Kini Membuat Batik Bisa Dengan Aplikasi

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Minggu, 14 Mei 2017
Kini Membuat Batik Bisa Dengan Aplikasi
Batik Fractal (Foto:parasantique.com)

Jika Anda mengenal batik tulis yang dibuat secara tradisional, Agak sulit memang karena Anda diharuskan memiliki ketelitian tinggi. Namun itu dulu, sekarang membuat motif batik bisa menggunakan sebuah aplikasi komputer bernama jBatik. Aplikasi ini akan membuat pola batik menggunakan teknik ilmu ukur atau fraktal.

Jika dijelaskan rumus fraktal memang terbilang rumit. Namun, secara umum, fraktal merupakan benda geometris yang kasar dari berbagai skala. Konsep matematis pada fraktal adalah memodelkan banyak dimensi dan dapat membuat desain yang indah pada hasilnya.

Misalnya, dimensi dasar batik adalah sebuah segitiga. Dari dimensi segitiga tersebut dapat dibuat sebuah dimensi lain yang semakin kompleks. Akan tetapi pada aplikasi pembuatan batik dengan rumus fraktal, metode pembuatan desain itu sudah dipermudah.

Inilah contoh mendesain batik yang ada pada aplikasi jBatik

Tampilan awal software jBatik (Foto: jBatik)

Tampilan awal ketika membuka jBatik, Anda akan meliahat kotak putih dan hitam. Tampilan ini merupakan dasar Anda ketika ingin memulai membuat motif batik. Kemudian Anda bisa ke menu library dan memilih beberapa motif bunga yang Anda suka.

Tampilan menu library menampilkan beberapa motif bunga (Foto: jBatik)

Setelah Anda memilih salah satu motif bunga, tampilan akan berubah menjadi seperti ini. Motif bunga akan mengisi pola dasar pada batik Anda. Selanjutnya, pilih satu motif lagi agar motif batik semakin terlihat.

Tampilan setelah memilih satu motif bunga lainnya (Foto: jBatik)

Pada akhirnya, motif batik sederhana Anda sudah jadi. Paduan kedua bunga membuat pola batik Anda sudah terlihat. Anda bisa segera mengunduh aplikasi jBatik jika ingin mengetahui lebih banyak lagi. Anda bisa bereksperimen dan mencoba sendiri mendesain batik sesuka hati Anda.

Namun, apakah metode modern ini akan menghilangkan metode tradisional pada pembuatan batik? Tentu saja tidak, metode ini bahkan akan sangat membantu proses pembuatan motif batik. Aplikasi ini hanya membantu dalam proses membuat desain, pengaplikasian pada busana batik, tetap dilakukan melalu metode menulis batik.

Hokky Situngkir, penemu batik fraktal menjelaskan bahwa seni tradisional batik tidak akan hilang dengan metode pembuatan desain modern ini. "Justru tidak menghilangkan, teknologi ini akan membantu pembuatan pola batik," ungkap Hokky, Senin (8/5).

#Motif Batik #Kain Batik #Software #Aplikasi #Inovasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan