Kiat-Kiat Menurunkan Risiko Alzheimer Alzheimer dari diminimalisir di masa muda. (Foto: Pixabay/geralt)

PENYAKIT Alzheimer memang sudah tak asing lagi ditelinga publik. Yap, Azlheimer adalam sebuah penyakit yang membuat daya ingat kamu menurun. Biasanya penyakit ini diiringi pula penuruanan kemampuan berbicra selain berpikir. Penderitanya nantinya akan mengalami sebuah gangguan kecemasaan atau berhalusinasi.

Seperti yang dilansir dari Health Harvard, kendati tak ada cara pasti mencegah penyakit Alzheimer. Namun langkah berikut dapat menurunkan risiko Alzheimer. Tentunya meningkatkan kesehatan kamu secara keseluruhan.

Supaya lebih mudah, kamu harus mempertahankan berat badan yang sehat, kurangi kalori serta tingkatkan aktivitas fisik kamu jika perlu untuk mengurangi berat badan.

Ukurlah pinggang kamu seberapa bearnya. Panel National Institutes of Health merekomendasikan bahwa ukuran ideal pinggang tak lebih dari 40 inci untuk pria dan 35 inci untuk wanita.

Alzheimer selain menurunkan daya berpikir juga kemampuan berbicara. (Foto: Pixabay/geralt)

Dari situ kamu dapat mempertahankan ukuran pinggang dengan memperhatikan pola makan yang baik. Sebaiknya kamu mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin, gandum utuh dan sumber protein seperti ikan, unggas, kacang-kacangan dan tahu.

Kurangilah kalori yang tak perlu seperti yang berasal dari permen, soda, biji-bijian olahan seperti roti putih atau nasi putih, lemak tidak sehat, makanan yang digoreng dan cepat saji. Namun meski sudah mengonsumsi makanan sehat, kamu juga tetap perhatikan porsi makanannya.

Cara selanjutnya untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, kamu harus olahraga. Aktivitas fisik secara teratur tentu akan membantu mengontrol berat badan, tekanan darah, gula darah serta kolesterol. Kamu bisa olahraga sedang hingga berat, seperti halnya aerobik, berjalan, berenang, bersepeda ataupun mendayung.

Dengan begitu kamu dapat membuang lemak tubuh serta lemak perut selama berolahraga. Sebaiknya lakukanlah selama 2,5 hingga 5 jam dalam seminggu dengan berjalan kaki. Tak ada salahnya untuk melakukan olahraga berat seperti jogging.

Nah selain memperhatikan berat badan serta pinggang kamu. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menanyakan pada dokter tentang kolesterol, trigliserida, tekanan darah serta gula darah kamu berada dalam kondisi normal. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Mengenal Lebih Dekat Hijabers Cantik Asal Korea Ayana Jihye Moon

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH