Kevin/Marcus dan Jonatan Christie Lolos ke Final Prancis Open 2019 Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Foto: PBSI

MerahPutih.com - Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie memastikan satu tempat di final Prancis Open 2019 setelah berjuang keras mengalahkan wakil Denmark, Viktor Axelsen dengan skor 7-21, 22-20, 21-19.

Bertanding di Paris Coubertin Stadium, Sabtu (26/10) malam WIB. Jonatan terlibat pertarungan panjang selama 81 menit dengan Axelsen. Game pertama, Jojo banyak menciptakan kesalahan sendiri yang menguntungkan lawan. Ia kalah telak 7-21 di game pertama.

Baca Juga

Semifinal French Open 2019: Chen Long Hentikan Langkah Anthony

Namun, di game kedua, Jojo merubah gaya permainan. Pertarungan keduanya masih berlangsung sengit. Jonatan yang beberapa kali poinnya berhasil unggul, terus dipepet oleh Axelsen. Beruntung akhirnya ia berhasil merebut kemenangan dengan skor tipis 22-20.

Pada game penentu, Jonatan sempat unggul tipis di awal dengan 2-0 dan 5-3. Namun Axelsen menyusul, posisi pun berbalik menjadi 5-10, 9-16, Jonatan tertinggal. Posisi Jonatan kian tersudut ketika Axelsen terus menjauh. Namun secara perlahan, setelah skor 10-19, Jonatan menikung Axelsen satu demi satu poin. Jonatan berhasil merebut sebelas poin beruntun dan menang 21-19.

Di babak final, Jonatan akan berhadapan dengan Chen Long (Tiongkok). Jonatan tercatat belum pernah merebut satu kemenangan pun dari tujuh kali pertemuan. Terakhir di Malaysia Open 2019, Jonatan kalah 21-12, 10-21, 15-21.

Kesuksesan juga digapai ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Berhadapan dengan Liao Min Chun/Su Ching Heng (Taiwan), Kevin/Marcus menang 21-18, 23-21 dalam 43 menit.

Meski menang dua game langsung, Kevin/Marcus mengatakan tak mudah begitu saja untuk memastikan kemenangannya. Beberapa kali mereka harus terpaut game ketat dan skor yang cukup rapat. Di game kedua setelah unggul 18-14, Kevin/Marcus sempat tersusul 19-20.

Baca Juga

Tulis Pesan Perpisahan, Ihsan Pamit dari PBSI?

Pertandingan berubah menegang ketika mereka harus terlibat dua kali setting point. Beruntung akhirnya, Kevin Marcus bisa menang 23-21.

Selanjutnya di babak final, Kevin/Marcus masih menunggu lawan antara Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang) dengan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India). Kevin/Marcus berharap pencapaiannya besok bisa melebihi hasil di tahun lalu.

Pada French Open 2018, Kevin/Marcus terhenti sebagai runner up setelah kalah dari Han Chengkai/Zhou Haodong (Tiongkok). (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH