Kim Jong Nam Dibunuh Menggunakan Agen Gas Syaraf VX

Luhung SaptoLuhung Sapto - Jumat, 24 Februari 2017
Kim Jong Nam Dibunuh Menggunakan Agen Gas Syaraf VX
Kim Jong Nam (kanan), kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jon Un. (screenshot CNN )

Polisi Diraja Malaysia (PDRM) membeberkan laporan awal bahan kimia yang digunakan untuk meracun Kim Jong-nam berdasarkan analisa Jabatan Kimia Malaysia. Polisi menemukan jejak gas beracun di wajah kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tersebut.

Laporan awal itu disampaikan Kepala Polisi Negara PDRM Inspektur Jendral Tan Sri Dato Sri Khalid Bin Abu Bakar dalam siaran pers yang diterima wartawan di Kuala Lumpur, Jumat (24/2).

Khalid mengatakan Pusat Analisis Senjata Kimia Jabatan Kimia Malaysia telah menjalankan analisa awal terhadap area yang berada di sekitar mata (dry swab - eye mucosa) dan wajah (dray swab - face) korban.

"Hasil analisa telah diketahui pasti bahwa bahan yang digunakan adalah ethyl S-2-diisopropylaminoethyl methylphosphonotthiolate atau vx nerve agent. Vx dipercaya sebagai senjata kimia sesuai Chemical Weapons Convention Act Malaysia dan Chemical Weapons Convention (CWC) 1997," katanya.

Khalid menegaskan yang lain-lain masih dalam proses analisa dari Jabatan Kimia.

Kim Jong-nam meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit setelah jatuh sakit di Lapangan Terbang Antar Bangsa Kuala Lumpur (KLIA2) 13 Februari 2017. Autopsi terhadap jenasah dilakukan di Hospital Kuala Lumpur pada 15 Februari 2017.

Kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jung-un itu dilaporkan diserang dari arah belakang dengan menggunakan bahan kimia beracun saat akan check in menuju Macau.

Sumber: ANTARA

#Kim Jong Nam #Kim Jong Un #Korea Utara
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan