Kini Hits, Tempat-Tempat Wisata yang Dahulunya Tambang Bukit Breksi di Yogyakarta, Bangkalan, Madura. (Foto: instagram/melanialaniwati)

INDONESIA sangat terkenal dengan destinasi wisata alamnya, terutama bahari dan pegunungan. Tapi tak melulu wisata alam, destinasi buatan juga sangat banyak dan patut dikunjungi. Selain itu, ada destinasi wisata hasil dari alih fungsi. Misalnya bekas pertambangan.

Area bekas pertambangan yang terbengkalai seharusnya direboisasi dan dimanfaatkan kembali. Nah, salah satunya menjadi destinasi wisata. Hal itu juga bisa menghilangkan bahaya tempat-tempat bekas tambang yang biasanya terbuka. Berikut tempat-tempat wisata yang dahulu merupakan sebuah tambang.

1. Bukit Jamur

 Bukit Jamur. (Intagram/muitkhusnul)
Bukit Jamur. (Intagram/muitkhusnul)

Bukit Jamur berada tepat di kawasan Jalur Pantura Deandels, Kecamatan Bungah, Gresik, Jawa Timur. Destinasi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah seperti Surabaya, Lamongan, Sidoarjo, bahkan dari Malang. Keindahan bentuknya sangat cocok untuk berselfie ria.

Aktifitas penambangan galian C di Bukit Jamur telah ada sejak tahun 2002, kemudian ditahun 2008. Batu-batuan bekas galian yang ada di perbukitan Bukit Kaliwot, Desa Bungah, Kecamatan Bungah itu, membentuk jamur raksasa akibat bebatuan terkikis oleh hujan.


2. Kandang Godzila

 Kandang Godzila destinasi di Kabupaten Tangerang. (Foto: Destinasi Indonesia)
Kandang Godzila destinasi di Kabupaten Tangerang. (Foto: Destinasi Indonesia)


Kandang Godzila berada di Kabupaten Tangerang, teatnya Kampung Koja, Desa Cikuya. Ada dua destinasi wisata yang instagramable di sana yaitu Tebing Koja alias Kandang Godzila dan Telaga Biru.

Dua destinasi wisata ini bukan bentukan alam, melainkan awalnya area pertambangan yang sudah terbengkalai. Dua tempat ini merupakan bekas galian tambang pasir yang sudah berhenti beroperasi sejak 2015. Cekungan bekas galian itu kemudian terisi air hujan, hingga menjadi telaga dengan warna biru indah.

3. Tebing Breksi

 Tebing Breksi kini jadi kawasan Taman Wisata Alam di Yogyakarta (Foto: instagram.com/heinoy)
Tebing Breksi kini jadi kawasan wisata hits. (foto: Instagram @kicel_yog)


Tebing Breksi terletak di perbatasan kabupaten Klaten dan DI Yogyakarta, tepatnya di dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Prambanan, Sleman. Posisinya sekitar 1 kilometer dari Candi Ijo, Prambanan.

Tebing Breksi merupakan bekas tambang batuan alam yang unik lengkap dengan panorama menarik. Bekas tambang itu kemudian atas kerjasama warga dan pemda Yogyakarta disulap jadi taman wisata. Pemerintah DI. Yogyakarta kemudian menggunakan Tebing Breksi sebagai tempat Jambore Pramuka.

4. Bukit Jaddih

 Wisata alam Bukit Jaddih Bangkalan, Madura. (FOTO Antara)
Wisata alam Bukit Jaddih Bangkalan, Madura. (FOTO Antara)


Bekas penambangan kapur ini terletak di Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Tebing-tebing bekas penambangan itu membentuk sebuah ornamen-ornamen yang memiliki nilai artistik. Destinasi ini sangat instagrammable dan populer di kalangan milenial.

Di area kawasan wisata unik Bukit Jaddih ini juga terlihat danau berwarna biru. Air danau yang terbentuk dari proses penambangan ini dipercaya bukan berasal dari air hujan yang tertampung, melainkan bersumber dari mata air yang ada di bebatuan cadar di dasar danau tersebut.


5. Danau Quarry

 Danau Quarry. (Foto: instagram.com/indahknissa)
Danau Quarry. (Foto: instagram.com/indahknissa)

Danau Quarry terletak di Kampung Nunggaherang, Desa Tegallega, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Danau ini merupakan bekas pertambangan pemecah batu untuk pembuatan beton.

Pemandangan yang disuguhkan oleh Danau Quarry tidak kalah dengan wisata alam terkenal lainnya. Meski Danau Quarry masih minim fasilitas sebagai sebuah destinasi wisata, tetapi cukup terkenal di kalangan anak-anak muda sebagai tempat untuk berselfie ria. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: 4 Pengalaman Perjalanan Paling Mendebarkan di Dunia

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH