Parenting
Kiat Agar Anak Terhindar Narkoba Penggunaan narkoba bisa membawa berbagai dampak buruk bagi anak. (Foto: Freepik/Freepik)

BAHAYA narkoba tak pernah bisa disepelekan. Mencegah narkoba merasuki orang-orang tersayang pun bukanlah perkara mudah. Diperlukan peran serta semua pihak, terutama orangtua.

Penggunaan narkoba bisa membawa berbagai dampak buruk bagi anak. Melansir laman Alodokter, berbagai risiko menghantui pengguna narkoba mulai dari risiko penyakit jantung, kerusakan organ tubuh, seperti hati dan ginjal, bahkan skizofrenia.

Tak hanya itu, narkoba juga dapat merusak berbagai sisi kehidupan anak, termasuk minat belajar dan bersosialisasinya. Sebenarnya, pemberian informasi dan edukasi kepada anak tentang bahaya narkoba dapat dilakukan sejak dini, yakni saat anak duduk di sekolah dasar.

Dengan begitu, diharapkan anak bisa memahami efek buruk narkoba sehingga risiko mereka terjerumus bahaya obat-obatan terlarang ini pun dapat berkurang.

Akan tetapi, selain pemberian edukasi dari sekolah, sebagai orangtua, ada juga beberapa cara yang bisa Ayah dan Ibu lakukan agar anak bisa menjauhi narkoba berikut ini.

Baca juga:

Pentingnya Peran Orangtua Cegah Anak Terjerumus ke Narkoba

anak terhindari narkoba
Katakan dengan tegas bahwa narkoba merupakan hal yang dilarang dalam keluarga. (Foto: Freepik/Cookiestudio)

1. Momen yang tepat

Menjelaskan tentang bahaya narkoba kepada anak mungkin susah-susah gampang. Oleh karena itu, Ayah dan Ibu perlu memilih momen yang tepat untuk bisa mengedukasi anak soal hal ini.

Sebagai contoh, cobalah jelaskan bahaya narkoba kepada anak saat waktu senggang setelah makan malam atau ketika ia terlihat sedang santai. Biasanya, di momen-momen ini anak akan lebih memperhatikan dan mendengarkan apa yang Ayah dan Ibu katakan.

Bila memungkinkan, Ayah dan Ibu juga bisa memberikan edukasi dan informasi tentang bahaya narkoba saat momen menonton berita terkait kasus narkoba. Dengan begitu, diharapkan anak bisa lebih paham dengan apa yang Ayah dan Ibu jelaskan.

2. Paparkan tentang bahaya narkoba

Setelah menemukan momen yang tepat, berikanlah informasi yang cukup tentang bahaya narkoba. Ayah dan Ibu bisa mulai menjelaskan tentang apa itu narkoba, bagaimana penyebaran narkoba, dan apa saja dampaknya terhadap kesehatan tubuh serta kehidupan.

Agar tidak membosankan dan terkesan menggurui, Ayah dan Ibu juga bisa melakukan diskusi dua arah dengan anak agar ia bisa mengeluarkan pendapat dan menanyakan hal–hal yang masih membuatnya bingung.

3. Ajarkan pilih teman atau komunitas yang positif

Biasanya, peredaran narkoba dimulai dari lingkungan pertemanan. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengajarkan anak untuk memilih dan mencari teman atau komunitas yang positif, sehingga anak bisa terhindar dari bahaya narkoba.

Jika memang ada temannya yang berperilaku tidak baik, membawa dampak negatif baginya, atau bahkan hingga menawarinya narkoba, beri tahu anak untuk sebisa mungkin meninggalkan lingkungan pertemanan tersebut.

4. Berikan contoh kebiasaan yang baik

Selain memberikan pengetahuan tentang bahaya sekaligus cara menjauhkan diri dari narkoba, Ayah dan Ibu juga perlu memberikan contoh perilaku yang baik. Misalnya, sebisa mungkin tidak menggunakan obat tanpa pemeriksaan dokter, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol.

Perlu Ayah dan Ibu ingat, anak adalah peniru ulung. Apa yang Ayah dan Ibu perlihatkan dapat ditiru olehnya. Jadi, mulai sekarang biasakan untuk memberikan contoh–contoh perilaku yang baik kepada anak, agar kelak bisa ditirunya.

Baca juga:

Perangi Narkoba dan Selamatkan Generasi Bangsa

kiat anak terhindar narkoba
Penting bagi orang tua untuk mengajarkan anak untuk memilih dan mencari teman atau komunitas yang positif. (Foto: Freepik/Standret)

5. Bangun rasa percaya diri anak

Umumnya, anak yang memiliki rasa percaya diri bisa lebih menentukan sikap saat ada ajakan atau bujukan untuk melakukan tindakan yang kurang baik, termasuk ketika ada ajakan untuk menggunakan narkoba.

Ayah dan Ibu bisa membantu membangun rasa percaya diri anak dengan beberapa cara. Mudah saja, orang tua hanya perlu percaya pada anak, memuji anak jika dia berhasil mencapai suatu prestasi, dan menghindari kata–kata yang sifatnya menjatuhkan.

6. Ajarkan cara tepat mengelola stres

Siapa bilang stres hanya dialami oleh orang dewasa? Faktanya, anak juga bisa mengalami stres. Stres pada anak dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari aktivitas yang terlalu padat hingga akibat adanya perundungan.

Untuk membantu anak dalam mengelola stres, yakinkan bahwa Ayah dan Ibu selalu ada untuknya. Jadi, anak tidak perlu ragu untuk bersandar dan bercerita ketika memiliki masalah.

Ajarkan juga kepada anak untuk mengisi waktu dengan kegiatan yang positif, misalnya berolahraga dan melakukan hobi.

7. Larang tegas narkoba

Katakan dengan tegas bahwa narkoba merupakan hal yang dilarang dalam keluarga. Jika perlu, buat peraturan khusus untuk mencegahnya, misalnya menerapkan batasan bermain atau keluar rumah pada malam hari.

Lindungi anak dari jeratan narkoba. Karena jika tidak sedini mungkin, maka akan terlambat. Lebih baik mencegah daripada tidak sama sekali.

Perbanyaklah referensi untuk Ayah dan Ibu. Jika Ayah dan Ibu bingung dalam menentukan cara yang paling tepat untuk mencegah anak terjerumus bahaya narkoba, sebaiknya konsultasikan dengan psikolog agar mendapatkan arahan yang tepat. (dgs)

Baca juga:

GTA Online Dijadikan Platform Rekrut Penyelundup Narkoba di Meksiko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tas Burberry Bergaya di Roblox
Fashion
Tas Burberry Bergaya di Roblox

Menggambarkan semangat petualangan dan ketertarikan Burberry terhadap alam.

Film 'Anak Garuda' Pertontonkan Kehidupan Dinamika remaja
ShowBiz
Film 'Anak Garuda' Pertontonkan Kehidupan Dinamika remaja

film Anak Garuda para siswa juga belajar untuk mengelola divisi bisnis.

Produk Kecantikan Mengandung Minyak Tidak Menghidrasi Kulit
Fun
Produk Kecantikan Mengandung Minyak Tidak Menghidrasi Kulit

Produk Kecantikan mengandung minyak tetap memiliki manfaat namun bukan untuk menghidrasi kulit.

Diskoria Rilis Piringan Hitam untuk 'Serenata Jiwa Lara'
ShowBiz
Diskoria Rilis Piringan Hitam untuk 'Serenata Jiwa Lara'

Dalam bentuk piringan hintam 10 inci.

Tubuh Lebih Kurus, Lebih Sehat?
Fun
Tubuh Lebih Kurus, Lebih Sehat?

Apakah membahayakan kesehatan?

Kolaborasi Jimmy Choo dan Sailor Moon Hadirkan Sepatu Bot Menawan
Fun
Kolaborasi Jimmy Choo dan Sailor Moon Hadirkan Sepatu Bot Menawan

Sepatu bot ala Sailor Moon dihiasi 19.000 kristal swarovski.

Noah Ajak Dian Sastro di Video Musik 'Khayalan Tingkat Tinggi'
Fun
Noah Ajak Dian Sastro di Video Musik 'Khayalan Tingkat Tinggi'

Noah mempersembahkan video musik Khayalan Tingkat Tinggi yang merupakan kelanjutan dari video musik Menghapus Jejakmu (2007)

Jenis Masker Terbaik untuk Dipakai saat Naik Pesawat
Fun
Jenis Masker Terbaik untuk Dipakai saat Naik Pesawat

KN95 mampu menyaring 95% partikel udara.

Kenali Psoriasis Kulit Kepala dan Cara Menanganinya
Fun
Kenali Psoriasis Kulit Kepala dan Cara Menanganinya

Apa itu psoriasis kulit kepala?

Koleksi Terbaru Kolaborasi Cardi B Bersama Reebok
Fashion
Koleksi Terbaru Kolaborasi Cardi B Bersama Reebok

Kolaborasi ini terinspirasi dari kota kelahiran Cardi B, New York.