga: Joice Napitupulu: Butuh Waktu 3 Tahun untuk Bangun Jalur KA Bandara Soetta-Halim)

Fakta nakalnya oknum yang bermain penjualan tiket dirasakan langsung oleh Humas Ditjen Perhubungan Udara Hemi Pramuraharjo. Kepada Merahputih.com, di Jakarta, Senin (9/3), Hemi Pramuraharjo berkisah ihwal keanehan antara ketersediaan kursi pesawat dengan ketersediaan tiket di loket.

"Pada bulan Desember tahun lalu (2014) orangtua saya meninggal di Surabaya. Saat itu pula saya langsung menuju Bandara Soekarno Hatta untuk memesan tiket. Tiba di salah satu loket maskapai penerbangan, saya bilang pesen tiket jurusan Surabaya. Petugas piket bilang, untuk tujuan Surabaya tiket sudah habis. Anehnya, tak lama setelah itu ada seorang calo yang menawarkan tiket ke Surabaya. Ternyata, kata calo, masih banyak kursi yang kosong," papar mantan Kepala Sub-Direktorat Angkutan Udara Berjadwal Direktorat Jenderal Perhubungan Udara itu.

Hemi menambahkan, sesaat mengetahui keanehan tersebut, dia segera menelepon manajer maskapai penerbangan. Lantas, Hemi berkisah ihwal percaloan tiket maskapai penerbangan yang bersangkutan kepada sang manajer. (Baca: Gebrakan Menteri Jonan, Lantik Tersangka Gratifikasi Jadi Pejabat di Kemenhub)

Begitu pula Hemi berharap tidak ada lagi pengalaman serupa terjadi pada calon-calon penumpang maskapai penerbangan. Ketetapan Menteri Perhubungan tak lain bukanlah demi kenyamanan calon penumpang. (cpy)



Fredy Wansyah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH