Keuangan Syariah Berperan Berantas Kemiskinan

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 23 Agustus 2017
Keuangan Syariah Berperan Berantas Kemiskinan
Kehadiran Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) bisa menjawab kebutuhan nasional untuk mengembangkan perekonomian. (ANTARA FOTO/HO/Hidayat)

MerahPutih.Com - Keuangan syariah mulai jamak di tanah. Dengan kehadiran keuangan syariah diharapkan dapat membantu memberantas kemiskinan.

Kementerian Keuangan akan membahas peran keuangan syariah dalam memberantas kemiskinan dan mengurangi ketimpangan pendapatan di masyarakat dalam acara Seminar Internasional Keuangan Syariah ke-2 (2nd Annual Islamic Finance Conference/AIFC).

Sekretaris Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Basuki Purwadi, kepada pers di Yogyakarta, Selasa (22/8) malam, mengatakan topik tersebut diambil karena pemerintah tengah menekankan pentingnya pembahasan mengenai isu pengentasan kemiskinan, ketimpangan, dan penciptaan lapangan kerja.

"Ini adalah isu yang tepat dan menarik di tengah gencar dikembangkannya keuangan syariah itu sendiri," ucap dia.

Seminar Internasional Keuangan Syariah ke-2 diselenggarakan di Yogyakarta pada 23-24 Agustus 2017 dengan mengambil tema "Peran Keuangan Syariah dalam Pengentasan Kemiskinan dan Ketimpangan Pendapatan".

Kegiatan tersebut akan menghadirkan narasumber yang kompeten agar mendapatkan masukan, pandangan, dan pengalaman kongkret negara rujukan dalam mengembangkan keuangan syariah.

Narasumber yang diundang antara lain praktisi yang menggeluti bidang keuangan syariah dari Turki, Afghanistan, dan Mesir. Kemudian, akademisi yang akan mengisi seminar antara lain berasal dari Universitas Durham (Inggris), Universitas KTO Karatay (Turki), dan Universitas Al-Azhar (Mesir).

"Seminar akan dibuka dengan pidato kunci Menteri Keuangan Sri Mulyani. Wakil Presiden Islamic Development Bank (IDB) juga datang memberikan pandangan tentang keuangan syariah," ucap Basuki.

AIFC 2017 juga akan diramaikan dengan agenda "Young Islamic Economist Forum" yang melibatkan generasi muda untuk menyajikan hasil kajian akademis mengenai keuangan syariah.

"Kami ingin generasi muda semakin peduli dan antusias dalam pengembangan keuangan syariah untuk pengentasan kemiskinan dan mengurangi ketimpangan," kata Basuki.(*)

#Perbankan Syariah #BNI Syariah #Kementerian Keuangan
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan