Selebritas

Kiat Mengelola Finansial Keluarga ala Mona Ratuliu dan Indra Brasco

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 29 Juni 2022
Kiat Mengelola Finansial Keluarga ala Mona Ratuliu dan Indra Brasco
Mona dan Indra kompak dalam mengelola finansial. (Foto: Instagram/@monaratuliu)

KELUARGA cerdas berarti bisa mengelola finansial dengan baik. Kebutuhan harian sebuah keluarga tentu amat beragam. Oleh karena itu, dibutuhkan kiat-kiat nan tepat agar keuangan tidak jebol sampai tanggal tua tiba.

Pasangan selebriti Mona Ratuliu dan Indra Brasco dalam diskusi virtual bertajuk 'Keluarga Kompak Tanpa Batas Bersama ShopeePay', Rabu (29/6) memiliki beberapa tips untuk keluarga dalam mengelola finansial. Menurut mereka, hal terpenting pertama dalam mengelola finansial keluarga ialah membuat pos budget.

Baca Juga:

Begini Cara Mengelola Keuangan ala Raditya Dika

Menentukan jumlah pengeluaran pada tiap pos budget ini gampang-gampang susah. Sebab, jika salah perhitungan, jatah biaya untuk pos lain malah bisa minus. Oleh karena itu, pos budget harus dibuat sesuai kebutuhan.

Mona melibatkan sang buah hati dalam mengelola finansial. (Foto: Instagram/@monaratuliu)

Mona menekankan bahwa setiap keluarga pasti memiliki kebutuhan dan rencana keuangan yang berbeda-beda. Untuk itu, suami dan istri ada baiknya mendiskusikan terlebih dahulu besaran pos budget sesuai dengan tujuan keluarga masing-masing.

Ketika mengelola keuangan keluarga, keduanya menerapkan strategi alokasi budget berdasarkan kategori kebutuhan agar pengeluaran bisa lebih terkendali. "Jadi, setiap bulannya aku buat rancangan pos budget, mulai dari kebutuhan harian, tabungan dan investasi, dana pendidikan, rekreasi dan hiburan, biaya transportasi, hingga kebutuhan esensial lainnya," ujar Mona.

Baca Juga:

Kesalahan Finansial Generasi Milenial, Kamu Pernah yang Mana?

Untuk memenuhi kebutuhan transfer nan beragam tersebut, Mona memanfaatkan fitur transfer pada sebuah aplikasi uang elektronik. Fitur tersebut menurut Mona bisa mentransfer uang berkali-kali tanpa biaya administrasi.

Tak hanya itu, aplikasi tersebut juga bisa menampilkan riwayat transaksi yang sudah terjadi. Dengan begitu, seluruh pengeluaran keluarga Mona jadi transparan. "Sehingga proses pengelolaan keuangan pun makin teratur dan terukur," ujarnya.

Mona dan Indra dalam acara bincang finansial bersama ShopeePay. (Foto: ShopeePay)

Keadaan finansial Mona dan Indra makin stabil karena kekompakan mereka. Indra pun menyarankan agar seluruh anggota keluarga terlibat dalam mengelola keuangan. Bagi Indra, kerja sama dan saling percaya merupakan salah satu kunci untuk mencapai perencanaan keuangan keluarga yang kuat.

Seperti saat mengajari sang buah hati dalam mengatur keuangan. Indra dan Mona percaya anak-anaknya bisa memanfaatkan keuangan mereka dengan sebaik-baiknya. "Saya dan Mona selalu berusaha untuk melibatkan anak-anak dalam mencapai tujuan finansial bersama dengan sesekali memberikan kepercayaan kepada mereka untuk mengatur keuangan masing-masing," ujar Indra.

Namun, layaknya sebuah tim, dalam keluarga juga tentu memerlukan pembagian tugas yang jelas. Kalau untuk urusan keuangan keluarga, Indra memercayakan Mona yang memang lebih teliti dalam mengatur pengeluaran dan pemasukan. Mona juga memahami secara detail mengenai kebutuhan keluarga, dan tentunya cerdas memilih promo yang menguntungkan. (ikh)

Baca Juga:

Keadaan Finansial Harus Fit

#Selebritas
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan