Relationship
Kiat Move On dari Kegagalan Hubungan dan Mantan Kita semua memiliki kemampuan luar biasa untuk bangkit dari perpisahan yang paling sulit sekalipun. (Foto: freepik/freepik)

BANYAK orang datang ke terapi karena mereka terluka dari hubungan yang tidak berakhir dengan baik. Mereka mungkin mengatakan hal-hal seperti, 'saya berharap bisa kembali ke masa lalu untuk membuat segalanya menjadi berbeda' atau 'saya tidak tahu bagaimana saya bisa bertahan tanpa mereka dalam hidup saya'.

Namun, kenyataannya ialah kita semua memiliki kemampuan luar biasa untuk bangkit kembali bahkan dari perpisahan yang paling sulit sekalipun. Berikut tiga teknik yang dapat kamu gunakan untuk melawan rasa sakit dari hubungan yang gagal seperti dirangkum dari Psychology Today.

BACA JUGA:

4 Zodiak yang Mudah Menyerah dalam Hal Percintaan

1. Kegagalan? Tergantung siapa yang melihatnya

move on
Sebisa mungkin hindari memberikan penilaian saklek pada hubungan masa lalu. (Foto: freepik/ArtPhoto_studio)

Istilah 'hubungan yang gagal' sesungguhnya keliru. Tentu, hubungan mungkin tidak berjalan seperti yang kita harapkan, tetapi itu tidak membuat mereka gagal. Sayangnya, otak kita memiliki kecenderungan untuk mengkategorikan orang, peristiwa, dan hal-hal ke dalam kategori konkret, hitam-putih. Ini membantu kita memahami dunia yang berantakan dan sarat informasi yang kita tinggali.

Dalam kasus 'hubungan yang gagal', penting untuk diingat bahwa selalu ada lebih banyak nuansa situasi daripada yang kamu ingat. Hubungan yang gagal sering kali memiliki kesuksesan kecil mereka sendiri. Mungkin kamu belajar sesuatu tentang diri yang tidak diketahui sebelum menjalin hubungan. Mungkin kamu melakukan aktivitas, hobi, atau rutinitas baru karena hubungan tersebut. Mungkin kamu melihat bagian baru dunia atau menemukan kebiasaan kesehatan baru. Mungkin kamu memiliki gagasan yang lebih baik tentang apa yang ingin kamu lihat dalam hubungan selanjutnya.

Sebisa mungkin hindari memberikan penilaian saklek pada hubungan masa lalu, seperti mengatakan 'X' berhasil atau 'Y' gagal. Sebaliknya, terimalah nuansa yang dapat ditemukan dalam hubungan masa lalu dan belajarlah dari setiap pengalaman, yang baik dan yang buruk.

2. Gunakan hubungan masa lalu sebagai katalis untuk perubahan

sedih
Sadari kegagalan lalu gunakan sebagai bahan bakar untuk pertumbuhan diri. (Foto: freepik/rawpixel.com)

Dua hal bisa terjadi setelah kita mengalami kegagalan atau kemunduran. Kita dapat melepaskan diri dari peluang masa depan untuk perbaikan diri, atau menyadarinya lalu menggunakan kegagalan sebagai bahan bakar untuk pertumbuhan diri.

Cobalah yang terbaik untuk mengikuti langkah kedua. Jika kamu kesulitan menemukan motivasi untuk bangkit kembali setelah putus cinta yang buruk, terapi dapat membantu. Seringkali, apa yang akan membantu kamu bersama dengan bantuan profesional kesehatan mental adalah bahwa kamu terlalu banyak menyalahkan diri sendiri atas jalannya peristiwa yang menyebabkan perpisahan.

BACA JUGA:

4 Tanda Kamu sedang Berada dalam Hubungan yang Tidak Pasti

Kamu mungkin meremehkan seberapa banyak lika-liku kehidupan yang berada di luar kendalimu. Cara berpikir ini dapat menyebabkan masalah dalam domain lain juga, seperti dalam pengasuhan dan pengejaran profesional.

Sangat menghibur untuk mengingatkan diri kita sendiri bahwa kita tidak dapat mengendalikan masa depan. Kita tidak bisa mengontrol pilihan yang dibuat orang lain. Kita tidak bisa memaksakan diri menjadi kenyataan yang mungkin terjadi atau tidak.

Yang bisa kita kendalikan adalah pikiran, emosi, tindakan, dan perilaku kita. Semakin baik kita dalam memandu kapal kita sendiri, semakin sedikit kita terpengaruh oleh hal-hal di luar kendali kita.

3. Jangan berikan romansa lebih daripada yang seharusnya

woman

Penting juga untuk diingat bahwa semua hubungan kehidupan bermakna. (Foto: freepik/jcomp)

Penting juga untuk diingat bahwa semua hubungan kehidupan bermakna. Jadi, ketika kita berbicara tentang 'hubungan yang gagal', itu tidak harus berarti romansa yang gagal. Kita dapat mengalami perpisahan karier atau keretakan keluarga yang memengaruhi kita sedalam romansa yang hilang.

Selain itu, ketika kita mengalami perpisahan yang buruk, kita dapat menemukan kenyamanan dalam hubungan yang kita bagi dengan anggota keluarga, teman, dan rekan kerja. Jadi, berhati-hatilah untuk tidak menempatkan kehidupan cinta sedemikian rupa sehingga kamu mengasingkan hubungan dengan orang-orang terdekat lain. Sebaliknya, berhati-hatilah untuk tidak mengasingkan pasangan romantismu dengan berinvestasi terlalu banyak dalam hubungan lain.

Salah satu kunci hidup sehat, dan umur panjang, adalah menumbuhkan dan mempertahankan banyak poin kuat dari kontak sosial. Hargai ikatan yang kamu miliki dengan semua orang dalam hidup dan komunitas. Lakukan yang terbaik untuk membantu orang lain ketika kamu bisa. Kekuatan yang kita peroleh dari hubungan kita dengan orang lain mungkin merupakan sumber daya kita yang paling kuat, dan tentu saja penangkal terbaik untuk melewati hubungan yang gagal.(aru)

BACA JUGA:

4 Red Flag di K-drama yang Mesti Kamu Hindari di Kehidupan Nyata

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
 TokoNFT Jadi Marketplace yang Mengadopsi Sistem Blockchain dan Cryptocurrency
Fun
TokoNFT Jadi Marketplace yang Mengadopsi Sistem Blockchain dan Cryptocurrency

TokoNFT merupakan karya anak bangsa dari Prov. Kep. Bangka Belitung

Jangan Asal Ucap Mantra di 'Jailangkung: Sandekala'
ShowBiz
Jangan Asal Ucap Mantra di 'Jailangkung: Sandekala'

'Jailangkung: Sandekala' tayang 22 September 2022.

LPA di Jakarta Fashion Week 2023, Menerjemahkan Revorm/Revive ke Aksesori
Fashion
LPA di Jakarta Fashion Week 2023, Menerjemahkan Revorm/Revive ke Aksesori

LPA merupakan sebuah wadah bagi para perancang aksesori untuk menunjukkan ide, kreasi, dan bakat.

Menilik Koleksi Jam Tangan Mewah Ratu Elizabeth II
Fun
Menilik Koleksi Jam Tangan Mewah Ratu Elizabeth II

Patek Philippe jadi merek favorit mendiang Ratu Elizabeth II.

Wikipedia tak Akui NFT sebagai Karya Seni
Hiburan & Gaya Hidup
Wikipedia tak Akui NFT sebagai Karya Seni

Akan jauh lebih sederhana memisahkan NFT ke kategorinya sendiri.

Idaman Perempuan, Para Pesohor Hollywood ini Sangat Setia dengan Pasangannya
ShowBiz
Idaman Perempuan, Para Pesohor Hollywood ini Sangat Setia dengan Pasangannya

Dari aktor hingga musisi, mereka sangat mencintai pasangannya.

The Boyz Ungkap Kesan Menarik Tentang Indonesia
ShowBiz
The Boyz Ungkap Kesan Menarik Tentang Indonesia

The Boyz terkesan dengan Indonesia.

Dampak Mengonsumsi Makanan Manis Berlebihan Sebelum Tidur
Fun
Dampak Mengonsumsi Makanan Manis Berlebihan Sebelum Tidur

Kenali dampak mengejutkan mengonsumsi makanan manis sebelum tidur

Tiongkok Bikin Bulan Buatan
Hiburan & Gaya Hidup
Tiongkok Bikin Bulan Buatan

Menyimulasikan lingkungan gravitasi rendah.

Toyota Innova Hybrid Segera Rilis
Hiburan & Gaya Hidup
Toyota Innova Hybrid Segera Rilis

Project mobil Toyota Innova versi Hybrid tengah persiapan produksi lokal