Kiai Ma'ruf Amin Ajak Para Ulama Terlibat Aktif Hadang Radikalisme dan Terorisme Cawapres RI KH Ma'ruf Amin (MP/Ist)

MerahPutih.Com - Peran ulama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara masih sangat relevan dengan situasi saat ini. Menurut KH Ma'ruf Amin, para ulama memiliki tanggung jawab besar dalam menghadang gerakan radikalisme dan terorisme.

Cawapres nomor urut 01 ini mengajak para ulama serta kiai untuk menjaga persatuan bangsa agar Indonesia bisa menekan gerakan separatisme, terorisme dan radikalisme.

Ma'ruf Amin mengatakan, dirinya mengajak para kiai dan ulama yang ada saat ini untuk mengambil peran dan meneruskan perjuangan para pendahulu mereka, khususnya dalam menghadapi segala tantangan yang dihadapi Indonesia ke depannya.

"Kiai harus mengambil peran, tidak boleh masa bodoh. Harus meneruskan perjuangan para kiai dalam mengawal negara untuk menghadapi tantangan seperti separatisme, radikalisme, dan terorisme," kata Kiai Ma'ruf Amin, dalam Silaturahmi dan Ngopi Bareng KH Ma'ruf Amin, di Kota Malang, Senin (29/10).

Jokowi-Ma'ruf Amin
residen Joko Widodo (kiri) dan KH Ma'ruf Amin (kanan). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Kiai Ma'ruf Amin menambahkan, para kiai, ulama, serta santri di Indonesia dan secara khusus di Kota Malang, diharapkan mampu mengawal negara supaya terjaga keutuhannya. Terlebih, pada 2019 memasuki masa pemilihan umum yang akan menentukan siapa pemimpin bangsa Indonesia kedepan.

Pesan tersebut disampaikan Ma'ruf Amin di hadapan kurang lebih sebanyak 300 kiai yang berasal dari wilayah Malang Raya, seperti Nahdlatul Ulama, dan pimpinan berbagai pondok pesantren. Malang Raya sendiri merupakan gabungan dari Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

"Negara ini harus kita kawal dengan baik dan menjaga keutuhan. Karena itu, dalam pilpres nanti (jika) berbeda pilihan, tetap menjaga keutuhan supaya tidak menyebabkan terjadinya perpecahan bangsa," ujar Ma'ruf Amin.

Kiai Ma'ruf berada di Kota Malang dalam rangkaian kunjungan di Jawa Timur. Sebelumnya, Ma'ruf Amin juga berkunjung ke Surabaya untuk menutup Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin.

Setelah dari Kota Malang, rencananya Ma'ruf Amin sebagaimana dilansir Antara akan menyambangi Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, dan kembali ke Jakarta pada Rabu, 31 Oktober 2018.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Sebelum ke RS Polri, Keluarga Korban Lion Air JT-610 Wajib Bawa Sejumlah Data Ini


Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH