Khusus Pelancong Wanita, Hindari Bar Saat Melancong! Mong Chin. (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

SIAPAPUN bisa melancong. Tidak peduli wanita atau pria. Melancong pun tidak perlu dilakukan bersama. Melancong sendirian akan tetap menarik. Kamu akan merasakan keintiman ekstra saat menjadi saksi indahnya tempat-tempat yang kamu kunjungi.

Masalahnya, bagi wanita melancong sendirian bisa berbahaya. Wanita memiliki stereotip lebih lemah dari pria. Sehingga wanita yang melancong sendirian tentu memerlukan persiapan matang. Demikian menurut Mong Chin, seorang influencer dan travel vloger asal Singapura saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (24/7).

Yang terpenting bagi pelancong solo wanita kata Mong Chin ialah membuat penelitian kecil terlebih dulu mengenai tempat wisata tujuan. Cari tahu di mana tempat yang aman dan juga tempat yang memiliki potensi bahaya bagi wanita. Rupanya penting bagi wanita untuk menghindari beberapa bar.

Hindari bar. (Foto: Pexels/NastyaSensei Sens)

Pria hidung belang bisa saja berkumpul di bar dan menggoda wanita yang sedang sendiri. "Cari tahu beberapa tempat yang berbahaya. Misalnya yang banyak orang mabuk," ungkapnya kepada merahputih.com.

Selain itu meskipun sendirian bukan berarti kamu juga tidak bisa memiliki relasi di tempat wisata. Karenanya bagi pelancong wanita juga penting untuk mengenal beberapa orang lokal. Akan lebih baik jika mereka adalah sesama pelancong. Sehingga dapat saling berbagi pengalaman, terutama mendapatkan rekomendasi tempat-tempat keren," ujarnya lagi.

Hal penting lainnya adalah selalu meletakan ponsel pintar di tempat yang mudah diraih. Ponsel pintar sudah menyimpan segudang perlengkapan selama melancong. Misalnya ada GPS yang dijamin tidak akan membuat kamu nyasar.

GPS ponsel dapat menunjukan posisi. (Foto: Pexels/Pixabay)

Selain GPS ponsel pintar memiliki berbagai macam aplikasi untuk menerjemahkan bahasa. Kamu pun tidak akan kebingungan saat bertemu orang lokal. Terutama saat menaiki taksi untuk memberikan arahan yang jelas kepada sopir.

Tidak lupa kata Mong Chin, tidak ada salahnya wanita tetap tampil cantik selama melancong. Jadi jangan lupa untuk membawa peralatan make up dan perawatan kulit. Jika pergi ke tempat outdoor, jangan pernah lupa menggunakan sunblock. "Aku tidak bisa pergi tanpa peralatan make up," paparnya.

Sertakan pula dokumen perjalanan kamu jika memang melancong di negeri orang lain. Lalu agar perjalanan nyaman, Mong Chin juga tidak pernah lupa membawa beberapa sepatu. (ikh)

Baca juga: Relaks Maksimal Saat Pelesir, Bawa Barang-Barang ini!

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH