Keturunan Prabu Siliwangi dan Kawasan Sangga Buana Salah satu Incu Putu Kasepuhan Cisungsang Yoki Susanto (kiri) dan Sekretaris Adat Kasepuhan Cisungsang Henriana Hatra (kanan) (Foto: MP/Sucitra).

MerahPutih Budaya - Prabu Siliwangi, adalah raja orang-orang Sunda yang membawa masyarakatnya kepada puncak kejayaan, ia memiliki banyak keturunan yang tersebar di hampir seluruh tatar Sunda (Kini Jawa Barat dan Banten) diantaranya adalah Prabu Walangsungsang.

Prabu Walangsungsang inilah yang disebut-sebut sebagai leluhur masyarakat adat Kasepuhan Cisungsang yang kini bermukim di Banten Selatan yang berbatasan dengan Jawa Barat.

Menurut salah satu Putu Incu masyarakat adat tersebut Yoki Susanto, warga kampung adat percaya bahwa Cisungsang didirikan oleh Prabu Walangsungsang. Secara harfiah 'Ci' berarti air, sedangkan 'Sungsang' berarti terbalik yang berarti berlawanan dengan keadaan yang lazim.

"Maka istilah Cisungsang dapat diartikan air yang mengalir kembali ke hulu (mengalir secara terbalik)," ungkapnya Sabtu (27/8).

Mereka tinggal di sekitar kawasan gunung Halimun yang kawasannya mereka percaya sebagai Gunung Sangga Buana alias Tutugan Sangga Buana alias Leuweung Pangauban Sangga Buana yang bermakna gunung penyangga bumi.

"Gunung Halimun adalah gunung tertinggi yang terdapat dalam kawasan Sangga Buana itu," terangnya.

Sementara sekretaris adat Kasepuhan Cisungsang Henriana Hatra mengatakan, bagi masyarakat adat, hutan terbagi dua, yaitu 'Leuweung Titipan' yang berarti hutan titipan yang sama sekali tidak boleh digunakan untuk kepentingan apapun, didalamnya ada 'Sirah Cai' (sumber air) dan berikutnya yaitu 'Leuweung Tutupan' yang berarti hutan yang ditutup, boleh dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, dengan pembatasan-pembatasan.

"Artinya hutan yang boleh diambil manfaatnya, selama tidak berdampak terhadap kerusakan lingkungan hidup," terangnya.(Ctr)

BACA JUGA:

  1. Tujuh Perangkat Adat Cisungsang dalam Seren Taun
  2. Struktur Masyarakat Adat Cisungsang Banten (1)
  3. Seren Taun Masyarakat Cisungsang Banten
  4. Legenda Masyarakat Cisungsang dan Tempat Tinggal Nyi Pohaci
  5. Musik Metallica Meramaikan Perayaan Seren Taun di Cisungsang


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH