Kiat Efektif untuk Para Guru dalam Memberikan Tugas Sekolah selama PSBB Tips memberikan tugas yang efektif untuk murid. (Foto: pixabay/engin_akyurt)

SEBAGIAN besar kegiatan diluar rumah terpaksa harus terhenti akibat pemberlakuan PSBB (Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar) oleh pemerintah. Alhasil, kegiatan belajar-mengajar harus menggunakan jalan alternatif tanpa harus bertatap muka.

Karena kondisi masing-masing siswa yang sangat beragam, cara guru melakukan pembelajaran jarak jauh juga berbeda-beda. Mulai dari menggunakan wahana internet, radio, televisi, maupun mengantarkan materi ajar ke rumah siswa masing-masing.

Dari talkshow yang bertemakan 'Pembelajaran Jarak Jauh' oleh Wardah Inspiring Teacher, berikut merupakan empat tips memberikan tugas menurut Rizqy Rahmat Hani selaku knowledge coordinator Kampus Guru Cikal.

Baca juga:

Ini 5 Solusi untuk Para Guru Seputar Belajar Online

1. Koordinasi dengan orangtua

Buat kesepakatan dengan orangtua murid. (Foto: pixabay/finelightarts)
Buat kesepakatan dengan orangtua murid. (Foto: pixabay/finelightarts)

Penting untuk diketahui bahwa orangtua juga harus membagi waktu antara mendampingi anaknya belajar dan juga bekerja dari rumah. Maka dari itu guru juga harus menggali informasi tentang orangtua murid, menjelaskan situasi yang terjadi serta memberikan pemahaman tentang pengertian pembelajaran jarak jauh sejelas-jelasnya.

Kemudian buatlah kesepakatan tentang kapan dan bagaimana cara melaksanakan pembelajaran jarak jauh agar tidak memberatkan satu pihak.

2. Memperkirakan waktu

Berikan deadline yang tidak mepet.   (Foto: Pixabay/StockSnap)
Berikan deadline yang tidak mepet. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Ketika memberi tugas, hindari memberikan batas waktu kumpul terlalu cepat, terutama bagi siswa SMP dan SMA yang mata pelajarannya sudah banyak. Dalam situasi seperti ini, jangan sampai siswa merasa tambah stress dengan tugas sekolah yang jadi lebih berat dari biasanya.

Baca juga:

Digital Learning Untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar Efektif

3. Satu tugas untuk beberapa mata pelajaran

Satu tugas bisa berlaku untuk beberapa mata pelajaran. (Foto: pixabay/pexels)
Satu tugas bisa berlaku untuk beberapa mata pelajaran. (Foto: pixabay/pexels)

"Satu guru, satu tugas, satu hari, bayangin stressnya kaya apa itu anak," ungkap Rizqy pada talkshow via G Live di akun @WardahInspiringTeacher. Guru harus berkolaborasi satu sama lain sehingga satu tugas yang diberikan bisa dinilai untuk beberapa mata pelajaran.

4. Buat tugas yang berkaitan dengan lingkungan rumah

Berikan tugas yang menyenangkan bagi anak. (Foto: pixabay/jankosmowski)
Berikan tugas yang menyenangkan bagi anak. (Foto: pixabay/jankosmowski)

Agar tidak memberatkan orangtua, buatlah tugas yang berkaitan dengan lingkungan rumah seperti membantu ibu memasak, berkebun, atau membuat campaign tentang COVID-19 berupa poster atau majalah dinding. (shn)

Baca juga:

MEINANG

Kredit : shenna


Shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH