Kilas Balik Aktifitas Komunitas Banteng Muda Sepanjang 2018 Banyu Biru Djarot, Ketua Umum KBM bersama jajaran.Foto: Dok KBM

MerahPutih.com - Perjalanan Komunitas Banteng Muda (KBM) sepanjang 2018 dilalui dengan kerja keras dan optimis. Organisasi pimpinan Banyu Biru Djarot ini selalu berperan dalam kehidupan sosial dan politik.

Sepanjang 2018, KBM turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan politik. Salah satunya adalah Pemilihan Gubernur Sumatera Utara. KBM memberikan dukungan kepada pasangan Djarot-Sihar. Bahkan, KBM meluncurkan Logo Kampanye Pasangan Djarot-Sihar yang diharapkan dapat mensasar generasi milenial.

Selain di Sumut, KBM juga memberikan kontribusinya saat Pilgub Jawa Barat (Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan) dan Pilbup Bogor (Fitri Putra Nugraha-Bayu Syah Johan).

Jajaran Pengurus Pusat Komunitas Banteng Muda. Foto: Dok KBM

Selain di kegiatan politik, KBM melalui Sekjen Lexyndo Hakim mendapatkan undangan untuk menjadi salah satu narasumber kegiatan #dengaryangmuda dengan tema Pemerintah Jokowi-JK Di Mata Pemuda.

Dalam diskusi tersebut, Lexy menyampaikan bahwa terhadap bertebarnya pelbagai macam isu yang seakan membentuk opini Presiden Joko Widodo (Jokowi) memusuhi umat Islam, adalah sebuah isu recehan.

KBM telah menganggap bahwa pemerintahan Jokowi sudah cukup memperhatikan aspek yang berkaitan dengan ekonomi kreatif termasuk perhatian industry usaha dikalangan anak-anak muda., seperti kedai kopi misalnya

"KBM menyampaikan pesan kepada pemerintahan Jokowi kalau selama ini Kerja, kerja, kerja, saat ini sudah dapat dirubah menjadi Kerja, Berdoa, Kerja. (Entah kebetulan atau apa, 2019 mendatang, pasangan wapres Jokowi, Kyai Maruf sangat mencerminkan kalau bekerja itu juga harus selalu disertai dengan doa)," ujar Lexy.

Sebagai bagian dari keluarga besar PDI Perjuangan, KBM ikut mensosialisasikan nomor urut 3 yang merupakan nomor urut resmi partai besutan Megawati Soekarnoputri di Pemilu 2019. KBM sendiri dengan Trijiwa-nya (Kemanusiaan-Kreatifitas-Kebaikan), juga menyesuaikan penyebutan ‘tri’ menjadi 3Jiwa, sesuai dengan nomor urut partai.

Di penghujung April 2018, KBM juga mengomentari terkait adanya persekusi yang dilakukan oleh sekelompok orang di Jalan Sudirman-Thamrin. KBM menyesalkan adanya gerakan yang cenderung politis di acara Car Free Day, dan percayakan pihak Kepolisian akan melakukan tindakan yang adil dalam menindak para pelaku, dan terhadap semua pihak, dapat mengambil hal ini sebagai pelajaran ke depannya.

Sekjen KBM, Lexyndo Hakim. Foto: Instagram

Memasuki bulan Ramadan, KBM mengadakan acara seru sekaligus ngabuburit dengan berkompetisi PS4 (playstation 4) Games FIFA 18, PES 2018 dan Mobile Legend., yang diselenggarakan selama 1 bulan di Nusa Kopi, Jakarta Selatan, dengan kategori usia dan diikuti lebih dari 60-an peserta.

Lepas dari agenda politik, KBM menggelar kegiatan social yaitu mendatangi teman-teman penderita thalassemia yang menjalani perawatan di RSCM, Jakarta.

Pemilu 2019 juga tidak disia-siakan oleh KBM. Sejumlah kader ikut bertarung memperebutkan suara rakyat. Salah satunya Ketua Umum KBM, Banyu Biru yang akan bertarung di Dapil 3 Jawa Timur sebagai anggota DPR RI, ada Tongari di Sumatera Selatan 1, Kirana Larasati (Jawa Barat 1), Irwansyah (Kepulauan Riau). Untuk tingkatan DPRD, ada Aldi Patria Oscha, Jarot Wijanarko, Shalimar Anwar Sani dan Jandi Satrio yang siap bertarung memperebutkan kursi di dapilnya masing-masing.

KBM memastikan mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin yang bakal berduel dengan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Salah satu kegiatan yang diikuti yaitu Derap Milenial 1708, yang dihadiri oleh beberapa anggota dan pengurus KBM serta relawan.

KBM mengajak warga bersatu lawan pembuat dan penyebar hoax. Lexy menyampaikan bahwa masyarakat mengalami darurat akal sehat, bahkan berita hoax itu bisa menimbulkan efek yang sangat negative dan berpotensi memprovokasi pihak lain.

Mengawali 2019, KBM akan memulainya dengan kepala tegak dan penuh kepercayaan diri. Mereka akan berjuang memanangkan PDIP, Jokowi-Ma'ruf. dan para kadernya yang menjadi caleg di Pemilu 2019.

Pengurus Komunitas Banteng Muda. Foto: Dok KBM
Pengurus Komunitas Banteng Muda. Foto: Dok KBM

Lexy berharap Pemilu yang digelar pada 17 April 2019 mendatang, menjadi momentum kebangkitan, puncak dari usaha yang telah dikerjakan, sehingga hasil terbaik yang akan didapatkan.

"Dengan semangat 45, jajaran pengurus dan anggota KBM diharapkan bisa terus sebarkan kebaikan, lupakan pamrih, Do Good Feel Good," tegas Lexy.

Pada 15 Desember tahun depan, KBM berusia lima tahun. Karena itu, KBM akan terus mengajak kita semua untuk mensyukuri hidup, berpikir positif dan terus tebarkan kebaikan, kembangkan jiwa social kemanusiaan dengan penuh kreatifitas, dalam bingkai 3jiwa KBM. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH