Kiat-Kiat ini Ampuh Melindungi Smartphone dari Kejahatan Digital Keamanan data pribadi di smartphone harus dijaga (Unsplash/@danny114)

DULU ponsel atau gawai berfungsi sebagai alat komunikasi berbentuk suara dan tulisan saja. Seiring perkembangan zaman, gawai mengalami penambahan fungsi. Seperti memutar lagu, browsing di internet, berswafoto, menyimpan data, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Data keamanan pribadi wajib kamu jaga secara ketat agar tidak diketahii orang lain. Jika data berbentuk fisik mungkin memiliki tingkat 'kebocoran' yang rendah. Lalu, bagaimana jika semuanya disimpan di internet atau di gawaimu?

Baca juga:

CFO Apple: iPhone 12 Batal Rilis September 2020

Belum lama kasus pencurian data terjadi pada salah satu marketplace di Indonesia. Pencurian tersebut terjadi karena lemahnya keamanan yang digunakan.

Melansir dari laman Indianexpress, Coba lakukan beberapa cara di bawah ini agar meminimalisir 'kecolongan' data milikmu dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Gunakan kata sandi yang sulit

Cara-Cara ini Ampuh Melindungi Smartphone dari Kejahatan Digital
Gunakan kata sandi yang unik dan rumit (Unsplash/@morningbrew)

Kata sandi yang kamu buat harus mengandung angka dan huruf. Usahakan hanya kamu saja yang tahu. Karena kalau orang lain tahu, sangat mudah untuk mencuri data yang tersimpan di gadget.

Bukan hanya smartphone yang diberikan password. Coba untuk membuat kata sandi pada setiap aplikasi yang menurut kamu penting. Misalnya banking, media sosial dan sebagainya.

Matikan bluetooth jika tidak dipakai

Cara-Cara ini Ampuh Melindungi Smartphone dari Kejahatan Digital
Perangkat wireless menggunakan bluetooth (Unsplash/@gmaxstudios)

Jika kamu memiliki perangkat wireless, otomatis untuk mengoneksikannya menggunakan bluetooth. Perangkatnya mungkin saja seperti earphone, fitness tracker, smartwatch dan lain-lain.

Maka dari itu, matikan bluetooth kalau perangkat wireless tersebut tidak diperlukan. Karena bisa menjadi masalah kalau ada orang lain yang mencoba mencuri data kamu melalui bluetooth, hal ini sangat mungkin terjadi.

Baca juga:

Smartphone 5G Pertama dari Google

Hati-hati menggunakan aplikasi pihak ketiga

Cara-Cara ini Ampuh Melindungi Smartphone dari Kejahatan Digital
Jangan gunakan aplikasi tidak resmi (Unsplash/@williamtm)

Aplikasi pihak ketiga adalah aplikasi yang berada di luar Google Play Store atau App Store. Biasanya aplikasi ini ditemukan pada website.

Kebanyakan dari mereka tidak resmi dan tidak jelas sumbernya, akan lebih baik kamu menghindarinya dan mencari aplikasi resmi untuk gadget milikmu.

Jangan asal klik iklan yang muncul

Cara-Cara ini Ampuh Melindungi Smartphone dari Kejahatan Digital
Iklan yang muncul di internet bisa saja buatan hacker (betanews)

Muncul iklan saat kamu sedang browsing di internet adalah hal yang paling umum terjadi belakangan ini. Namun, perlu diingat bahwa iklan tersebut bisa saja dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga, alangkah lebih baik untuk menghindarinya dengan tidak mengakses iklan tersebut.

Gunakan anti-virus

Kiat-Kiat ini Ampuh Melindungi Smartphone dari Kejahatan Digital
Unduh anti virus agar keamanan meningkat (Pixabat/TheDigitalArtist)

Membentengi ponsel dengan mengunduh anti-virus adalah salah satu cara yang penting untuk dicoba. Dengan melakukan ini kamu bisa terhindari dari jaringan hacker yang hendak memasukan virus ke gadget milikmu. (ray)

Baca juga:

Samsung Rilis Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra, Intip Spesifikasinya


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH