Kisah Cucu Bung Karno yang Gemar Jengkol

Rina GarminaRina Garmina - Senin, 14 Agustus 2017
Kisah Cucu Bung Karno yang Gemar Jengkol
Puti Guntur Soekarnoputra. (Foto: ANTARA/Putri Nastiti)

DARAH Kerajaan Galuh mengalir di tubuh Puti Guntur Soekarno, cucu Bung Karno. Hidangan khas Sunda pun menjadi favorit. Sebuah rumah makan Sunda di kawasan Cikawao, Bandung, selalu ia sambangi setiap kali berkunjung ke Kota Parahyangan.

Di rumah makan langganan keluarga proklamator kemerdekaan Indonesia itu, Puti akan memilih menu kesukaannya. "Saya suka goreng babat, tamusu, lidah, limpa, gepuk, lalapan dan sambel yang ada di sini," ujarnya baru-baru ini saat tertangkap basah sedang makan di rumah makan langganannya.

Tak hanya jeroan, ia juga punya menu favorit lain resto tersebut. "Saya sangat suka jengkol. Di sini jengkolnya empuk dan rasanya masih sama dari dulu sampe sekarang," terangnya.

RM Cikawao yang menjadi tempat makan kegemaran keluarga Bung Karno itu memang legendaris. Puti sering makan di sana sejak balita. "Sejak usia tiga tahun, saya sudah diajak ke sini dan mengenal makanan Sunda. Tapi di balik semua itu ada cerita tersendiri bagi orangtua saya," tuturnya.

Resto tersebut ternyata juga merupakan tempat penuh kenangan bagi kedua orangtua Puti, Guntur Soekarnoputra dan Henny Emilia Hendayani. "Tempat ini adalah tempat kencan pertama papa dan mama," ujarnya.

Menurut Puti, resto langganannya itu dahulu masih berupa warung kecil di tepi jalan.

Nostalgia

Ada kisah nostalgia di balik resto legendaris langganan Puti dan keluarga. Resto itu merupakan tempat kencan pertama kedua orangtuanya. Sang ibunda, Henny, sadar bahwa ia merajut kasih dengan anak presiden RI sehingga mesti menyiapkan diri dengan baik pada kencan pertama.

"Mama berpikir pasti akan dijemput mobil dan makan di tempat mewah. Ternyata papa menjemputnya dengan skuter butut dan mengajak makan di warung pinggir jalan," ujarnya sambil tertawa.

Meski Guntur anak presiden, ia mendapatkan uang bulanan dalam jumlah terbatas. Akibatnya, dia hanya dapat mengajak Henny ke warung pinggir jalan. "Tidak cukup uangnya untuk makan di restoran," tuturnya.

Selain RM Cikawao, keluarga Bung Karno juga memiliki tempat makan favorit lain di Bandung, yaitu ayam goreng di Jalan Panaitan, kupat tahu dan jajanan di Jalan Cihapit.

"Karena orangtua kami senang makanan di tempat-tempat itu akhirnya menjadi tempat favorit turun-menurun," katanya. Bagi perempuan kelahiran Jakarta, 26 Juni 1971 itu, makanan Sunda dan Jawa Barat bukanlah sesuatu yang asing. Selain mengalir darah kerajaan Galuh dari kakek buyut ibunya, Puti tercatat sebagai anggota DPR RI dari daerah pemilihan Ciamis. Ia juga tercatat sebagai bakal calon gubernur/wakil gubernur Jawa Barat dari PDI Perjuangan Jawa Barat untuk Pemilihan Kepala Daerah Jabar 2018.

Cucu presiden saja gemar jengkol, masa Anda gengsi menyantapnya? (*)

Dapatkan informasi mengenai makanan khas Sunda lainnya pada artikel Nasi Tutug Oncom, Kuliner Sunda Yang Jadi Favorit.

#Rumah Makan Legendaris #Puti Guntur Soekarno
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan