Ketum PPP: Kejar dan Bongkar Aktor Intelektual Penebar Kebencian

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 26 Agustus 2017
Ketum PPP: Kejar dan Bongkar Aktor Intelektual Penebar Kebencian
Ketua DPP PPP Romahurmuziy (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

MerahPutih.Com - Ketua Umum DPP PPP Romahurmuziy menegaskan aktor intelektual kelompok penebar kebencian harus ditangkap dan diproses sesuai aturan hukum yang berlaku.

"Pemerintah perlu melakukan penertiban dan aparat penegak hukum harus memproses seluruh akun yang menebar kebencian," kata Romahurmuziy dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Jumat (25/8) kemarin.

Menurutnya, terkait keberhasilan aparat Kepolisian yang menangkap sindikat penyedia jasa pembuat konten bermuatan kebencian dan "hoax" yang menggunakan nama Saracen.

Dia menilai penanggungjawab intelektual justru jauh lebih berbahaya dibanding pelaku di lapangan. Karena menurut dia, apabila operator dipatahkan, maka dengan mudah pelaku intelektual dapat dengan mudah menyewa operator lainnya.

"Karenanya, Polri perlu lebih proaktif dalam menjaring ujaran kebencian," ujarnya pula.

Romahurmuziy mengatakan penertiban dan pemrosesan juga harus dilakukan bukan hanya terhadap akun yang terorganisir melainkan juga akun pribadi. Menurutnya, hal yang dilakukan oleh para penebar kebencian merusak persatuan dan kesatuan bangsa dan tindakan mereka juga mengganggu soliditas anak bangsa.

"Sudah sepantasnya akun pribadi maupun yang terorganisir, bisa dijerat dengan UU ITE. Polri juga tidak perlu menunggu ada laporan mengenai ujaran kebencian, karena ini bukan delik aduan," katanya lagi.

Romi menegaskan terapi kejut itu perlu dilakukan agar bisnis yang mengeksploitasi kebencian dan fitnah, tidak semakin membesar karena bisnis fitnah dan "hoax" muncul sebagai konsekuensi dari dunia maya.

"Pada sisi lain, bisnis fitnah laris manis karena ada yang mengorder. Karenanya, pemrosesan dan penertiban yang dilakukan, tidak boleh berhenti pada operator teknis," katanya lagi.

Dia juga mengimbau Polri untuk memonitor grup-grup "chat" karena sebaran ujaran kebencian banyak beredar di sana dan selama ini tidak terpantau dibanding sirkulasi di media sosial yang lebih terbuka.

Ia mengatakan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) sudah memberikan peluang kepada penegak hukum untuk memonitor tetapi memang harus ada peraturan pemerintah sebagai payung hukumnya.

Menurut dia, apabila terkait dengan sanksi, maka harus dituangkan dalam PP sebab tidak bisa hanya bergantung pada peraturan Kapolri atau pun derivasi dari UU.

Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Siber Mabes Polri meringkus sindikat penyedia jasa pembuat konten bermuatan kebencian dan "hoax" yang menggunakan nama Saracen. Polisi mengamankan tiga orang, yakni MFT (43 tahun), JAS (32), dan SRN (32) yang memiliki peran berbeda dan ditangkap pada tiga lokasi berbeda.(*)

#DPP PPP #Saracen #Muhammad Romahurmuziy #Ujaran Kebencian #UU ITE
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan