Kini Potong Rambut Bisa Pakai Aplikasi Cocok untuk para pemula yang ingin menata rambut. (Foto: Newatlas)

MESKI kini kita memasuki masa new normal atau kenormaan baru, pandemi virus corona atau COVID-19 belum usai. Masih ada beberapa hal yang wajib diperhatikan untuk menjaga diri dan keluarga terinfeksi virus ini. Bahkan beberapa dari kamu mungkin masih ada yang takut untuk keluar rumah.

Hal ini tentu menjadi masalah. Salah satunya rambut yang tumbuh semakin panjang dan tebal. Bagi sebagian orang, mungkin hal itu sangat mengganggu penampilan meskipun hanya di rumah saja.

Baca juga:

MediaTek Luncurkan Chipset Gaming Helio G35 dan G25

Tapi, tidak perlu khawatir, kini salah satu pengembang Virtual Realilty (VR) telah menciptakan simulator pemotongan rambut agar mengetahui model rambut yang cocok. Aplikasi simulator ini sengaja diciptakan hanya untuk sekadar latihan.

Simulator ini memang tidak disertai dengan teknologi tinggi seperti produksi Hollywood yang menggunakan VR. Namun, simulator ini sengaja dibuat hanya sebagai hiburan dan melepas penat bagi mereka yang belum sempat memotong rambut. Seperti yang diketahui, teknologi VR memberikan pengalaman yang berbeda dan terkesan berada di dunia nyata.

Mengutip laman Gajitz, Kelompok Penelitian Teknologi Robot di Tokyo Institute of Technology sedang mengembangkan program VR untuk membantu memotong dan menata rambut bagi para pemula.

Baca juga:

Kenapa Sih 5 Jenis Brompton Ini Disebut Edisi Spesial?

Mereka memamerkan simulator ini di Pameran 3D dan VR di Tokyo. Kamu tidak perlu khawatir untuk memulai karena simulator ini menggunakan manekin sebagai modelnya. Program VR ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mulai menata model rambut baru.

Gunting yang dilengkapi dengan motor dan sensor. (Foto: Newatlas)
Gunting yang dilengkapi dengan motor dan sensor. (Foto: Newatlas)

Sistemnya disebut dengan Air-Hair, dan terdiri dari sepasang gunting plastik dengan sejumlah motor dan sensor. Manekin akan merepresentasikan kepala pelanggan dan pengguna harus melihat ke layar untuk melihat guntingnya virtualnya bekerja. Gunting tersebut diselimuti dengan sensor yang dapat mendeteksi posisi.

Ketika gunting merah di layar berubah menjadi hitam, tandanya ada bagian rambut yang harus dipotong. Gunting ini juga dilengkapi dengan motor built-in yang mencoba mensimulasikan perlawanan saat memotong rambut. Seperti yang bisa dilihat, kita dapat memotong rambut seperti berada di realita.

Air-Hair adalah proyek berkelanjutan yang masih banyak dilakukan perbaikan di masa depan. Para peneliti berharap program ini menjadi lebih realistis dan akhirnya memberikan pengalaman lebih menarik. (and)

Baca juga:

Tak Lagi Khusus Gamers, Aplikasi Discord Terapkan Konsep Baru


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH