Kiat Sukses Jadi Reseller Andal Menjadi reseller bisa menjadi alternatif menarik utk berwirausaha. (Foto: Unsplash/Windows)

MENJADI reseller bisa menjadi alternatif pilihan yang menarik buat kamu yang ingin menjadi wirausahawan pemula. Namun seperti ide bisnis online lainnya, bisnis reseller membutuhkan banyak kesabaran dan komitmen.

Bisnis reseller memungkinkan kamu menjual kembali produk ke pelanggan yang dibeli dari produsen. Model bisnis ini sangat terjangkau, menjadikannya pilihan yang bagus untuk wirausahawan baru.

Baca juga:

Kiat Penting Menjaga Produk Agar Selalu Layak

Sebagai reseller, pada dasarnya kamu adalah perantara antara produsen dan pelanggan. Kamu tidak dituntut untuk produksi sendiri barang yang akan dijual kepada pelanggan. Malah kamu memiliki banyak pilihan produk untuk kamu pilih untuk ditawarkan. Toko online reseller kamu dapat berkembang tanpa biaya inventaris yang mahal, biaya tambahan, atau biaya pengiriman yang tinggi.

Buat kamu yang baru ingin terjun menjadi seorang reseller handal, laman The Work at Home Woman menyarankan kamu melakukan beberapa hal ini, antara lain:

1. Bersikap jujur

1
Dituntut untuk selalu terbuka 100 persen. (Foto: Unsplash/Andrew Butler)

Kejujuran selalu menjadi hal yang paling penting saat kamu mencoba memulai bisnis apa pun. Hal yang sama berlaku untuk siapa pun yang serius ingin menjual kembali barang. Sangat mudah untuk membeli barang yang tampaknya sempurna, namun setibanya di rumah, kamu menemukan bagian yang cacat. Praktis barang tersebut menjadi tidak berharga.

Jangan khawatir karena mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba menjualnya kembali. Namun kamu dituntut untuk selalu mencoba untuk selalu terbuka 100 persen di awal tentang kerusakan yang ada pada item yang ingin kamu coba jual kembali. Jika kamu tidak jujur, tidak butuh waktu lama untuk kamu mendapatkan reputasi sebagai pembohong atau penjahat.

Saat ini, berjualan lewat internet dari rumah adalah salah satu bentuk usaha yang paling nyaman dan berbiaya rendah. Satu respon negatif bisa merusak reputasi kamu sebagai penjual. Tidak hanya dapat menguras antusiasme dan kepercayaan diri kamu, namun juga bisa menjadi pengingat bagi pembeli lain untuk tidak berbelanja melalui kamu.

2. Bersikap profesional

2
Tanggapi pembeli dengan baik dan tepat. (Foto: Unsplash/NordWood Themes)

Sebagai reseller bersiaplah untuk hal yang tidak terduga. Meskipun nyaman dan mudah mencari uang di balik layar komputer, usahakan agar tidak mudah terpancing melakukan hal-hal yang dapat merugikan pelanggan dan diri sendiri.

Jika kamu mulai tergoda untuk melakukan langkah-langkah yang tidak seharusnya, kamu disarankan untuk beristirahat. Manfaatkan bisnis internet kamu dan keluarlah untuk mencari udara segar untuk menjernihkan pikiran. Setelah pikiran sudah lebih rasional, tanggapi pembeli dengan baik dan tepat.

Jarang sekali kamu menghadapi situasi yang membuatmu merasa perlu mengambil waktu istirahat. Selama kamu jujur, tidak akan ada masalah antara kamu dan pembeli.

Baca juga:

Wahai Pembeli Belanja Daring, Budayakan Membaca Dong

3. Beli dengan harga rendah

3
Kendalikan rasa ego. (Foto: Unsplash/Ibrahim Rifath)

Ini adalah kunci ketika kamu ingin mendapat untung yang layak dari menjual kembali barang. 'Beli rendah dan jual tinggi' adalah moto yang ingin kamu tanamkan di pikiran kamu.

Selama harganya rendah, kamu juga boleh bertaruh pada barang yang sebenarnya kamu tidak yakini. Kamu untung beberapa, kamu rugi beberapa. Hanya saja, jangan rugi terlalu banyak.

Lelang yang dilakukan secara langsung adalah salah satu tempat paling mengerikan karena kamu bisa terjebak dengan terlalu banyak membayar barang. Di sisi lain, kamu bisa mendapatkan beberapa temuan bagus dengan harga yang sangat rendah di acara lelang. Kamu cuma perlu tahu bagaimana mengendalikan ego kamu.

4. Selalu memilah

4
Jangan terikat secara emosional. (Foto: Unsplash/Drew Beamer)

Mungkin sulit untuk melewatkan beberapa barang menarik. Namun kembali lagi semua bergantung pada rencana kamu apa yang ingin kamu jual. Walaupun terlihat sempurna di mata kamu, ingatkan diri kamu ini bukan untuk kamu. Jangan membeli apa pun barangnya yang harganya beda tipis dengan harga yang bisa kamu jual.

Terlepas seberapa keren atau uniknya suatu barang menurut kamu, barang ini menjadi bernilai jika orang lain bersedia untuk membayarnya. Orang sukses menjadi reseller biasanya selalu memiliki satu kesamaan: mereka tidak memiliki keterikatan secara emosional dengan apa yang mereka beli untuk dijual kembali.

5. Jangan Membodohi diri sendiri

5
Harga harus menutupi biaya lain. (Foto: Unsplash/Brooke Cagle)

Tidak sedikit orang yang tidak suka dikenakan biaya pengiriman. Sebenarnya tidak masalah menawarkan pengiriman gratis kepada pelanggan. Namun kamu mungkin harus menaikkan harga barang untuk menutupi biaya pengiriman, persediaan barang, dan biaya artikel yang harus dibayar untuk membeli.

Jika kamu akan menawarkan pengiriman gratis, pastikan kamu masih menyisakan ruang untuk mendapatkan margin keuntungan yang layak. Jika tidak, kamu hanya membantu semua orang kecuali diri kamu sendiri, yang akan membuat kamu gulung tikar. (lgi)

Baca juga:

Cara Mengkritik Bisnis Teman Tanpa Membuatnya Baper

Penulis : Leonard Leonard
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Yuk Mulai Rutin Jogging!
Fun
Yuk Mulai Rutin Jogging!

Jogging memiliki segudang manfaat kesehatan.

Tetap Tenang, Kunci Selamat saat Gempa Bumi
Hiburan & Gaya Hidup
Tetap Tenang, Kunci Selamat saat Gempa Bumi

Pengetahuan keselamatan saat menghadapi gempa bumi amat penting dipahami warga Indonesia.

Geser Apple dan Huawei, Samsung Pimpin Pasar Smartphone Global
Fun
Geser Apple dan Huawei, Samsung Pimpin Pasar Smartphone Global

Geser Apple dan Huawei, Samsung Pimpin Pasar Smartphone Global

3 Pesohor ini Memilih Melajang
ShowBiz
3 Pesohor ini Memilih Melajang

Tiga perempuan ini masih melajang dan mandiri.

Apakah Sudah Saatnya Kamu Punya Usaha Sendiri?
Fun
Apakah Sudah Saatnya Kamu Punya Usaha Sendiri?

Sebelum memulai bisnis ketahui dulu hal ini.

Tape Storage 400 Terabyte, Mampu Kalahkan Hardisk di Masa Depan?
Fun
Tape Storage 400 Terabyte, Mampu Kalahkan Hardisk di Masa Depan?

Tentu kapasitas memori ini sangat besar, bagaimana bisa?

Uji Penyebaran Virus, Konser Padat Penonton Sengaja Digelar
Hiburan & Gaya Hidup
Uji Penyebaran Virus, Konser Padat Penonton Sengaja Digelar

Konser ini adalah bagian dari eksperimen guna mengidentifikasi titik transmisi di tempat pertunjukan musik.

Suntik Botox Kecantikan Dapat Mengurangi Depresi Secara Signifikan
Hiburan & Gaya Hidup
Suntik Botox Kecantikan Dapat Mengurangi Depresi Secara Signifikan

Depresi secara signifikan lebih jarang lewat suntikan Botox.

Trie Utami dan Tompi Hadirkan Lagu Kolaborasi 'Kamu'
ShowBiz
Trie Utami dan Tompi Hadirkan Lagu Kolaborasi 'Kamu'

Musisi ternama Trie Utami dan Tompi, menghadirkan sebuah kolaborasi spesial

Power Ranger Universe Menghadirkan Semua Karakternya
ShowBiz
Power Ranger Universe Menghadirkan Semua Karakternya

Mighty Morphin Power Rangers adalah serial adaptasi pertama yang dipublikasikan oleh Saban di 90-an.