Teknologi

Kini Hadir Inovasi Teknologi untuk Petambak Ikan

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 28 Februari 2020
Kini Hadir Inovasi Teknologi untuk Petambak Ikan
Petambak ikan bisa bekerja dengan mudah melalui kemajuan teknologi (Foto: Pexels/Oziel Gomez)

UMG Idealab, perusahaan Venture Capital (VC) mendukung salah satu startupnya, PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) pada acara peresmian FisTx. Berbasis aplikasi untuk sektor perikanan, FisTx diluncurkan di Balai Srigading Pantai Samas Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta pada 17 Februari 2020 lalu.

Menurut rilis yang diterima merahputih.com, peresmian bertajuk Demokratisasi Perikanan di Era Industri 4.0 ini dihadiri oleh pembudidaya ikan dan petani tambak udang di wilayah Sanden.

Baca juga:

Keren, Inovasi Teknologi Indonesia akan Dipamerkan di Jerman

FisTx memiliki keunggulan untuk melakukan pencatatan dan efisiensi dalam budidaya, serta akses bagi mitra dan target end user. Melalui platform ini petambak dapat mengetahui kondisi

Peresmian FisTx di Bantul, Yogyakarta (Foto: Istimewa)

tambak mereka dan mendapatkan rekomendasi perlakuan yang tepat dalam budidaya ikan dan udang.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan FisTx adalah FisTx Oasse Pond (kolam portable) Baracuda, FisTx Aquagram (alat ukur kualitas air autonom) yang dilengkapi dengan lima sensor.

Selain itu, platform ini juga memiliki probiotic dan multivitamin untuk menunjang kualitas budidaya yang mencakup FisTx Rhodoplus, FisTx Bactoplus, FisTx Super Aqua, dan FisTx Chemo Attraktant.

Baca juga:

Sudah Saatnya Perempuan Mengenal Teknologi

CEO PT MSMB Bayu Dwi Apri Nugroho mengatakan, sektor perikanan Indonesia memiliki potensi yang besar. "Lebih dari 15% wilayah administrasi tingkat desa atau kelurahan berada di tepi laut. Hampir 22% penduduk desa menggantungkan sumber penghasilan utama mereka pada sub sektor perikanan," jelasnya.

FisTx juga memudahkan pekerjaan para petambak udang (Foto: Pexels/Ella Hughes)

Namun, lanjut Bayu, tingkat produktivitas petambak udang terus menurun setiap tahun. Penyebabnya karena adanya penyebaran penyakit dan penanganan yang buruk terhadap limbah pada tambak. "FisTx hadir untuk memberikan solusi akan permasalahan ini," tambahnya.

Bayu pun bersama timnya memiliki misi untuk menjadi oase serta solusi yang holistik di sektor perikanan. FisTx hadir sebagai sahabat dan mitra pembudidaya ikan dan udang di Indonesia. "Sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan petambak ikan dan udang melalui inovasi teknologi," tukasnya. (ikh)

Baca juga:

CRT dengan Teknologi Multipoint Pacing Perbaiki Kualitas Hidup Pasien Gagal Jantung

#Teknologi #Perikanan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan