Kilang Balongan Meledak, DPR Segera Panggil Direksi Pertamina

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 29 Maret 2021
Kilang Balongan Meledak, DPR Segera Panggil Direksi Pertamina
Ledakan Kilang Minyak Balongan. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - PT Pertamina (Persero) diminta segera memberikan penjelasan terkait penyebab kebakaran Kilang Balongan di Indramayu, Jawa Barat, dan segera melakukan pemulihan operasi kilang agar distribusi bahan bakar berjalan lancar.

Wakil Ketua Komisi VII DPR Eddy Soeparno menegaskan pihaknya akan segera memanggil Direksi Pertamina untuk meminta penjelasan terkait kronologis kebakaran Kilang Balongan.

"Harus ada upaya pencegahan agar kasus serupa tidak terulang kembali," kata Eddy dalam keteranganya, Senin (29/3).

Baca Juga:

Ledakan Kilang Minyak Balongan, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Tak Terganggu

Corporate Secretary Subholding Refining Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya memastikan ktivitas distribusi pasokan bahan bakar minyak untuk masyarakat tidak terganggu dan tetap berjalan baik meski ada insiden kebakaran Kilang Balongan.

Tangki T301G Kilang Balongan terbakar sekitar pukul 00.45 WIB dini hari tadi. Penyebab kebakaran belum diketahui pasti, namun saat kejadian kondisi sedang turun hujan lebat disertai petir.

Kilang Minyak Balongan Indramayu. (Foto: Antara)
Kilang Minyak Balongan Indramayu. (Foto: Antara)

Ratusan warga melakukan evakuasi ke tempat aman menjauhi lokasi kebakaran. Mereka yang mengungsi merupakan warga dari Desa Balongan yang merupakan desa yang berlokasi paling dekat dengan tempat kejadian.

Rinciannya saat ini, ada sekitar 200 warga mengungsi ke Pendopo Kabupaten Indramayu, 400 warga di Islamic Center Indramayu, dan 350 warga di GOR Perumahan Bumi Patra.

Saat ini tengah dilakukan juga pemblokiran jalan menuju sekitar lokasi kejadian, dibantu oleh TNI. Tim Pertamina tengah melakukan upaya pemadaman dengan mendatangkan tim Healthy Safety, Security, dan Enviroment (HSSE) dari unit kilang terdekat, yakni Kilang Cilacap, Kilang Eksplorasi dan Produksi, Kilang Plaju. (Pon)

Baca Juga:

Ratusan Mengungsi, 15 Orang Luka Bakar Akibat Kebakaran Kilang Minyak Balongan

#Kilang Minyak #DPR #Pertamina
Bagikan
Bagikan