Image
Author by : Foto: Xperia Blog

Sony Xperia Z3 merupakan ponsel tahan air terbaik di dunia. Memiliki kemampuan tahan terhadap air memang menjadi senjata andalan tersendiri bagi smartphone Sony seri Z.

Sony Xperia Z3 didukung sertifikasi IP68 yang membuat handset mampu bertahan di kedalaman air 1,5 meter selama 30 menit. Pengguna Xperia Z3 pun tak perlu khawatir jika ingin membawa smartphone mereka saat berenang atau mandi.

Kelebihan tersebut coba di unggulkan pada ponsel ini, selain itu kelebihan yang paling mendasar tentu saja spesifikasi hardware dan software yang dipakainya. Dilengkapi hardware terbaik dikelasnya membuat Sony Xperia Z3 tampil begitu bertenaga dalam urusan peforma menjalankan beragam aplikasi yang dimiliknya.

Image
Author by : Foto: Xperia Blog

Xperia Z3 berhasil bertahan hampir sembilan setengah jam dengan kondisi layar pada pengaturan kecerahan yang seragam dan dengan skrip tasking berjalan di atasnya. Hasilnya, jagoan Sony mengungguli produk lainnya. Z3 memiliki kapasitas 3100 mAh didalam bodi setipis 7.3 mm dan tahan air.

Baterai pada seri Xperia Z3 memiliki masa hidup baterai hingga 2 hari. Saat pengguna mengoptimalkan penggunaan, seri Z3 mampu bertahan selama empat hingga enam jam, sedangkan baterai Galaxy S6 hanya mampu bertahan selama tiga atau empat jam. Dengan menggunakan jaringan WiFi, baterai Xperia Z3 bahkan diklaim mampu bertahan hingga 7 sampai 8 jam.

Bertahan lama atau tidaknya baterai pada seri Galaxy S6 ditentukan oleh jaringan yang digunakan penggunanya. Jika pengguna menggunakan jaringan 4G, baterai Galaxy S6 akan bertahan selama 3,5 jam, sedangkan saat berada dalam jangkauan WiFi smartphone tersebut mampu bertahan selama selama 4,5 jam.

Image
Author by : Foto: VGI

PS4 Remote Play memungkinkan pengguna Xperia Z3 bisa bermain game PS4 melalui perangkat gadgetnya secara nirkabel dengan sebuah kontroler nirkabel Dualshock 4, aplikasi Remote Play, dan controller mount dengan nama kode Acer.

Pengguna yang terkoneksi dengan jaringan WiFi atau hotspot dapat memainkan game yang terdapat pada konsol game Playstation 4 secara wireless melalui Xperia Z3.

Memang, Remote Play sudah bisa dinikmati sebelumnya dengan menggunakan PlayStation Vita atau PlayStation Vita TV, tetapi Remote Play dengan menggunakan Xperia Z3 lebih spesial daripada menggunakan perangkat lainnya.

Image
Author by : Foto: Ausdroid

Sony Xperia Z3 mampu mengimplementasikan sistem operasi Android Lollipop dengan sangat baik. Terlihat dari bar notifikasi yang ada di Xperia Z3 terlihat simple dan menarik, tampilan menu setting yang ada pada Xperia Z3 juga sengaja diimprovisasi sehingga terlihat lebih rapi, tak ada banyak menu dalam list setting Xperia Z3.

Android Lollipop Xperia Z3 terlihat ceria dengan kombinasi warna yang cerah. Selain itu perbedaan yang paling nampak ialah icon navigasi khas android yang kini berubah menjadi icon layaknya navigasi dalam joystick.

Beralih ke seri Galaxy S6, Samsung seolah membuat ikon aplikasi dalam smartphone unggulannya itu terlihat hambar dan standar. Sistem antarmuka Touchwiz juga membuat banyak fitur yang sebenarnya tak terlalu dibutuhkan oleh pengguna, selain itu bar notifikasi juga terlihat terlalu besar dan menutupi hampir sebagian besar layar.

Image
Author by : Foto: Xperia Blog

Galaxy S6 hadir dengan tampilan desain bodi yang tipis, namun sayangnya harus mengorbankan slot micro SD yang bisa dimanfaatkan untuk kartu memori eksternal.

Salah satu kelemahan Galaxy S6 yakni absennya slot mciroSD yang berarti pengguna tidak dapat menambah kapasitas memori. Berbeda dengan Xperia Z3 yang memiliki slot micro SD terletak di bagian sisi kanan handset.

Meskipun seri Xperia Z3 hanya didukung kapasitas memori internal 16GB, namun pengguna memiliki opsi lain jika ingin menambah ruang penyimpanan di handset mereka. Memori internal pada Xperia Z3 mampu diekspansi hingga kapasitas 128 GB.