Keunggulan OS Android Marshmallow 6.0 Google luncurkan OS Android terbaru, Android Marshmallow 6.0 (Foto: Search Engine Land)

MerahPutih Teknologi - Google secara resmi mengumumkan peluncuran OS Android terbaru mereka yang bernama Marshmallow. Android terbaru Google ini akan menjadi OS Android versi 6.0 dan Google telah merilis versi preview final dari OS ini.

Vendor asal Korea Selatan, Samsung, sebagai salah satu manufaktur smartphone dan tablet yang rutin menggunakan sistem operasi besutan Google ini, menjelaskan tentang fitur-fitur terbaru dari Marshmallow.

Berikut keunggulan dari OS Android Marshmallow 6.0 seperti dimuat Tech Radar:

1. Izin Aplikasi
Para pengguna Marshmallow 6.0 bisa memberikan izin berbeda untuk setiap aplikasi. Misalnya, jika pengguna tidak ingin memberika informasi lokasi yang ada pada WhatsApp, izin bisa dihilangkan dengan mudah. Caranya, pengguna tinggal menghapus tanda ceklis pada daftar izin untuk aplikasi WhatsApp.

2. Rekam Jejak Memori Aplikasi
Pengguna bisa mengecek aplikasi apa yang paling sering dan banyak menikmati jatah memori. Ini bisa dicek pada tombol tab Memory.

3. Pemindai Sidik Jari
Pengguna bisa menggunakan fitur pemindai ini untuk mengaktifkan ponsel hingga menyetujui pembelian di Google Play Store. Jadi pengguna tidak perlu mengetikkan semua password seperti pada sistem operasi Lollipop.

4. Google Now
Fungsi Google Now yang canggih, membuat Google memberikan jalan pintas bagi pengguna yang ingin memakai fitur Google ini. Anda hanya perlu menekan tombol Home beberapa detik, maka Google Now akan langsung bisa digunakan. Pengguna tidak perlu menutup atau meninggalkan aplikasi yang sedang dibuka, sehingga lebih efektif.

5. Fitur Hemat Baterai
Android Marshmallow bakal menyimpan energi baterai sebanyak-banyaknya dengan mengaktifkan Doze Mode jika ponsel tidak digunakan selama beberapa waktu.

6. Tampilan
Jika dilihat dari tampilan awal, Android Marshmallow tetap menggunakan desain tampilan di Android 5.0 Lollipop. Namun, ada perbedaan yang tidak terlalu mencolok adalah ‘scrolling’ menjadi berbentuk horisontal. Anda juga bisa dengan mudah mencari aplikasi yang diinginkan dengan cara langsung melompat ke aplikasi tersebut. Anda hanya perlu mengetahui abjad pertama aplikasi itu.

Rencananya, pembaruan tersebut akan diterapkan pada ponsel-ponsel utama, seperti Galaxy Note 5, Galaxy S6, Galaxy S6 Edge, dan Galaxy S6 Edge+. Google juga bakal menggunakan sistem operasi ini pada ponsel pintar besutannya, yaitu Nexus 5 dan Huawei Nexus.

Baca Juga:

Smartphone dan Tablet Samsung Terbaru Siap Cicipi Android Marshmallow

Huawei Honor i7, Smartphone Unik dengan Kamera Geser

Cara Unik Isi Baterai Smartphone Menggunakan Koin

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy Note 5 Active

Google Bakal Hapus Beberapa Aplikasi Smartphone Android


Tags Artikel Ini

Rendy Nugroho