Kiai Ma'ruf Tegaskan MUI Tak Akan Terlibat Dalam Sengketa Pemilu Ketua Umum MUI yang juga cawapres 01 KH Ma'ruf Amin (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Calon wakil presiden nomor urut 01 yang juga Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin menyatakan MUI tidak terlibat dalam sengketa Pemilu 2019.

Kiai Ma'ruf berharap sekaligus meminta lembaga para ulama se-Indonesia itu tidak masuk dalam kekisruhan Pemilu.

"Ya kami mengendalikan supaya MUI tidak ikut mengambil politik peran soal teknis pemilu. Tidak masuk dalam wilayah yang dipersengketakan," kata Ma'ruf di Jakarta, Selasa (7/5).

Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin
Cawapres Nomor Urut 01 yang juga Ketua Umum MUI, KH Ma'ruf Amin menyatakan lembaganya tidak akan terlibat dalam sengketa Pemilu 2019 (MP/Fadhli)

Ma'ruf Amin yang juga pendamping capres petahana Joko Widodo itu menegaskan bahwa MUI telah membuat keputusan agar segala sesuatu yang menyangkut sengketa pemilu agar dijalankan sesuai aturan dan prosedur yang berlaku.

"Dijalankan sesuai peraturan, sesuai prosedur, menunggu KPU," jelasnya.

BACA JUGA: Eks Menkeu Agus Marto Mangkir Pemeriksaan KPK Terkait Kasus e-KTP

KPK Cegah Bupati Solok Selatan ke Luar Negeri

Fahri Kritik Pemilu 2019 Banyak Petugas KPPS Meninggal, Ini Jawaban KPU

Prosedur yang dimaksud, kata Kiai Ma'ruf, bila ada permasalahan terkait pemilu bisa dibawa ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ataupun ke Mahkamah Konstitusi (MA).

Karena, kata dia, hal tersebut sesuai aturan yang ada dan hak yang ditetapkan konstitusi.

"Kemudian kalau ada persoalan dibawa ke Bawaslu, kalau tidak ke Mahkamah Konstitusi, sesuai dengan aturan yang ada. Konstitusi," tandas Kiai Ma'ruf Amin.(Asp)

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH