Kiat Tetap Bugar, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Pemulihan Otot! Bantu pemulihan otot dengan makanan sehat. (Foto: Pixabay/composita)

PADA situasi seperti sekarang ini, bukan menjadi halangan untuk badan tetap sehat dan bugar. Kamu bisa melakukan berbagai jenis olahraga di rumah. Bukan rahasia lagi bahwa memiliki rutinitas olahraga yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan kita.

Baca juga:

Bekali Tubuh Perangi Virus Corona dengan 3 Zat Ini

Setelah melakukan kegiatan sehat ini, kita wajib memperhatikan jenis makanan yang akan kita konsumsi. Jika kamu banyak mengonsumsi makanan berlemak, rutinitas olahragamu tampaknya akan sia-sia. Melansir laman Health, berikut lima makanan yang dapat memulihkan otot setelah berolahraga.

1. Pisang

Kiat Tetap Bugar, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Pemulihan Otot!
Vitamin C pada pisang juga dapat memperkuat otot. (Foto: Pixabay/_Alicja_)

Pisang merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan cocok dikonsumsi baik sebelum maupun sesudah olahraga. Pisang mengandung karbohidrat dan potasium yang dapat membantu pemulihan otot setelah berolahraga. Kalium juga memiliki nutrisi yang berfunsi untuk merawat otot.

Mengonsumsi pisang dapat meningkatkan asupan kalium sebesar 487 miligram atau 10 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Vitamin C pada pisang juga dapat memperkuat otot, tendon, dan ligamen, serta menjaga sistem kekebalan tubuh saat olahraga.

2. Oatmeal

Kiat Tetap Bugar, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Pemulihan Otot!
Oatmeal merupakan sumber karbohidrat yang ideal untuk massa otot. (Foto: Pixabay/Pexels)

Pada 2016, jurnal Circulation mengatkan bahwa oatmeal menjadi pilihan makanan yang dapat dibuat bahkan dalam keadaan darurat sekalipun. Peneliti dari Universitas Harvard menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 33 gram biji-bijian setiap hari, dapat mengurangi risiko kematian sebesar sembilan persen.

Oatmeal merupakan sumber karbohidrat yang ideal untuk massa otot. Oatmeal juga kaya akan magnesium yang membantu memproduksi enegeri, merelaksasi pembuluh darah, dan mencegah serangan jantung.

Baca juga:

Buat Menu Makanan Sehatmu dengan Metode ABCDE

3. Teh Hijau

Kiat Tetap Bugar, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Pemulihan Otot!
Teh hijau menjadi sumber antioksidan. (Foto: Pixabay/appledeng)

Sebuah penelitian pada Oktober 2018 yang diterbitkan dalam Physiology and Behavior, menemukan bahwa pria yang mengonsumsi 500 miligram ekstrak teh hijau akan mengurangi tanda-tanda kerusakan otot setelah olahraga.

Teh hijau menjadi sumber antioksidan dan kaya akan polifenol yang dapat membantu mengatur kerusakan oksidatif selama latihan.

4. Biji Chia

Kiat Tetap Bugar, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Pemulihan Otot!
Biji chia memberikan rasa renyah jika dipadukan dengan oatmeal. (Foto: Pixabay/tetep_cs)

Biji chia memiliki tiga gram protein lengkap, yang berarti memiliki sembilan asam amino esensial. Biji chia juga mengandung magnesium, kalsium, serta lemak anti inflamasi yang membantu mendukung pemulihan setelah berolahraga.

Cara mengonsumsinya yakni tambahkan biji chia ke yogurt atau smoothie agar memberikan rasa renyah. Kamu juga bisa membuat pudding dari biji chia yang membutuhkan sedikit santan dan beberapa buah segar sebagai tambahan.

5. Blueberry atau raspberry

Kiat Tetap Bugar, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Pemulihan Otot!
Buah yang menjadi sumber karbohidrat dan sirtuin. (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

Bluberi dan raspberi adalah buah yang mengandung sumber karbohidrat dan sirtuin. Sirtuin adalah zat yang dapat mencegah kematian sel, membantu metabolisme, dan membantu pemulihan secara signifikan.

Blueberry mengandung berbagai mineral yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti mangan, tembaga, zat besi, kalium, dan zinc. Karena itu, mengonsumsi blueberry dapat membantu memberikan perlindungan terhadap kesehatan tulang sehingga jauh dari risiko tulang mudah patah. (and)

Baca juga:

4 Cara Efektif untuk Menurunkan Kebiasaan Makan di Malam Hari



Ananda Dimas Prasetya