Kiat Kebal Hadapi Inflasi Global Bagi Milenial Selain berharap pada tindakan pemerintah, milenial pun dituntut mempersiapkan diri menghadapi inflasi. (Foto: Unsplash/Sara Kurfess)

TANTANGAN bagi milenial seolah tak ada habisnya. Belum lama diterpa pandemi Covid-19, lalu dihantam perang Rusia-Ukraina, kini diserang badai resesi dan inflasi. Bank Sentral di AS dan beberapa negara Eropa telah menaikkan suku bunga guna menahan laju inflasi. Pemerintah Indonesia pun telah menyiapkan langkah-langkah tanggap menghadapi ketidakpastian ekonomi global.

Sebagai catatan, inflasi Indonesia pada Agustus 2022 tercatat sebesar 4,69 persen (yoy), membaik dibandingkan tingkat inflasi Juli 2022 yang sebesar 4,94 persen (yoy).

Sebagai respons penyesuaian harga BBM pada awal September ini, pemerintah telah memberikan tiga jenis tambahan bantalan sosial dengan total anggaran sebesar Rp 24,17 triliun berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Subsidi Upah (BSU), dan penggunaan 2 persen Dana Transfer Umum (DTU) oleh pemerintah daerah untuk membantu sektor transportasi sebagai upaya meredam laju inflasi.

Selain berharap pada tindakan pemerintah, milenial pun dituntut mempersiapkan diri menghadapi inflasi. Mengingat pentingnya peran milenial, perusahaan konsultan Grant Thornton Indonesia memberi tiga tips atau kiat menghadapi dampak inflasi menyusul gejolak perekonomian global yang terjadi saat ini.

Baca juga:

LEGO Tak Goyah Diterpa Inflasi

kiat kebal hadapi inflasi global
Inflasi Indonesia pada Agustus 2022 tercatat sebesar 4,69 persen (yoy), membaik dibandingkan tingkat inflasi Juli 2022 yang sebesar 4,94 persen (yoy) (Foto: Unsplash/Nick Chong)

CEO Grant Thornton Indonesia, Johanna Gani, dalam keterangan di Jakarta, Jumat, mengatakan perlu ada peran masyarakat dalam menekan tingkat inflasi di Indonesia.

"Hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah menghindari sikap konsumtif yang berlebihan terhadap produk-produk impor dan mulai beralih ke produk buatan dalam negeri," katanya seperti dikutip Antara (30/9).

Johanna juga menyebut perlu ada persiapan dan edukasi kesehatan finansial bagi generasi milenial sebagai calon penerus bangsa. "Cerdas mengelola keuangan pribadi adalah sebuah keharusan untuk membantu menahan laju inflasi," katanya.

Johanna membeberkan milenial dapat melakukan tiga tindakan untuk menghadapi inflasi. Pertama, mengatur pengeluaran secara bijak. Dengan mempersiapkan rencana keuangan, pengeluaran yang tidak perlu dapat dicegah.

Milenial tak seharusnya meningkatkan gaya hidup meskipun pendapatannya meningkat. Apalagi menerapkan gaya hidup yang lebih boros dibandingkan dengan pendapatan.

Baca juga:

Ancaman Resesi Reda, Kripto Terus Meningkat

inflasi global
Mulai berinvestasi sedini mungkin. (Foto: Unsplash/Micheile Dot Com)

Kedua, milenial bisa memulai memiliki dana darurat. Langkah mengumpulkannya dengan cara menabung. Dana ini digunakan untuk keperluan mendesak seperti sakit dan sedang bokek karena menganggur sementara. Dana darurat biasanya sebanyak enam kali total pengeluaran dalam satu bulan. Semakin banyak tanggungan, semakin besar pula dana darurat yang perlu dipersiapkan.

"Jangan lupa, pisahkan dana darurat pada rekening tabungan lain agar dapat tersimpan dengan baik," kata Johanna.

Ketiga, mulai berinvestasi sedini mungkin. Pilih bidang investasi yang tak tergerus oleh zaman. Misalnya membeli rumah dan menyiapkan dana pendidikan anak bagi yang sudah berkeluarga. Ada begitu banyak instrumen investasi. Merentang dari reksadana, saham, deposito, obligasi, sampai logam mulia.

Berdasarkan studi bertajuk "Indonesia Gen Z and Millennial Report 2020" garapan institusi Alvara Research 1, sebagian masyarakat urban milenial di berbagai kota di Indonesia mengaku sulit menabung atau berinvestasi. Mereka rerata menghabiskan 57 persen dari total pemasukan untuk pengeluaran rutin bulanan. Sisa pengeluaran rutin bulanan mereka, 43 persen, justru digunakan untuk travelling, healing, dan mereguk kopi kekinian.

Milenial Indonesia juga harus berjuang menyiasati inflasi gaya hidup. Kondisi ini untuk menggambarkan perubahan perilaku dan kebiasaan yang mengakibatkan pengeluaran yang terus meningkat seiring dengan bertambahnya penghasilan. Sesiapa bisa menahan nafsunya meningkatkan gaya hidup, bakal cukup kebal menghadapi inflasi global. (dru)

Baca juga:

Pasar Kripto Bergerak Hijau Kuat di Ambang Resesi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kegiatan Berkesinambungan Maksimalkan Pelestarian Lingkungan
Fun
Kegiatan Berkesinambungan Maksimalkan Pelestarian Lingkungan

pengelolaan sampah ini telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 27 Tahun 2020

Berkah Menjadi Jomblo
Fun
Berkah Menjadi Jomblo

Bila ditelisik lagi banyak sekali berkah yang bisa kalian rasakan ketika memutuskan untuk sendiri.

'Need for Speed' Terbaru Digarap Criterion dan Codemasters
Fun
'Need for Speed' Terbaru Digarap Criterion dan Codemasters

Kolaborasi Criterion dan Codemasters siap membuat Need for Speed makin menarik.

AS akan Ikuti Langkah UE dalam Standar Pengisi Daya
Hiburan & Gaya Hidup
AS akan Ikuti Langkah UE dalam Standar Pengisi Daya

Untuk mengurangi dampak lingkungan dari pengisi daya sambil meningkatkan kenyamanan bagi pengguna.

Tiket Presale WSBK Indonesia 2022 Mulai Dijual, Segini Harganya
Hiburan & Gaya Hidup
Tiket Presale WSBK Indonesia 2022 Mulai Dijual, Segini Harganya

Mereka ingin meningkatkan jumlah penonton.

Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes Perlihatkan Esensi ala gim Retro
Fun
Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes Perlihatkan Esensi ala gim Retro

Dirasa familier ketika kamu memainkan dua seri gim Suikoden yang rilis di konsol pertama PlayStation.

Survei Nielsen: Televisi Jadi Saluran Iklan Pilihan Brand
Fun
Survei Nielsen: Televisi Jadi Saluran Iklan Pilihan Brand

Televisi menjadi saluran iklan dengan jumlah belanja iklan 78,2 persen.

'Knives Out 2' Diperkirakan Rilis di Musim Gugur 2022
ShowBiz
'Knives Out 2' Diperkirakan Rilis di Musim Gugur 2022

Knives Out 2 telah banyak dinantikan penggemar film.

'Andor' Prekuel untuk 'Rogue One: A Star Wars Story'
ShowBiz
'Andor' Prekuel untuk 'Rogue One: A Star Wars Story'

Cerita tentang lima tahun sebelum memasuki 'Rogue One'

Situationship, Menjalani Hubungan Tanpa Komitmen
Fun
Situationship, Menjalani Hubungan Tanpa Komitmen

Jangan sampai kamu terjebak dalam hubungan situationship.