Keyboard di iPhone Lemot? Coba Atasi dengan Cara Ini

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 28 November 2023
Keyboard di iPhone Lemot? Coba Atasi dengan Cara Ini
Keyboard yang lamban atau lag di iPhone sangat mengganggu. (Foto: Bagus Hernawan/Unsplash)

KEYBOARD menjadi salah satu komponen yang sangat penting pada setiap smartphone. Jika menggunakan iPhone, kemungkinan besar kamu mengandalkan keyboard bawaan iOS. Meskipun keyboard Apple umumnya dianggap baik dengan berbagai pilihan bahasa, pintasan, dan bahkan trackpad tersembunyi, terkadang ada situasi di mana keyboard tersebut tidak beroperasi sesuai harapan.

Masalah umum yang mungkin kamu temui adalah keyboard heng. Laman Slashgear melansir, ini merupakan bug perangkat lunak yang muncul secara berkala, bahkan sejak iPhone 3G. Hal ini juga menjadi masalah setelah pembaruan iOS 17, dengan banyak pengguna iPhone melaporkan bahwa keyboard mereka sangat lambat dalam mengetik dan memprediksi teks.

Masalah ini juga muncul di hampir semua aplikasi yang menggunakan keyboard, termasuk iMessage, WhatsApp, Mail, dan Sebagainya. Meskipun balasan singkat tampaknya tidak masalah, namun jika lebih dari satu atau dua kalimat, keyboard menjadi lamban atau lagging. Pengguna juga melaporkan masalah dengan kapitalisasi otomatis dan menyisipkan kata di tengah-tengah teks yang diketik.

Baca juga:

Ikon-ikon Status ada iPhone yang Harus Kamu Tahu

Keyboard multibahasa di iPhone bisa bikin lag. (Foto: Thai Nguyen/Unsplash)

Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa menonaktifkan keyboard secondary tampaknya dapat memperbaiki kelambatan keyboard. Jika kamu memiliki beberapa bahasa keyboard di iPhone, hapus semua kecuali satu dan lihat apakah hal tersebut dapat menyelesaikan masalah. Jika tidak, kamu bisa menghapus keyboard Emoji, tetapi ini akan menghapus emoji iPhone dari papan ketikmu. Berikut adalah cara melakukannya:

Buka aplikasi pengturan pada iPhone, klik general, lalu klik keyboard, pilih opsi edit di pojok kanan atas, lalu klik tombol merah di dekat keboard.

Ini bukan solusi yang bagus jika kamu mengandalkan keyoboard multibahasa, tetapi bisa dicoba. Saat berada di menu pengaturan keyboard, coba matikan berbagai opsi seperti Koreksi Otomatis, Prediksi, Periksa Ejaan, dan Dikte satu per satu.

Hal tersebut mungkin terdengar random, tetapi menonaktifkan pengaturan tertentu dapat memperbaiki kelambatan keyboard untuk beberapa pengguna.

Baca juga:

Begini Cara Kerja Fitur Optimize Storage di iPhone

Aplikasi keyboard pihak ketiga bisa jadi solusi sementara. (Foto: Arnel Hasanovic/Unsplash)

Perbaikan lain yang berhasil untuk beberapa pengguna iPhone adalah mengatur ulang kamus keyboard. Perlu dicatat bahwa melakukan hal ini akan menghapus semua kata dan pintasan khusus yang telah kamu tambahkan ke keyboard. Berikut cara melakukannya:

Buka pengaturan, klik general, klik transfer or reset iphone, kilik reset, klik reset keyboad dictionary.

Jika tidak ada satu pun dari metode di atas yang berhasil, solusi lain adalah aplikasi keyboard pihak ketiga seperti Gboard atau Microsoft Swiftkey. Beberapa pengguna iPhone juga mengalami kelambatan dengan keyboard pihak ketiga, tetapi hal ini dapat mengatasi masalah bagi pengguna lainnya. (aqb)

Baca juga:

Cara Menemukan dan Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di iPhone

#Teknologi #Apple #IPhone
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan