Ini nih Trik Berburu Tiket Kereta Api Mudik 2023

Andrew FrancoisAndrew Francois - Selasa, 21 Februari 2023
Ini nih Trik Berburu Tiket Kereta Api Mudik 2023
Tiket kereta api jadi barang langka di periode Lebaran. (Foto: Unsplash/Haidan)

RAMADAN tinggal menghitung hari dan pada momen itu sebagian masyarakat Indonesia mulai memikirkan mudik Lebaran ke kampung halaman salah satunya dengan memanfaatkan moda transportasi kereta api.

Seperti dilaporkan ANTARA, Selasa (21/2), kereta api dikatakan masih menjadi favorit masyarakat karena pemesanannya yang relatif mudah, harganya yang lebih terjangkau, dan tersebarnya stasiun sehingga memudahkan masyarakat dalam mengunjungi suatu destinasi.

PT KAI mengumumkan tiket kereta api mudik dapat dipesan pada 26 Februari untuk keberangkatan 12 April. Bagi mereka yang ingin mudik Lebaran menggunakan kereta api, berikut tips sukses berburu tiket kereta api mudik.

Baca juga:

Beli Tiket Mudik di Waktu Mepet, ini Triknya

1. Tentukan tanggal keberangkatan dan kepulangan

Tentukan tanggal berangkat dan pulang. (Foto: Unsplash/Kyrie kim)

Mereka yang akan mudik sebaiknya segera menentukan kapan tanggal berangkat dan pulang. Setelah menentukan kedua tanggal tersebut, periksa kapan tanggal pemesanan tiket akan dibuka agar tidak ketinggalan jadwal pemesanan tiket kereta mudik.

2. Pesan secara daring

Pesan secara daring lebih mudah. (Foto: Unsplash/Thought Catalog)

Memesan tiket kereta api mudik bisa melalui layanan daring, karena dinilai lebih cepat, mudah, aman, dan lengkap. Kamu juga bisa memilih beragam metode pembayaran. Ada juga fitur lain seperti daftar penumpang dan memilih kursi.

3. Gunakan metode pembayaran cepat

Semakin cepat semakin besar kesempatan mendapatkan tiket. (Foto: Unsplash/rupixen.com)

Pilih metode pembayaran yang masuk ke dalam kategori cepat, seperti internet banking atau online banking yang memudahkan proses pembayaran di tengah malam. Jangan lupa, pastikan saldo di tabungan cukup untuk pembayaran tiket kereta mudik.

Baca juga:

Tips Berburu Tiket Dadakan untuk Mudik Lebaran

4. Pastikan internet stabil

Internet stabil kunci sukses dapatkan tiket kereta api mudik 2023. (Foto: Unsplash/Compare Fibre)

Tips tak kalah penting lainnya adalah memastikan koneksi internet kuat dan stabil. Hal ini perlu diperhatikan mengingat jutaan masyarakat Indonesia akan mengakses aplikasi pemesanan tiket kereta dalam waktu yang bersamaan.

5. Cek ketersediaan kereta tambahan

Biasanya KAI sediakan tiket kereta tambahan. (Foto: Unsplash/Burst)

Bila kamu belum kebagian tiket kereta utama, masih ada kesempatan untuk mudik dengan tiket kereta tambahan. Biasanya, pada periode peak season, PT KAI akan menghadirkan layanan kereta tambahan untuk mengakodomasi kebutuhan masyarakat Indonesia yang ingin melakukan mudik.

Itu adalah lima tips yang bisa kamu pelajari sebelum berburu tiket kereta api mudik 2023. Selain itu, kamu juga perlu membuat rencana cadangan bila tidak kebagian tiket kereta api mudik 2023. Cari alternatif tanggal lain, dan pastikan persiapan lebih matang dari sebelumnya. (waf)

Baca juga:

Tulisan Nyeleneh Warga +62 Saat Mudik Lebaran Bikin Kangen

#Liburan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan