Kesehatan Mental

Kiat Memilih Olahraga Tepat selama Ramadan

Andrew FrancoisAndrew Francois - Jumat, 24 Maret 2023
Kiat Memilih Olahraga Tepat selama Ramadan
Puasa juga tetap bisa berolahraga. (Foto: Muslim Pro)

GURU Besar Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS, membagikan kiat memilih olahraga dan berolahraga yang tepat selama menjalankan puasa pada bulan suci Ramadan.

Hardinsyah, seperti dikutip ANTARA, Kamis (23/3), menilai saat berpuasa, seseorang memiliki dua tujuan berolahraga, yakni mempertahankan massa otot pada tubuh idealnya, dan menurunkan berat badan.

"Saat puasa yang dibakar oleh tubuh adalah cadangan lemak dan air, tapi, bisa jadi massa otot juga ikut berkurang. Itu tergantung aktivitas fisik kita selama berpuasa," Hardinsyah mengatakan.

Baca juga:

Sempatkan Olahraga Setelah Berbuka Puasa

Hindari dehidrasi saat berpuasa. (Foto: Muslim Pro)

Bagi seseorang yang telah memiliki tubuh ideal, dan hanya ingin mempertahankan atau meningkatkan massa otot, olahraga angkat beban sangat dianjurkan. Ia juga menilai olahraga sederhana yang melibatkan kekuatan otot, seperti push up, sit up, dan berbagai jenis squat dapat menjadi solusi.

Sementara, bagi umat Islam yang berfokus menurunkan berat badan selama Ramadan, mereka bisa memilih olahraga kardio sederhana, misalnya kombinasi jogging dengan lari kecil, berjalan, olahraga intensitas tinggi, dan aerobic.

Sementara, bila pembakaran lemak juga ingin disertai pembentukan otot, Hardinsyah menyarankan penambahan aktivitas angkat beban dan olahraga lain.

Baca juga:

Lakukan Ini Supaya Enggak Dehidrasi Saat Olahraga di Bulan Puasa

Kurangi intensitas berolahraga saat berpuasa. (Foto: Unsplash/Gabin Vallet)

Meski tetap dianjurkan saat berpuasa, intensitas olahraga juga perlu diperhatikan. Hardinsyah mencontohkan, bila sebelumnya seseorang terbiasa berolahraga selama 40 menit dalam sehari, maka selama bulan puasa dianjurkan berolahraga sekitar 20 menit.

Selain berolahraga selama bulan Ramadan, Hardinsyah juga mengingatkan masyarakat untuk banyak mengonsumsi air dan buah-buahan selama bulan Ramadan untuk menghindari dehidrasi. Tubuh akan kehilangan banyak cairan setelah berolahraga.

Puasa Ramadan juga dinilai sebagai waktu yang tepat untuk mengurangi berat badan secara sehat, selama dijalani secara baik dan benar. Dalam berbagai penelitian, puasa diimbangi dengan asupan nutrisi yang baik dan olahraga, bisa menurunkan berat badan dua sampai lima kilogram. (waf)

Baca juga:

Marcell Siahaan Bagikan Tips Olahraga Strong Nation Selama Bulan Puasa

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan