Kilas Balik Perjalanan Kebaya di Indonesia di Pameran 'Kebaja Saja' Pameran foto 'Kebaja Saja' mendukung kampanye 'Kebaya Goes To UNESCO'.(foto: Merahputih.com/Marcella)

TUJUH puluh tujuh foto tergantung rapi di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Selasa (30/8). Tampak para perempuan anggun dalam balutan kebaya nan indah duduk dan dipotret kamera. Kebaya itu hadir dalam berbagai motif dan warna. Semua potongannya berbeda, seakan melambangkan kekhasan pada tahun dan daerah saat gambar tersebut direkam.

Kebaya merupakan pakaian tradisi Indonesia yang telah hadir sejak lebih dari 100 tahun yang lalu. Dalam pameran foto Kebaja Saja, sebuah foto nan menyambut pengunjung dipotret pada 1910 dan diperkirakan diambil di Jawa. Gambar itu memperlihatkan dari tujuh perempuan yang memakai kebaya dan sarung batik. Foto ini merupakan koleksi dari KITLV, koleksi foto khusus Asia Tenggara dan Kepulauan Karibia di Universitas Leiden, Belanda.

BACA JUGA:

Dukung 'Kebaya Goes To UNESCO' Lewat Pameran Foto 'Kebaja Saja'

Saat menyusuri galeri sedikit lebih jauh, kamu bisa menemukan potret dari Kartini. Perempuan yang identik dengan perjuangannya untuk sesama perempuan Indonesia itu duduk bersama dua saudarinya, Kardinah dan Roekmini, yang juga turut memperjuangkan emansipasi wanita pada zaman itu. Foto dari koleksi KITLV itu dipotret Charls & Co pada 1902 di Semarang, Jawa Tengah. Di foto itu, ketiganya nampak memakai kebaya polos nan sederhana berwarna cerah.

kebaja saja
Potret Kartini dan saudarinya, serta Gusti Nurul bersama iparnya menjadi salah satu foto perempuan berkebaya di pameran Kebaja Saja.(foto: Merahputih.com/Marcella)

Tepat di bawahnya, tergantung potret Goesti Raden Adjeng Noeroel Koesoemowardani (Gusti Nurul), putri Mangkunegara VII, memakai kebaya bermotif bunga-bunga. Tangannya terlipat rapi di atas meja. Di sisi kiri-kanannya, ada Katidja dan Goesti Raden Adjeng Poetri Toeti. Potret tersebut diambil pada 1939 di Semarang.

Pada satu foto lain yang diambil pada 1940, Gusti Nurul terlihat sedang berbicara di depan mikrofon Asosiasi Radio Solo di Surakarta. Pada potret hitam putih itu, ia tampak tersenyum manis dan dibalut dalam kebaya polkadot dan sarung batik Jawa.

Di sudut kanan ruang pameran utama, ada potret besar seorang perempuan modern Indonesia yang kini telah go international, Agnes Monica. Foto jepretan pewarta foto Antara, Agus Apriyanto, itu memperlihatkan Agnes memakai kebaya brokat putih dari Roemah Pengantin Anne Avantie pada 2011 silam. Kebaya itu tentunya nampak lebih kaya akan motif, mengikuti perkembangan zaman serta tren.

BACA JUGA:

Mengenal Beragam Kebaya dan Keindahan Koleksi Produk Lokal

Saat acara pembukaan pameran foto, Ketua Bidang Budaya Pertiwi Indonesia Miranti Serad, menyatakan kebaya merupakan pakaian tanpa kelas yang bisa dipakai siapa saja dari golongan mana pun. Tidak ada sekat-sekat. Hal itu tampak dalam potret lima perempuan suku Baduy yang mengenakan kebaya berwarna biru tua kala mengikuti tradisi Ngaseuk, tradisi musim tanam di Desa Bojong Menteng, Lebak, Banten, pada November 2021.

Kebaya berwarna cerah juga digunakan banyak pelari perempuan komunitas IndoRunner dalam rangka menyambut Hari Kartini di Bali pada 2017 lalu. Foto itu seolah menunjukkan bahwa kebaya bisa digunakan dalam banyak situasi. Tak melulu harus ke kondangan atau acara formal saja. Bahkan, ada pula potret seorang perempuan warga negara asing yang memakai kebaya berwarna merah marun saat berselancar.

kebaja saja
.Kebaya pada zaman dulu nampak sederhana dan lebih polos.(foto: Merahputih.com/Marcella)

Pameran foto ‘Kebaja Saja’ atau yang dibaca 'kebaya saya' ini memberikan gambaran sekilas perjalanan kebaya dari abad ke-19 hingga masa kini. Meskipun zaman terus berkembang, nyatanya kebaya masih eksis hingga sekarang. Awalnya kebaya mayoritas memiliki potongan yang sederhana dan warna polos. Namun, saat zaman semakin modern, kebaya terus berkembang dengan warna, motif, serta potongan yang lebih modis.

Ada dua jenis kebaya, yaitu pakem adat dan modern. Pakem adat artinya ada jenis kebaya tertentu yang harus dipadupadankan bersama kain batik atau tenun. Nah, ada pula kebaya modern yang merupakan hasil akulturasi dan perkembangan zaman, misalnya kebaya encim. Di masa kini, kebaya dibuat dengan bahan nan beragam. Tidak melulu dari brokat, kebaya juga bisa terbuat dari bahan sifon dan satin.

Pameran foto Kebaja Saja merekam perkembangan tersebut. Bagi kamu yang ingin tahu, langsung kunjungi pameran foto ‘Kebaja Saja’. Ajang ini terbuka gratis untuk umum hingga 30 September nanti. Pameran yang digelar di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Pasar Baru, Jakarta Pusat, ini merupakan bentuk dukungan untuk kampanye 'Kebaya Goes To UNESCO' sekaligus merayakan HUT ke-77 RI. (mcl)

BACA JUGA:

Kebaya, Simbol Kelembutan dan Keteguhan Perempuan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Uniknya Eksperimen Makanan di SnackVideo
Fun
Uniknya Eksperimen Makanan di SnackVideo

SnackVideo hadirkan eksperimen menarik.

Kemendikbudristek dan UNICEF Terbitkan Modul Remaja Sehat Jiwa Raga
Fun
Kemendikbudristek dan UNICEF Terbitkan Modul Remaja Sehat Jiwa Raga

Terbit untuk menjawab beragam permasalahan kompleks yang terjadi di kalangan remaja terkait dengan isu pubertas, gizi, kebersihan, kesehatan, dan keamanan berinternet dan interaksi sosial

Mr. Bean akan Lelang Koleksi Mobil Retronya
Fun
Mr. Bean akan Lelang Koleksi Mobil Retronya

Mobil retro dengan sejarah panjang akan reli.

Alasan YoonA SNSD Tuai Banyak Perhatian Positif di ‘Big Mouth’
ShowBiz
Alasan YoonA SNSD Tuai Banyak Perhatian Positif di ‘Big Mouth’

YoonA melakoni karakter yang punya vibe girl crush yang membuat penonton dengan mudah jatuh cinta padanya.

Jualain Kak Jill dan Gordennya
Fun
Jualain Kak Jill dan Gordennya

Kak Jill begitu fenomenal dengan cara berjualannya di TikTok.

5 Tips Mudah Mengelola Sampah Rumah Tangga
Fun
5 Tips Mudah Mengelola Sampah Rumah Tangga

Aktivitas rumah tangga dari tahun ke tahun menjadi penyumbang angka terbesar untuk sampah nasional.

Kenali Ciri, Gejala, Penularan, Pencegahan, dan Penanganan Cacar Monyet
Fun
Kenali Ciri, Gejala, Penularan, Pencegahan, dan Penanganan Cacar Monyet

Cacar monyet kemungkinan bersirkulasi antara hewan mamalia, dengan sesekali menyebar ke manusia.

Film dan Drama Korea yang Cocok Ditonton Awal Tahun 2023
ShowBiz
Film dan Drama Korea yang Cocok Ditonton Awal Tahun 2023

Menghadirkan sejumlah film dan drama Korea yang menarik dari berbagai genre.

Umurmu akan Lebih Panjang Jika Bisa Tahan Berdiri Satu Kaki
Fun
Umurmu akan Lebih Panjang Jika Bisa Tahan Berdiri Satu Kaki

Penelitian ini diungkap di British Journal of Sports Medicine.

LOONA akan Comeback dengan 11 Anggota Tanpa Chuu
Fun
LOONA akan Comeback dengan 11 Anggota Tanpa Chuu

LOONA tetap berkarya tanpa Chuu.