Mengolah Rasa di Tuts Kibor Casio memperkenalkan kibor engan teknologi baru. (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

BANYAKNYA peminat dalam dunia musik membuat pangsa pasar alat musik semakin meningkat. Tidak heran jika semakin banyak keluar produk-produk alat musik baru. Hal ini membuat salah satu brand elektronik ternama mengeluarkan produk terbaru alat musiknya.

Casio Computer Co., Ltd., sejak bulan januari 2018 mengumumkan peluncuran dua kibor elektronik berspesifikasi canggih yang ditunjukkan bagi musisi profesional dan pemula yang ingin merasakan dengan kualitas suara profesional.

Kibor ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang pastinya semakin membuat alunan musik semakin keren. Keyboard CT-X5000/3000 menampilkan AiX sound source terbaru yang memproduksi suara instrumen yang memikat dan sistem audio dengan suara nyaring.

Alat musik ini akan di jual di outlet Gramedia yang masuk melalui distributor resmi alat musik Casio, PT. Kairos Multi Jaya. Kibor terbaru itu hanya akan ada di Gramedia Centrak Park, Gramedia Lippo Mall Puri, Gramedia Harapan Indah, Gramedia BSD dan Gramedia Aeon Mall.

casio kibor
Dewi Lestari mencoba kecanggihan kibor Casio yang baru. (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

"Sebenarnya kami enggak punya data seberapa besar peminat musik Tapi kalau di pasaran bisa terjual 10 ribu untuk satu model," papar Cahya Budiono, Sales Director PT. Kairos Multi Jaya.

Meskipun masih akan diluncurkan pada Mei mendatang, para pewarta diperlihatkan kecanggihan kibor itu pada sebuah acara temu pers di Gramedia Central Park, Jakarta Barat.

Pada acara temu pers itu hadir pula musisi ternama Iwang Noorsaid. Pria 50 tahun itu memainkan lagu Havana dan Inikah Cinta. Setelah usai memainkan kibor itu tidak dimungkiri bahwa dirinya kagum dengan suara yang dihasilkan kibor tersebut.

"Rasa-rasanya bisa dipakai buat di panggung profesional. Hebatnya lagi soundnya bagus banget. Bisa dipakai di party juga nih," ungkap Iwang.

Selain itu ditambahkan oleh Iwang bahwa kibor tersebut tidak hanya untuk dimainkan para musisi profesional saja. Bagi Iwang siapapun yang baru mengenal kibor dapat belajar menggunakan kibor itu.
"Kalo ini bisa banget buat belajar," tambah Iwang.

Bukan hanya Iwang, penulis sekaligus penyanyi Dewi Lestari yang juga hadir pada kesempatan itu juga senada. Menurutnya kibor itu sangat nyaman digunakan bagi siapapun.

"Aku baru mainin ini pertama kali, tutsnya enak banget," papar Dewi.

Tahun 2015 silam, Casio merilis serangkaian piano digital Celviano Grand Hybrid yang dirancang dengan warna suara dan tuts berkualitas. Piano tersebut juga memiliki kenyamanan berkualitas tinggi bak grand piano. Piano digital itu dilengkapi dengan Aor Grand Sound Source yang diakui mampu mengahisalkan suara indah persis seperti gaungan piano.

casio kibor
Kibor Casio terbaru dapat dimainkan untuk pemula dan profesional. (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Maka dari itu tahun ini keyboard CT-X5000/X3000 menampilkan AiX Sound Source, sumber suara terkini yang berasal dari kibor. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan keahlian yang telah diakumulasi Casio dalam mengembangkan sumber suara piano digital.

Sehinga kibor tersebut dapat menghasilkan suara kualitas tinggi meliputi suara bas yang menghentak dan suara akustik dengan menggunakan komputasi kekuata LSI yang baru. Tentunya juga bisa menghasilkan resonasi sesuai dengan tekanan pada tuts piano. Hasilnya ialah sensasi permainan drum dan alat musik gesek yang membahana.

"Kibor ini juga menyediakan hingga 100 Digital Signal Processor (DSP) suatu efek dengan performa tinggi yang menggabungkan berbagai algoritma untuk merealisasikan beragam efek suara," ujar Hendra, Business Relation Manager, Electronic Musical Instruments (EMI) Division, Casio Singapore., Ltd., Jakarta Reperesentative Office.

Artinya kibor ini dapat dimainkan begitu ekspresif yang berdasarkan keinginan pemain. Selain itu juga dilengkapi dengan speaker bass reflex bermagnet besar dan amplifer output terbesar di kelasnya. Untuk model CT-X5000 memiliki output maksimum amplifier 15W+15W dan CT-X3000 dengan 6W+6W. Artinya, suara nyaring detail akan terdengar dimanapun baik di rumah mapun di tempat pertunjukkan sekalipun.

"Ornamen merah yang menghiasi speaker memberikan tampilan yang stylish dan ikonik pada kibor ini," tambah Hendra.

Satu lagi yang mungkin akan mengejutkan Anda. Ditambahkan Hendra kualitas suara kibor ini akan memiliki nilai lebih tinggi dari harganya sendiri. Sebab suara yang dihasilkan akan sangat indah dan memiliki kualitas premium. Ke depannya sendiri Casio akan semakin mengembangkan jajaran kibor elektronik yang dilengkapi Aix Sound Source.

Jika ingin tahu lebih lanjut spesifikasi kibor ini tinggal beli saja jika penasaran. Tapi sabar dulu ya, launching produk ini masih satu bulan lagi. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH