Khawatir Nama Menteri yang Disodorkan Diutak-Atik, Golkar Diminta Percepat Munas Direktur Lembaga Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago (MP/Asropih)

Merahputih.com - Pengamat politik Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menyarankan Partai Golkar mempercepat penyelenggaraan Musyawarah Nasional (munas), guna mempermudah koordinasi roda pemerintahan Jokowi ke depan.

"Lebih cepat akan lebih baik. Karena kalau lambat, koordinasinya dengan pemerintahan ke depan akan susah," kata Pangi dihubungi di Jakarta, Kamis (11/7).

BACA JUGA: Desakan Munas Golkar Dipercepat, DPD Solo: Lebih Baik Segera Konsolidasi

Percepatan munas itu seperti dilakukan PDI Perjuangan, PKB dan Nasdem yang juga mempercepat perhelatan kongres atau muktamar partai.

Sementara, salah satu agenda utama Munas Golkar adalah penentuan ketua umum ke depan. Jika ketum baru Golkar sudah ditentukan sebelum pelantikan Jokowi-Ma'ruf Oktober 2019 mendatang, maka koordinasi dengan pemerintah akan lebih mudah.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago. (MP/Ponco Sulaksono)

Dia menekankan ketua umum partai berhak merekomendasikan nama kader terbaik partai jika diminta oleh Presiden Jokowi.

Oleh karenanya partai yang sudah menentukan figur ketua umum sebelum pelantikan, akan memberikan kepastian kepada presiden dan wapres terpilih terkait siapa nama kader yang diusulkan sebagai menteri, dan mengurangi tarik-menarik kepentingan.

BACA JUGA: Pengamat: Golkar Butuh Leader Agar Kuat dan Besar Lagi

"Artinya ketum baru harus sudah ditentukan sebelum pelantikan, agar nama menteri yang diusulkan tidak diutak-atik atau tidak diganggu lagi," kata dia. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH