Film
Khusus Perilisan Daring di Tiongkok, 'Fight Club' Punya Ending Beda Adegan akhir Narator 'membunuh' alter egonya, Tyler, lalu berdiri bersama Marla menyaksikan gedung-gedung meledak. (YouTube/Gizem ?ahan)

LEBIH dari 20 tahun setelah dirilis, aturan ketat Fight Club tidak bisa diperluas untuk mempertahankan ending aslinya secara internasional.

Film klasik rilisan 1999 yang dibintangi Brad Pitt, Edward Norton, dan Helena Bonham Carter,memiliki akhir cerita yang sama sekali berbeda untuk perilisan daring di Tiongkok. Ending diubah dengan polisi keluar sebagai pemenang.

Sebuah title card muncul pada akhir film yang tayang streaming melalui Tencent Video. "Polisi dengan cepat mengetahui seluruh rencana, menangkap semua penjahat, dan berhasil mencegah bom meledak," demikian diberitakan Variety.

BACA JUGA:

Dikritik Peter Dinklage, Disney Ubah Remake 'Snow White and the Seven Dwarfs'

"Setelah persidangan, Tyler dikirim ke rumah sakit jiwa untuk menerima perawatan psikologis. Dia keluar dari rumah sakit pada 2012," lanjut keterangan di akhir film.

Perwakilan untuk Disney, perusahaan yang memiliki 20th Century Studios, sebelumnya 20th Century Fox, perusahaan distribusi film tersebut, dan Tencent Video tidak segera menanggapi permintaan komentar dari People.

fight club
Fight Club merupakan film klasik tahun 1999, dibintangi Brad Pitt, Edward Norton. (netflix.com)

Dirilis pada 1999, film Fight Club diangkat berdasarkan buku dengan judul yang sama karya Chuck Palahniuk. Film ini menceritakan kisah seorang 'Narator' yang diperankan Norton, 52, sedangkan Tyler Durden yang dimainkan Pitt ialah proyeksi mentalnya. Bonham Carter, 55, memainkan perempuan yang dicintai Durden (dan, pada gilirannya juga oleh Narator), Marla Singer.

Pada akhir cerita aslinya, Narator 'membunuh' alter egonya, Tyler, dengan tembakan melalui mulutnya sendiri, sebelum ia dan Marla berdiri dan menyaksikan gedung-gedung meledak di sekitar mereka. Film (dan novel) ini telah banyak dibahas dan membuka perdebatan tentang tema dan pesan anarkitis dan kapitalisme.

Reaksi penulis

fight club
Penulis buku 'Fight Club', Chuck Palahniuk merasa ending di Tiongkok lebih mirip cerita novelnya. (chuckpalahniuk.net)

Penulis novel Fight Club, Chuck Palahniuk telah membagikan reaksi mengejutkan terhadap berita perubahan akhir film di Tiongkok. Akhir Tiongkok itu sebenarnya lebih dekat dengan visi asli Palahniuk untuk akhir dari Fight Club seperti yang tertulis dalam bukunya di 1996.

Seperti yang dikatakan Palahniuk kepada TMZ, ketika ditanya mengenai sensor Tiongkok, “Ironisnya ialah cara orang Tiongkok mengubahnya ialah mereka menyelaraskan akhir hampir persis dengan akhir buku. Itu berlawanan dengan akhir Fincher, yang merupakan visual yang lebih spektakuler. Jadi di satu sisi, orang Tiongkok membawa sedikit film itu kembali ke buku.”

Rencana karakter untuk menghancurkan peradaban juga digagalkan dalam novel Fight Club Palahniuk, tetapi bukan karena polisi. Sebaliknya, bom digunakan untuk menghancurkan kerusakan kota. Narator, yang diperankan Norton dalam film tersebut, kemudian menembak dirinya sendiri dan terbangun di rumah sakit jiwa.

Palahniuk menambahkan, menarik melihat bagaimana tiba-tiba banyak orang peduli tentang ending film Fight Club yang disensor. Padahal, dia menghabiskan hampir seluruh kariernya melawan sensor dan larangan yang muncul pada bukunya.

“Buku saya sangat dilarang di seluruh AS. Sistem penjara Texas menolak untuk membawa buku-buku saya di perpustakaan mereka. Banyak sekolah negeri dan sebagian besar sekolah swasta menolak membawa buku-buku saya. Tapi itu hanya masalah setelah Tiongkok mengubah akhir film? Saya sudah kebal dengan pelarangan buku untuk waktu yang lama,” tutup Palahniuk.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Door to Door hingga Follow Up Pelanggan, Bikin Sales Gawai Makin Tangguh di Masa Pandemi
Hiburan & Gaya Hidup
Door to Door hingga Follow Up Pelanggan, Bikin Sales Gawai Makin Tangguh di Masa Pandemi

Fajar Sukma bekerja sebagai sales di perusahaan gawai terletak di Tangerang di masa pandemi dengan door to door dan follow up pelanggan

Jangan Buka Kancing Celana, Beberapa Makanan Bisa Bantu Redakan Begah
Fun
Jangan Buka Kancing Celana, Beberapa Makanan Bisa Bantu Redakan Begah

Minuman teh jahe buatan sendiri menjadi salah satu solusi mengurangi begah

Zodiak Ini Berpredikat Sebagai Pasangan Buruk
Fun
Zodiak Ini Berpredikat Sebagai Pasangan Buruk

Zodiak ini adalah pasangan buruk

Bintang TikTok Addison Rae Teken Kesepakatan Film dengan Netflix
ShowBiz
Huawei MatePad Ramai Pre-Order
Fun
Huawei MatePad Ramai Pre-Order

Huawei MatePad memberiken pengalaman layaknya PC.

Dr Disrespect Gandeng Mantan Staf Call of Duty Buat Studio Game
Fun
Dr Disrespect Gandeng Mantan Staf Call of Duty Buat Studio Game

Studio anyar yang dibuat orang paling kontroversi di dunia gaming.

GTA VI akan Pakai Latar Tema Vice City?
Fun
GTA VI akan Pakai Latar Tema Vice City?

GTA VI rumornya akan rilis pada 2025.

Catat, Buah ini Sebaiknya Dihindari saat Asam Lambung
Fun
Catat, Buah ini Sebaiknya Dihindari saat Asam Lambung

Harus tahan mengonsumsi buah favoritmu saat asam lambung kambuh.

Dian Sastro Bagikan Tips Ajari Anak Tentang Bahaya COVID-19
ShowBiz
Dian Sastro Bagikan Tips Ajari Anak Tentang Bahaya COVID-19

Dian Sastro punya cara tersendiri dalam mengajari Anak Tentang Bahaya COVID-19

Pendapat Robert Pattinson tentang Cinta Segitiga Final Fantasy 7
ShowBiz
Pendapat Robert Pattinson tentang Cinta Segitiga Final Fantasy 7

Pattinson dalam bermain gim ia menjelaskan cerita kecenya akan cinta segitiga Final Fantasy 7.