Smartphone
Kiat Memotret Keindahan Malam dengan Ponsel Kamera Vivo X70 Pro hadir dengan fitur Real-Time Extreme Night Vision. (Foto: Unsplash/Nathan Anderson)

PENGAMBILAN foto maupun video pada kondisi rendah cahaya dengan smartphone seringkali menjadi tantangan tersendiri. Minimnya pencahayaan membuat hasil gambar tampak blur dan berkurang ketajamannya. Bahkan tantangan lainnya pengguna harus dapat menerka presisi objek yang akan di foto karena preview layar kamera tidak mendukung.

Menjawab tantangan ini, Vivo X70 Pro hadir dengan fitur Real-Time Extreme Night Vision dalam mempermudah pengambilan foto di kondisi minim cahaya. Fitur ini memberikan preview real-time akan objek yang ingin ditangkap. Fitur ini juga dapat mengatur intensitas kecerahan yang diinginkan dan informasi durasi waktu pengambilan gambar, sehingga membantu pengguna melihat preview secara real-time ketika akan memotret keindahan malam.

Baca Juga:

Objek Segelap Apapun akan Jadi Ciamik dengan Night Filter

"Tidak hanya fotografi daylight, kami juga ingin menjawab tantangan kondisi minim cahaya maupun malam hari melalui fitur Real-Time Extreme Night Vision dan fitur kamera malam lainnya," ujar Hadie Mandala, Product Manager vivo Indonesia dalam rilis pers yang diterima merahputih.com.

Selain itu, ponsel ini juga didukung dengan kemampuan kamera untuk fotografi malam hari lebih profesional lainnya. Ada beberapa tips untuk mendapatkan foto indah di malam dengan memaksimalkan fitur ini, misalnya:

1. Teknologi preview secara real-time

Mengambil gambar di malam hari memiliki tantangan tersendiri. (Foto: Unsplash/Lewis Nguyen)

Mengambil gambar di malam hari memiliki tantangan tersendiri, kamu pasti sering kesulitan mendapatkan hasil dengan tingkat kecerahan yang sesuai dengan objek asli. Melalui Real-Time Extreme Night Vision kamu dapat mengatur tingkat presisi objek dan exposure compensation.

Sebab secara langsung kamu dapat melihat preview gambar dan informasi durasi waktu pengambilan secara real-time sebelum pengambilan gambar dilakukan. Sehingga, kini kamu tidak perlu mengambil gambar hanya berdasarkan intuisi.

2. Jaga kamera agar tetap stabil

Kestabilan tangan sangat dibutuhkan. (Foto: Unsplash/Dan Silva)

Menggunakan fitur Night Mode membutuhkan durasi waktu 2-16 detik agar AI dapat memproses gambar dengan menggabungkan beberapa jepretan hasil foto dalam berbagai exposure, sehingga menghasilkan foto objek dengan detail dan warna yang lebih tajam. Dalam rentang waktu tersebut, kestabilan tangan sangat dibutuhkan.

Untuk mengatasinya, kamu cukup mengaktifkan Tripod Detection pada filter Night Mode di bagian kiri atas. Mode ini merupakan bagian dari Ultra-Sensing Gimbal Camera yang mengintegrasikan Gimbal Stabilization 3.0 dan VIS 5-Axis Ultra Stable Video. Fungsinya untuk menjaga stabilitas kamera.

Selain itu, AI Noise cancelling mampu mengatasi goncangan atau pengambilan gambar saat bergerak, sehingga menghasilkan gambar yang tetap stabil, tajam, minim noise, bahkan saat cahaya gelap sekalipun.

Baca Juga:

realme Narzo, Performa Tinggi Harga Kompetitif

3. Manfaatkan filter cahaya pada bagian 'Mode Style'

Bermainlah dengan cahaya. (Foto: Unsplash/Julie Tupas)

Saat foto malam hari, aktivitas yang paling menarik dilakukan adalah bermain dengan cahaya. Dengan memilih fitur Style pada bagian Night Mode, kamu langsung mendapat beberapa pilihan efek pengaturan cahaya antara lain : Cyberpunk, Black and Gold, Dreamy Spotlight, Textured and White, Blue Ice, Green Orange, Dark Red, Blue Orange dan Silver Orange.

Melalui filter ini kamu dapat menyesuaikan tone foto mengikuti masing filter mulai dari monochrome hitam putih, hingga menonjolkan indahnya warna merah di kegelapan. Dengan memanfaatkan filter tersebut, kreasi yang diciptakan pun menjadi tidak terbatas.

4. Kreasikan idemu dengan efek foto 'Flash Smartphone'

Gelapnya malam bisa menjadi kanvas yang indah bagi cahaya lampu. (Foto: Unsplash/Akshar Dave)

Gelapnya malam bisa menjadi kanvas yang indah bagi cahaya lampu. Kamu dapat berkreasi mewujudkan ide kreatif dengan menggunakan efek foto Flash Smartphone, yang disebut Portrait Party. Ketika menggunakan efek ini, kamu hanya perlu memilih bagian Portrait, lalu Style, dan mengaktifkan filter Party.

Saat mengambil gambar, kamu akan mendapatkan instruksi untuk menggoyangkan smartphone, setelah itu saatnya kamu melukis keindahan cahaya di malam hari dalam sebuah foto. (ikh)

Baca Juga:

Ponsel realme X3 SuperZoom Siap Diluncurkan, Intip Spesifikasinya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Potret Buram Kanker di Indonesia: Tunggu Antrean Hingga Dua Tahun
Fun
Potret Buram Kanker di Indonesia: Tunggu Antrean Hingga Dua Tahun

Pasien kanker meninggal sebelum dapat penanganan

Ternyata Laba-Laba Takut dengan Sesamanya
Fun
Ternyata Laba-Laba Takut dengan Sesamanya

Arachnophobia ternyata juga dirasakan oleh sesama laba-laba.

Ketakutan 5 Zodiak Ini saat Kencan Pertama
Fun
Ketakutan 5 Zodiak Ini saat Kencan Pertama

Ada beberapa alasan yang membuat lima zodiak ini takut dengan kencan pertama.

Mengenal Selfitis, Perilaku Kecanduan Swafoto
Fun
Mengenal Selfitis, Perilaku Kecanduan Swafoto

Swafoto berlebihan juga tidak bagus bagi mental seseorang.

Kulit Cantik Alami dengan Minyak Zaitun
Fun
Kulit Cantik Alami dengan Minyak Zaitun

Cantik cukup bermodalkan minyak zaitun.

Limbah Pangan Indonesia hingga 31 Ton Per Tahun jadi Tantangan Insinyur Pangan ITB
Fun
Limbah Pangan Indonesia hingga 31 Ton Per Tahun jadi Tantangan Insinyur Pangan ITB

Insinyur pangan juga berperan dalam menemukan solusi.

3 Penyebab Alergi Memburuk di Malam Hari
Fun
3 Penyebab Alergi Memburuk di Malam Hari

Alergi bisa memburuk ketika malam tiba.

Jangan Berlebihan Minum Air Kelapa, Mengapa?
Hiburan & Gaya Hidup
Jangan Berlebihan Minum Air Kelapa, Mengapa?

Tidak semua nutrisi didapat dari air kelapa.

Pikir Ulang Sebelum Renovasi Rumah Supaya Nilainya Tidak Merosot
Fun
Pikir Ulang Sebelum Renovasi Rumah Supaya Nilainya Tidak Merosot

Beberapa renovasi rumah yang pada akhirnya dapat merusak nilai bang

Ryan Tedder Kasi Bocoran Album Comeback Blackpink
ShowBiz