Kim Jong-un Kunjungi Rusia

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 12 September 2023
Kim Jong-un Kunjungi Rusia
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) menghadiahkan pedang kepada Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dikabarkan telah meninggalkan Pyongyang dengan kereta apinya untuk mengunjungi Rusia.

Lembaga Kantor Berita Korea Utara (KCNA) melaporkan, Kim akan bertemu dengan Presiden Vladimir Putin.

Baca Juga:

Bos Tentara Wagner Tewas dalam Kecelakaan Pesawat di Rusia, Tak Ada Penumpang Selamat

Kim meninggalkan ibu kota Korut itu pada Minggu (10/9), didampingi para pejabat terkemuka Partai Buruh Korea yang berkuasa, pemerintah dan organisasi angkatan bersenjata.

Laporan terbaru KCNA tidak memuat rincian tentang kunjungan Kim. Kantor berita Rusia, Tass, melansir, Putin tiba di Vladivostok pada Senin (11/9), di mana Forum Ekonomi Timur diselenggarakan.

Kim dan Putin terakhir bertemu pada April 2019 di kota yang terletak di timur Rusia tersebut.

Kunjungan kali ini adalah perjalanan internasional pertama Kim sejak saat itu, ketika Korea Utara menutup perbatasannya akibat pandemi virus korona.

Pertemuan dengan Putin akan menjadi pertemuan puncak pertama Kim dengan seorang pemimpin asing sejak Juni 2019, ketika ia bertemu dengan mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump di desa gencatan senjata antar-Korea Panmunjeom.

New York Times sebelumnya melaporkan, Kim akan bertolak ke Vladivostok dengan kereta lapis baja untuk bertemu Putin di tengah spekulasi bahwa Korea Utara mungkin akan memasok senjata ke Rusia untuk mendukung perangnya di Ukraina.

Baca Juga:

Pesawat Ruang Angkasa Rusia Luna-25 Tabrak Bulan

#Rusia #Perang
Bagikan
Bagikan