Kirab Liong dan Barongsai Keliling Pertokoan, Pertanda Tutup Rangkaian Tahun Baru Imlek di Solo Kirab liong dan barongsai menutup rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek 2571 atau perayaan Cap Go Meh di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (8/2). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Kirab liong dan barongsai menutup rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek 2571 atau perayaan Cap Go Meh di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (8/2).

Pantauan merahputih.com, liong dan barongsai keluar dari Klenteng Poo An Kiong yang berada di tengah pertokoan kawasan Coyudan, Jalan Yos Sudarso.

Baca Juga:

Jokowi Perkenalkan Anak Ahok saat Perayaan Imlek Nasional 2020

Liong dan barongsai menyusuri Jalan Radjiman dengan masuk ke dalam puluhan pertokoan untuk menerima angpao dari pemilik toko. Aksi liong dan barongsai menarik banyak penonton dari pelanggan toko.

Pengguna jalan banyak menghentikan laju kendaraan untuk melihat atraksi liong dan barongsai dalam menyambut perayaan Cap Go Meh

 Kirab liong dan barongsai menutup rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek 2571 atau perayaan Cap Go Meh di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (8/2). (MP/Ismail)
Kirab liong dan barongsai menutup rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek 2571 atau perayaan Cap Go Meh di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (8/2). (MP/Ismail)

Koordinator Cap Go Meh Adjie Candra mengatakan, liong dan barongsai yang bermain ini dari Perkumpulan Tripusaka, Perkumpulan Macan Putih, Perkumpulan Macan Putih di kawasan Pasar Gede dan perkumpulan Budi Dharma di kawasan Widuran. Atraksi Liong dan Barongsai ini dipercaya mampu mengusir aura jahat.

"Kami memelalui perayaan Cap Go Meh ini sebagai wujud untuk melestarikan kesenian khas asal negeri Tiongkok," kata dia.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Ramaikan Perayaan Imlek Nasional 2020

Ia mengatakan, beberapa tahun terakhir rutin menggelar pertunjukan liong dan barongsai saat Cap Go Meh. Dia berharap melalui kesenian liong dan barongsai tersebut mampu mengeratkan persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di Kota Bengawan.

"Semoga di Tahun Baru Imlek ini membawa berkah," kata dia.

Seorang warga Tina Wibowo (38) mengaku, memberikan angpao kepada liong dan barongsai dengan harapan dijauhkan dari malapetaka dan dimudahkan rezeki.

"Saya punya harapan Tahun Baru Imlek ini rejeki makin melimpah, diberkahi kesehatan," katanya. (Ism)

Baca Juga:

Ketua Panitia Imlek Nasional Bangga Jokowi Pakai Baju Cheongsam Khas Tiongkok


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH