Keunikan Air Terjun di Bibir Pantai Jogan Yogyakarta Pantai Jogan, Yogyakarta (Foto: Instagram @raniratnasari)

MerahPutih Wisata - Pantai Jogan merupakan satu-satunya pantai yang paling unik di Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta ini memiliki keistimewan yang tidak dimiliki oleh sederet pantai lain disekitar Gunungkidul.

Keistimewaan yang dimiliki Pantai Jogan yakni Air terjun di bibir laut, sesuatu yang langka di Indonesia bahkan dunia. Tersembunyi di balik perbukitan karst, Gunungkidul di selatan Yogyakarta ternyata menyimpan air terjun yang jatuh langsung ke bibir laut. Sebuah pesona keunikan yang sulit ditolak dan saying untuk dilewatkan para wisatan yang datang ke tempat ini.

Air terjun yang menjadi daya tarik kuat di Pantai Jogan ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dengan sumber air yang berasal dari perbukitan karst di sebelah utara. Selama ini banyak para wisatawan yang belum tahu lokasi pantai Jogan yang sebenarnya berada berdekatan persis di sebelah barat pantai Siung.

 

Get lost...

Foto kiriman Horgorio Honasan (@riohonasan) pada

Untuk bisa menikmati guyuran air terjun tersebut anda harus turun kebawah dengan melewati turunan licin dan basah, untunglah sudah ada kayu-kayu untuk berpegangan dan menopang tubuh. Anda harus extra hati-hati karena jalur cukup curam. Setelah itu anda akan melewati sedikit tantangan yaitu melewati karang yang dihuni oleh ribuan bayi kepiting yang berwarna transparan berukuran sekitar 5 mm.

Untuk bisa sampai ke Pantai Jogan ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Berjarak 70 km dari kota Jogja yang dapat ditempuh sekitar 200 m ke arah barat pantai Siung. Kondisi jalan aspal dan mendekati lokasi jalan berubah menjadi cor blok sepanjang 1 km dapat dilalui kendaraan roda 2 dan roda 4.

 

After such a long trip finally find this spot. It's too much breathtaking!!

Foto kiriman Riani Charlina (@richarlina) pada

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi dapat menggunakan jalur perjalanan : Yogyakarta – Wonosari – Tepus – Purwodadi – Pantai Jogan. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan angkutan umum bisa berangkat dari terminal Giwangan menaiki bus jurusan Jogja-Wonosari, setelah sampai di Wonosari Anda langsung melanjutkan perjalanan dengan angkutan jalur Wonosari-Tepus. Dari terminal Tepus Anda hanya bisa menggunakan jasa ojek untuk sampai di lokasi Pantai Jogan.

BACA JUGA:

  1. Debur Ombak Dahsyat di Pantai Watu Bale Pacitan
  2. Liburan Nyantai di Pantai Kedung Celeng Malang
  3. Pantai Wohkudu Pesona Keindahan Tersembunyi di Yogyakarta
  4. Suasana Liburan di Pantai Teleng Ria Pacitan
  5. Keanekaragaman di Pantai Ngobaran Gunungkidul


Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH