Kiromal Katibin Naik Kelas, Pecahkan Rekornya Sendiri Lima Kali

Andrew FrancoisAndrew Francois - Minggu, 17 Juli 2022
Kiromal Katibin Naik Kelas, Pecahkan Rekornya Sendiri Lima Kali
Kiromal Katibin. (Foto: IFSC)

ATLET panjat tebing Indonesia Kiromal Katibin untuk kali kelima dalam karier profesionalnya mempertajam rekor dunia miliknya sendiri dalam Piala Dunia Federasi Olahraga Panjat Tebing Internasional (IFSC) 2022 di Chamonix, Perancis, Jumat (8/7).

Ia tampil pada babak kualifikasi nomor speed putra, dan sukses membukukan catatan waktu 5,009 detik. Torehan waktu itu kian mempertegas dirinya sebagai manusia tercepat dalam menaklukkan dinding setinggi 15 meter.

"Saya sangat senang sekali. Ini terjadi karena saya berlatih dengan keras. Terima kasih atas semua doa dari masyarakat, semoga dengan ini panjat tebing Indonesia makin jaya," ucapnya seperti dilansir Antara, Sabtu (9/7).

Baca juga:

3 Jenis Panjat Tebing yang Menantang

Kiromal Katibin kalahkan atlet asal Korea Selatan. (Foto: IFSC)

Kiromal Katibin terus membuat sejarah dengan lima kali mempertajam catatan waktu sejak mencatatkan namanya dalam rekor dunia di Salt Lake City, Amerika Serikat (AS) pada 28 Mei 2021 lalu dengan catatan waktu 5,25 detik.

Sebelum di Perancis, ia lebih dulu memperbaiki catatan waktunya pada Piala Dunia di Seoul, Korea Selatan, dengan catatan waktu 5,17 detik pada 6 Mei 2022. Kemudian pada tahun itu pula, ia kembali mempertajam rekor waktunya di Salt Lake City, pada 27 Mei 2022 dengan 5,10 detik.

Berikutnya ia kembali mempertajam rekornya itu hingga dua kali, di Villars, Swiss, pada 30 Juni 2022 dengan masing-masing 5,09 detik dan 5,04 detik, sebelum akhirnya terpecahkan oleh dirinya sendiri di Perancis dengan 5,009 detik.

Baca juga:

Panjat Tebing ini Paling Berbahaya di Dunia

Kiromal Katibin pecahkan rekornya sendiri. (Foto: IFSC)

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid menyaksikkan langsung aksi Katibin itu memberikan apresiasi dan mengaku bangga.

"Bersyukur, atlet andalan kita kembali menorehkan prestasi gemilang dengan memecahkan rekor dunia tercepat, rekor dunia atas namanya sendiri, dengan catatan waktu 5,00 detik. Kami delegasi Indonesia merasa sangat bangga dengan raihan ini, semoga prestasi ini dapat dipertahankan hingga Olimpiade nanti," kata Wahid.

Indonesia mengirim 20 atlet masing-masing 10 atlet putra dan putri dalam ajang yang berlangsung di Perancis. Rinciannya, kategori speed putra enam orang, lead putra empat orang, dan masing-masing lima atlet untuk speed dan lead putri dalam ajang yang berlangsung pada 8-10 Juli dan diikuti atlet dari 32 negara. (waf)

Baca juga:

Salut! Timnas Panjat Tebing Indonesia Duduki Peringkat Pertama Dunia

#Olahraga #Indonesia #Juli Warga +62 Naik Kelas
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan