Kiat untuk Tetap Sehat saat Mengadapi Musim Pancaroba Persiapan menghadapi musim pancaroba. (Foto: Pixabay/pixel2013)

PERALIHAN musim penghujan menuju musim kemarau atau yang biasa disebut sebagai pancaroba nampaknya butuh perhatian khusus. Perubahan suhu yang signifikan bisa membuat kondisi tubuh kaget sampai memberikan reaksi tertentu. Tak jarang sebagian orang sering jatuh sakit di masa seperti ini. Kuman dan bakteri tertentu juga bisa mewabah kembali. Kamu tidak akan bisa menghindari musim pancaroba, tetapi kamu bisa menghindari dampak buruknya.

Melansir laman fishertitus.org, ada banyak cara untuk tetap sehat dan bugar di musim pancaroba. Kamu tidak perlu takut lagi menghadapi peralihan musim dan berhadapan dengan orang-orang yang sakit di masa ini. Simak keseluruhan artikel untuk mengetahui kiatnya.

Baca juga:

4 Penyebab Kamu Sering Buang Air Kecil Di Malam Hari

1. Asupan Gizi

Kiat untuk Tetap Sehat saar Mengadapi Musim Pancaroba
Perhatikan asupan gizi. (Foto: Pixabay/rawpixel)

Lupakan makanan yang tidak sehat sejenak. Di musim seperti ini ada baiknya kamu memberikan perhatian ekstra untuk asupan gizimu. Usahakan banyak mengkonsumsi sayur dan buah.

Protein yang cukup juga tidak boleh ketinggalan. Hindari jajanan kotor dan berlemak karena di musim pancaroba tubuhmu sudah sangat kelelahan untuk beradaptasi. Bantu tubuh dengan asupan gizi yang sehat dan optimal.

2. Obat dan Vitamin

Kiat untuk Tetap Sehat saar Mengadapi Musim Pancaroba
Tambahan vitamin sangat diperlukan. (Foto: Pixabay/silviarita)

Selain memperhatikan pola makanan, kamu juga memerlukan tambahan nutrisi dari vitamin. Jangan lupa menyiapkan obat-obatan untuk demam, pilek, dan radang.

Beberaa penyakit tersebut umum menyerang ketika musim peralihan. Sumber vitamin bisa didapatkan melalui sayur dan buah jika kamu tak terbiasa mengkonsumsi suplemen.

Baca juga:

Berlibur saat Musim Panas, Pastikan Bawa Barang Penting Ini

3. Perhatikan Jam Tidur

Kiat untuk Tetap Sehat saar Mengadapi Musim Pancaroba
Jangan sampai tubuh kekurangan tidur. (Foto Pixabay/stocksnap)

Jangan melewatkan jam tidur. Tubuhmu sudah sangat kelelahan melawan kuman dan bakteri yang kembali menyeruak di musim pencaroba. Jika kamu membiarkan tubuh kelelahan, penyakit akan semakin mudah masuk dan menyerang sistem imun.

4. Higienis

Kiat untuk Tetap Sehat saar Mengadapi Musim Pancaroba
Menjaga lingkungan rumah tetap higienis. (Foto: Pixabay/danielkirsch)

Menjaga kebersihan memang harus selalu diterapkan setiap hari. Tetapi ketika memasuki masa peralihan musim, ada baiknya kamu lebih giat menjaga kebersihan. Terutama lingkungan dalam rumah seperti kamar tidur dan dapur. (mar)

Baca juga:

Makanan Bernutrisi yang Diperlukan Saat Alami Patah Tulang



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH