Kisah Cinta 25 Tahun Veteran Gay Ilustrasi. (pixabay)

CINTA sejati memang layak ditunggu, bahkan diperjuangkan.

Kedua veteran perang ini membuktikan betapa cinta bisa mengalahkan segala rintangan yang menghalangi.

Veteran Perang Dunia II John Banvard pertama kali bertemu veteran perang Vietnam Gerard 'Jerry' Nadeau pada 1998. Hingga kini, mereka telah bersama hampir 25 tahun. Saat pertama kali berjumpa, tak satu pun dari mereka secara terbuka mengakui bahwa mereka gay.

"Saat kami bertemu, kami seperti menutupinya, dan aku tak pernah menjalin sebuah hubungan," ujar Banvard yang kini berusia 100 tahun pada sebuah wawancara dengan StoryCorps, minggu lalu.

"Apa yang akan kau lakukan jika tak bertemu diriku?" tanya Nadeau yang menyebut Banvard sebagai 'suami'.

Dengan nada sedih, Banvard menjawab, "Aku pasti akan terus kesepian."

Setelah tiga tahun tinggal bersama di sebuah rumah tinggal veteran di Chula Vista, California, pasangan itu memutuskan untuk menikah. Pada 2013, mereka menikah dalam sebuah upacara sederhana di panti jompo yang mereka tinggali. Saking sederhanya, menu utama pesta pernikahan mereka hanyalah hot dog.

John Banvard dan Gerard 'Jerry' Nadeau membuktikan cinta sejati layak diperjuangkan. (foto: storycorp.org)

Banvard mengaku telah bersiap seandainya ada penolakan dari sesama penghuni panti jompo. Namun di luar dugaannya, warga panti jompo itu menerima mereka sebagai pasangan dengan senang hati. Meskipun kebanyakan penghuni di sana masih bertanya-tanya tentang hubungan di antara mereka, penerimaan yang diberikan warga panti mengejutkan Banvard.

"Aku sudah bersiap untuk diejek, dan memang ada sebagian kecil yang demikian," ujar pria berusia seabad itu.

Pasangan itu pun mengenang momen indah saat penghuni lain panti mengenalkan mereka kepada keluarga masing-masing.

"Saat itu, aku tengah bersamanya di kafetaria, seorang penghuni lain datang bersama keluarganya, dan ia berkata, 'ini Gerard Nadeau, dan ini suaminya, John'," ujar Nadeau, menjelaskan bahwa ia tidak pernah mendengar Banvard memanggilnya dengan sebutan 'suami'.

"Ya, itu memang amat manis," ujar Banvard menyetujuinya.

Kisah cinta memang bisa terjadi kapan saja, di mana saja, dan dalam situasi apa pun. Bahkan, rintangan sebesar apa pun tak akan meruntuhkannya. (dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH